fbpx
Trentech.id

Ini 5 Alasan Profesional di Bidang Digital Marketing Perlu Belajar Coding

Semakin banyak orang mengatakan bahwa dunia digital akan menjadi masa depan bagi industri pemasaran, periklanan, bahkan humas. Untuk bisa bersaing, seorang pemasar perlu beradaptasi dan terjun ke dunia pemasaran yang baru: digital marketing.

Bagi saya pribadi, menjadi seorang pemasar bukanlah hal yang membosankan, apalagi dengan sentuhan digital di dalamnya. Web, aplikasi mobile, dan data analitis menjadi kata yang lazim di dunia pemasaran. Karena dunia digital lekat dengan coding, penting bagi seorang pemasar untuk memiliki bekal pengetahuan yang cukup tentang coding.

Pemasar yang memiliki kemampuan pemrograman bisa menjadi aset berharga bagi perusahaan. Di sisi lain, kemampuan ini pun menjadi nilai jualmu.

Bagi sebagian orang, coding adalah hal yang menakutkan. Tapi, sebagai seorang pemasar, kamu tak harus mengembangkan sebuah web atau software. Kamu hanya perlu pengetahuan dasar tentang HTML, CSS, dan JavaScript.

Sebenarnya, apa sih pentingnya coding bagi seorang pemasar?

Mengembangkan rencana pemasaran yang lebih baik

Pada dasarnya, aktivitas pemasaran adalah menciptakan permintaan dan pasar untuk produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Berbekal pengetahuan teknis seperti coding dan pengembangan web, kamu bisa mendapat insight tentang bagaimana teknologi bekerja. Kamu juga bisa memanfaatkan teknologi tersebut untuk membuka berbagai peluang baru untuk bisnismu.

Misalnya, ketika sebuah perusahaan ritel memutuskan untuk terjun ke ranah online untuk menjual produk-produknya. Dengan modal pengetahuan coding, kamu bisa menentukan teknologi mana yang akan digunakan bersama dengan para developer. Kamu juga bisa memperkirakan bujet dan timeline  dengan lebih baik, karena kamu memahami bagaimana teknologi tersebut bekerja.

  Ini Dia 9 Hal Yang Membawa Startup Anda Gagal

Mendorong search engine optimization (SEO)

Digital marketing dan SEO adalah dua hal yang tak terpisahkan. Mengapa begitu? Memiliki sebuah web memang penting, tapi hal lain yang tak kalah krusial adalah memastikan bahwa web tersebut benar-benar memiliki pengunjung (visitor).

Mesin pencari adalah kanal substansial dalam digital marketing. Di sanalah pengguna potensial kamu akan mencari berbagai informasi. Artinya, kamu perlu mengoptimalkan web serta SEO untuk meningkatkan online visibility. Meski demikian, SEO lebih dari sekadar memperoleh top search di laman pencarian; SEO juga berkaitan dengan mengoptimalkan pengalaman pengguna (user experience).

Dengan pengetahuan yang cukup, kamu dapat mengerti hal-hal apa saja yang dibutuhkan agar web kamu sesuai dengan karakter mesin pencari. Kamu juga bisa meningkatkan user experience di web serta faktor pemeringkatan lainnya yang kelak bisa memengaruhi performa web kamu di mesin pencari. Dengan meningkatnya online visibility, kamu bahkan dapat menggenjot ROI bisnismu.

Komunikasi yang lebih baik dengan divisi lain

Saat kamu memiliki pengetahuan yang cukup tentang coding dan bagaimana cara kerjanya, akan lebih mudah bagimu untuk berkomunikasi dengan tim developer. Dengan memahami bagaimana teknologi tertentu bekerja, kamu dapat menghemat waktu dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang tepat saat berdiskusi dengan tim, memberi saran yang tepat dan logis untuk fitur baru serta pengembangan produk, dan sebagainya. Dengan demikian, proses kerja tim akan lebih efisien.

Dengan cara ini, kamu juga bisa membangun hubungan yang baik dengan divisi lain karena adanya pemahaman yang sama. Bukanlah hal yang aneh jika kita mendengan tim sales atau pemasaran berseteru dengan tim developer akibat pemahaman yang tidak sejalan ini.

Tingkatkan kemampuan berpikir logis

Saat kamu belajar dan memahami coding, kamu sedang meningkatkan kemampuan berpikir logis. Setiap orang yang bergelut di dunia IT familier dengan metode berpikir seperti ini. Berpikir logis akan membantumu tak hanya pada hal-hal teknis yang berhubungan dengan web dan aplikasi, tapi juga pemecahan masalah secara umum.

  Ariya Hidayat : Inilah Alasan Mengapa Sulit Merekrut Software Engineer

Sebagai contoh, setiap masalah selalu memiliki suatu kondisi yang membutuhkan pemahaman dan kesimpulan. Untuk memecahkan masalah ini, kamu perlu mengembangkan logika berpikir bagaimana mengatasi masalah tersebut, serta memperkirakan hasil dari setiap pilihan solusi yang kamu kembangkan. Kamu bahkan bisa menciptakan skenario tertentu untuk setiap opsi solusi. Anggap saja ini seperti permainan puzzle. Kamu tidak akan pernah bosan “memainkannya”, sebab ….

Ini adalah hal yang menyenangkan

Menciptakan sebuah web dari deretan code benar-benar hal yang menyenangkan. Bagi sebagian orang, hal ini bahkan sangat menarik karena mereka bisa membantu orang lain lewat karya mereka. Menyenangkan, bukan?

Cara berpikir logis tiap orang memang berbeda-beda. Itu sebabnya, bisa dikatakan bahwa setiap web dan aplikasi pun unik, tergantung dari developer yang mengembangkannya.

Sebagai seorang pemasar digital, kamu juga bisa menghadapi tantangan berbeda, utamanya saat menangani bermacam-macam produk atau layanan. Ini adalah perpaduan antara hal-hal teknis dan seni. Jika kamu menyukai tantangan, ini bisa menjadi “taman bermain” yang menyenangkan untukmu.

Jangan salah sangka, secara teknis, coding memang kompleks dan rumit. Coding menuntut otakmu untuk bekerja keras dan memahami situasi dan hipotesis yang kompleks.

Ada banyak hal yang membuatnya menjadi begitu kompleks. Kesalahan sederhana bisa berujung pada perbaikan yang rumit, penyatuan cara berpikir tiap developer yang berbeda, memperbaiki bug , dan banyak hal lainnya. Saya sendiri bukanlah developer profesional. Saya juga tak punya latar belakang pendidikan di bidang itu. Tapi, saya akui, mengetahui seluk-beluk dunia IT adalah keterampilan esensial sebagai seorang pemasar digital.

Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu juga belajar coding sebagai seorang pemasar? Seberapa penting keterampilan coding? Jangan ragu untuk bagikan pendapatmu di kolom komentar. [tia/rs]

  5 Aplikasi Penting yang Wajib Digunakan Perusahaan Rintisan
Riski Saputra

Riski Saputra

Kontributor Bisnis Trentech.id

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments