Trentech.id

Ini Dia 10 Hacker Paling Berbahaya Didunia

Pada awalnya, hacker pertama kalinya muncul dengan arti positif yaitu untuk menyebut seorang yang memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari pada yang telah dirancang bersama, namun pada akhirnya banyak pihak pihak yang mengatas namakan hacker atas tindakan yang merugikan pihak lain yaitu cracker. Menurut Wikipedia, Peretas (Hacker) adalah orang yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi, serta menerobos masuk ke dalam sistem komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan pribadi atau dimotivasi oleh tantangan. Ada dua jenis tipe peretas yaitu:

  • Hacker (White Hat Hackers): peretas yang sebenarnya, memiliki keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program komputer yang lebih baik dari pada yang telah dirancang bersama tanpa merusak.
  • Cracker (Black Hat Hackers): peretas yang mengakibatkan kerugian pihak tertentu seperti mengubah tampilan suatu situs web (defacing), menyisipkan kode-kode virus, dan menggunakan celah-celah keamanan yang belum diperbaiki oleh pembuat perangkat lunak (bug) untuk menyusup serta merusak suatu sistem.

Berikut 10 Hacker (Black Hat Hackers) paling berbahaya didunia :

1. Jonathan James

Pada usia 16 tahun jonathan james sudah mencoba melakukan hacking pada sistem sekolahnya di florida, tak cukup sampai disitu jonathan james mencoba membobol sistem keamanan departemen pertahanan milik Amerika Serikat. Bahkan Ia mampu menjebol sistem pertahanan NASA, jonathan james telah berhasil mencuri software NASA dan membuat NASA harus mematikan servernya selama tiga minggu dengan kerugian mencapai 600 juta rupiah. Jonathan James adalah remaja pertama yang dihukum secara federal untuk jenis pidana komputer hacking. Ia kemudian dilacak dan ditangkap sejak usianya yang masih muda dengan hukuman enam bulan sebagai tahanan rumah. Dalam masa percobaan hingga ia berusia 18 tahun, ia diminta meminta maaf kepada semua departemen yang ia retas. Tak hanya itu, James juga dilarang menggunakan komputer untuk keperluan hiburan.

Pada 2007 sebuah departemen storebernama TJX mengaku sistem komputernya telah diretas dan James diyakini merupakan hacker dibalik pelanggaran itu. Meski tak ada bukti yang menunjukkan dia lah dalangnya, James diyakini frustasi. Jonathan James akhirnya bunuh diri diyakini karena tekanan mental yang dihadapinya.

2. Adrian Lamo

Adrian Lamo termasuk kategori Grey Hat yang artinya peretasan yang dilakukan sebagai tindakan yang merugikan orang lain ataupun demi keuntungan diri pribadi semata mata karena uang. Dimana ia berhasi meretas banyak sistem perusahaan besar seperti Yahoo, Microsoft, The New York Times dan lainnya, saat ia ditangkap karena membobol sistem tanpa izin, ia mengkalim bahwa aksinya merupakan bantuan bagi perusahaan untuk menemukan celah keamanan. Meski begitu, ia menjalani masa tahanan selama enam bulan dengan denda USD65.000 atas aksinya tersebut.

Pada 2009 Adrian Lamo kembali menjadi perbincangan publik karena perannya di Wikileaks dalam membantu menyumbangkan materi sensitif ke situs web, ia kemudian memiliki peran di PBS Soldier PFC Bradley Manning namun ia salahgunakan untuk mengumpulkan data rahasia dan menjualnya ke Wikileaks. ia mengklaim bahwa aksinya ia lakukan karena banyak nyawa yang terancam oleh tentara Manning.

  [Wajib Baca] Inilah 4 Cara Kerja Hacker Bobol Instagram

3. Kevin Mitnick

Kevin David Mitnick adalah seorang konsultan dan pembuatan keamanan komputer. Dia adalah salah satu hacker komputer yang kontoversial di akhir abad ke-20 yang merupakan kriminal komputer yang paling dicari di Amerika. Kevin mitnick merupakan legenda hidup hacker sekaligus cracker, selain pernah menyadap blackberry Obama. Dia juga pernah terlibat dalam serentetan kasus. Berikut ini merupakan riwayat hacking yang pernah kevin lakukan :

  • 1981, Mitnick terbukti menghancurkan data melalui jaringan dan mencuri manual perusahaan telepon.
  • 1983, Mitnick terbukti menerobos pentagon melalui ARPANET dan kampus University of Southern California dan beberapa tahun kemudian menghilang seteleah dituduh kemablai menerobos dan mengubah sistem komputer.
  • 1987, Mitnick terbukti mencuri software Santa Cruz Operation (SCO).
  • 1988, Mitnick tertuduh mencuri kode akses sambungan langsung jarak jauh setelah tertangkap mencoba menerobos dan mencuri sistem minikomputer Digital VAX/VMS.

Setelah beberapa kasus yang terjadi diatas, ada isu bahwa Kevin Mitnick mulai menyebar dalam skala Nasional Amerika, Mitnick menerima yaitu hukuman satu tahun penjara, setelah keluar dari penjara Mitnick kemudian bekerja di Tel Tec Detective Agency. Namun, setelah Mitnick bekerja sesorang mencurigai pemakaian sistem database secara ilegal, sehingga ia menjadi target investigasi FBI. Hakim federal memerintahkan penangkapan kevin, namun kevin sudah lebih dulu menghilang.

1994 Kevin Mitnick mengecoh pihak kepolisian dan agen federal selama dua tahun, kemudian pada akhir 1994 Tsutomo Shimomura seorang hacker berhasil mengejarnya dengan pengejaran panjang secara elektronik setelah mitnick menerobos sistem komputer Shimomura di San Diego.

1995, pada 15 Februari Kevin di tangkap dan ditahan selama dua tahun tanpa jaminan dan pembelaan.

2002, Kevin akhirnya dibebaskan pada bulan januari namun selama setahun berikutnya, dia dilarangan bersinggungan dengan internet sampai 21 Januari 2003. Sekarang Kevin Mitnick bekerja sebagai CEO Defensive Thinking, sebuah perusahaan keamanan jaringan.

4. Albert Gonzalez

Albert Gonzalez adalah seorang hacker komputer dan komputer kriminal Amerika yang dituduh mendalangi gabungan pencurian kartu kredit dan menjual kembali dengan lebih dari 170 juta kartu ATM dan nomor rekening dari tahun 2005 hingga 2007 dan merupakan penipuan terbesar dalam sejarah (Fraud). Gonzalez dan kelompoknya menggunakan injeksi SQL untuk menyebarkan backdoors pada beberapa sistem perusahaan untuk bisa meluncurkan paket sniffing ( khusus , ARP Spoofing ) yang memungkinkan dia untuk mencuri data komputer dari jaringan internal perusahaan. Ia juga pernah dituduh sebagai dalang dari sekelompok hacker yang disebut kelompok Shadowcrew , yang memperjual-belikan lebih dari 1,5 juta kredit dan nomor kartu ATM yang dicuri.

Meskipun dianggap sebagai dalang dari skema ( beroperasi di situs di bawah layar nama dari ” CumbaJohnny ” ) , dia tidak didakwa atau bebas dari segala tuduhan . Menurut dakwaan ada sekitar 4.000 orang yang terdaftar di situs Shadowcrew.com . mereka yang terdaftar bisa membeli nomor rekening yang dicuri atau dokumen palsu untuk situs lelang ” . moderator dari situs tersebut akan menghukum anggota yang tidak mematuhi aturan situs , termasuk memberikan pengembalian uang kepada pembeli jika nomor kartu dicuri terbukti tidak valid . Ia telah mendalangi hacking Perusahaan TJX di mana 45.600.000 nomor kartu kredit dan debit dicuri selama periode 18 bulan yang berakhir pada tahun 2007.

  Belajar Konsep Wireframe Pada Website

Selain nomor kartu kredit yang menjadi targetnya, banyak juga hal-hal lain dari pencurian yang ia lakukan, yaitu identitas untuk lelang barang(Auction), termasuk paspor palsu , SIM, kartu Jaminan Sosial , kartu kredit , kartu debit , akte kelahiran , kartu identifikasi mahasiswa , dan kartu asuransi kesehatan . Salah satu anggotanya pernah menjual 18 juta e -mail dengan username terkait , password , tanggal lahir , dan informasi identifikasi pribadi lainnya .

5. Gary McKinnon

Mckinnon adalah seorang anak yang memiliki tingkat penasaran sangat tinggi dan punya rasa ketertarikan tinggi terhadap UFO. Karena rasa ingin tahunya yang besar akan UFO, Mckinnon berpikir bahwa informasi tentang UFO dapat diketahui bila dia bisa mendapatkan akses informasi milik NASA. Ia kemudian menyusup ke dalam 97 basis militer US dan termasuk komputer NASA, menginstal virus, dan menghapus beberapa file penting di dalamnya.

Mckinnon berhasil ditangkap dan dinyatakan bersalah karena dirinya kedapatan menghack situs militer dan NASA dari rumah kekasihnya yang berada di London. Pada November 2002 Mckinnon didakwa bersalah oleh juri federal, 7 tindakan kriminal dunia maya yang dilakukannya ini dapat membuatnya ditahan selama 70 tahun penjara di US. Namun selama 3 tahun tepatnya sampai Juni 2005, Mckinnon tetap tinggal di UK karena UK tidak memperbolehkan Amerika untuk mengekstradisi warganya ke Amerika. Selama di UK, Mckinnon dijadikan bahan subjek pembelajaran dan diwajibkan untuk lapor ke pihak berwajib setiap siang hari. Di malam hari Mckinnon diharuskan menjadi tahanan rumah. Setelah berbagai banding untuk ekstradisi, permintaan ekstradisi US akhirnya ditolak di tahun 2012 dengan alasan melanggar hak asasi manusia Gary Mckinnon.

6. Michael Calce

Hacker berbahaya satu ini lebih dikenal dengan nama MafiaBoy. Pada tahun 2000 lalu, Ia cuma seorang siswa SMA di Kanada namun berhasil meretas beberapa situs besar yang paling banyak dikunjungi seperti Yahoo!, FIFA, Amazon, Dell, eBay, dan CNN, hanya dalam beberapa jam saja. Kerugian sistem yang dibuat Michael senilai dengan 93 miliar rupiah.

7. Kevin ‘Dark Dante’ Poulsen

Pada saat aksinya, Kevin Poulsen hanyalah seorang seorang remaja berumur 20 tahun yang terkenal dengan nama Dark Dante di dunia internet black hat hacker. Sebagai seorang hacker, Poulson melakukan tindakan kriminal dengan menyusup masuk ke dalam sistem undian berhadiah pada sebuah acara stasiun radio demi mendapatkan sebuah mobil Porsche.

Menjadi buronan federal selama 17 bulan sebelum akhirnya Poulson berhasil tertangkap. Setelah menjalani masa hukumannya, saat ini Poulsen bekerja sebagai Senior Editor di sebuah perusahaan teknologi terkenal bernama Wired.

  Ini Dia Library JavaScript Menarik Tahun 2018

8. Jim Geovedi

Hacker berbahaya satu ini ternyata berkebangsaan dan bertanah air Indonesia. Jim Geovedi bukan hacker Indonesia ecek-ecek yang meretas toko online atau situs negara biasa, hacker Indonesia yang satu ini mampu meretas satelit, Peretasan satelit ini dilakukan bukan atas dasar iseng namun karena Ia pernah menjadi pembicara atas isu keamanan satelit (BBC News – 2006). Jim mencoba mempelajari sistem dan proses kerja satelit hingga akhirnya Ia dapat melumpuhkan satelit tersebut. Bukan hanya meretas, Jim bahkan mengubah arah serta menggeser satelit yang Ia retas.

9. Robert Tappan Morris

Pada tahun 1988, ada seorang mahasiswa dari Cornell University yang juga merupakan mahasiswa dengan gelar ganda dari Harvard University, memutuskan untuk memanfaatkan pengetahuan yang dimilikinya untuk menguji seberapa luas dunia internet. Mahasiswa ini bernama Robert Tappan Morris, Morris memutuskan untuk membuat sebuah virus worm yang digunakan untuk mengacau dunia internet dan siapa sangka bahwa virus tersebut benar-benar behasil. Virus worm yang diciptakannya ini berhasil menginfeksi 6.000 mesin UNIX, mengakibatkan semua mesin UNIX tersebut dimatikan dan kerugian sebesar jutaan dolar Amerika.

Hasil perbuataanya tersebut membuat Morris ditangkap, didenda, dan dijatuhi hukuman 3 tahun masa percobaan serta harus melakukan berbagai pelayanan publik. Teknologi yang digunakan untuk membuat virus worm itu sekarang dipajang di Boston Museum of Science membuat nama Robert Tappan Morris sebagai hacker cukup dikenal, Morris sendiri saat ini telah bekerja sebagai profesor di Massachusetts Institute of Technology.

10. George Hotz

Seorang ahli jailbreak yang sangat terkenal bernama George Hotz. Pada masa PlayStation 3 dirumorkan tidak dapat diretas, George Hotz malah berhasil meretasnya membuat semua orang bisa memainkan game bajakan. Namanya sekarang akan selalu dikenal berkat aksinya meng-hack Sony, melakukan jailbreak pada produk Apple, dan juga melakukan root pada produk milik Samsung.

Dikenal dengan sebutan geohot, Hotz merupakan orang pertama yang berhasil melakukan jailbreak pada salah satu produk buatan Sony yaitu PlayStation 3, akibat tindakannya tersebut, Sony melayangkan sejumlah tuntutan terhadap Hotz. Setelah melalui proses hukum yang cukup panjang, Sony dan Hotz akhirnya sepakat menyelesaikan masalah yang terjadi diantara mereka tanpa melalui jalur hukum dengan perjanjian bahwa Hotz tidak akan mengulangi tindakannya yang dilakukan terhadap Sony.

Pada akhir bulan April 2011, sekelompok black hat hacker tidak dikenal membobol sistem keamanan Sony dan mencuri lebih dari 77 juta data informasi penggunanya. Hotz membantah bahwa tindakan itu dilakukan oleh dirinya. Hotz mengatakan, mencari tahu kelemahan dari suatu sistem itu menyenangkan dan keren, tapi me-hack server dan mencuri informasi penggunanya itu merupakan hal yang tidak keren.

Cukup menarik bukan dengan pemrograman kita dapat melakukan apapun hal yang berguna untuk orang banyak ataupun diri sendiri, tentunya gunakan kejeniusan kita untuk hal yang bersifat positif bukan untuk merugikan orang lain. Demikian infromasi yang bisa disampaikan mohon maaf bila terdapat kekurangan. [cp/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Berikan komentar..

Please Login to comment

Follow Trentech.id

Advertisements