fbpx
Trentech.id

7 Keterampilan Yang Harus Dimiliki Programmer Untuk 5-10 Tahun Ke Depan

Waktu terus berjalan, begitulah kehidupan. Kita sebagai programmer selalu dituntut untuk mengembangkan keterampilan di saat perkembangan industri TI terus berkembang sangat pesat. Mau tidak mau, programmer harus bisa mengikuti perkembangan dan tren terkini sehingga dapat bertahan dalam 5-10 tahun ke depan.

Berikut daftar keterampilan yang harus dimiliki programmer untuk 5-10 tahun ke depan:

1. Belajar Lebih Banyak Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman

Mungkin banyak opini yang bilang kita hanya perlu menguasai satu bahasa pemrograman saja. Tapi sebenarnya seorang programmer harus bisa melampaui hal ini, terutama ketika kita bekerja dalam sebuah industri. Tantangan demi tanganan datang dan kita dituntut untuk selalu bekerja cepat dan efisien. Dalam hal ini, memperlajari berbagai bahasa pemrograman seperti JavaScript, PHP, C, C++, C#, Java dan lain sebagainya, akan berdampak sangat besar untuk karir profesional dan membuka kesempatan untuk bertahan pada tahun-tahun yang akan datang.

2. Memahami Big Data dan Internet of Things

Big Data dan IoT

Kemampuan untuk mengkonsumsi, menormalkan, meminta, dan menstabilkan data merupakan keterampilan yang sangat berharga dalam 5-10 tahun ke depan. Untuk alasan ini, memahami Big Data dan Internet of Things dan mengetahui penggunaannya akan sangat penting di masa depan. Platform komputasi saat ini mengandalkan Big Data untuk terus berkembang secara substansial. Oleh karena itu programmer harus memperuas cakupan keahlian mereka sampai ke dasar Big Data agar dapat memecahkan masalah tingkat tinggi.

  Trik Merancang Strategi untuk Desain UX yang Efektif

3. Familiar dengan Cloud Computing

Cloud Computing

Seorang programmer yang familiar dengan Cloud Computing memiliki gaji yang lebih besar dibandingkan dengan yang tidak mengerti Cloud Computing. Teknologi Cloud Computing dalam waktu 10 tahun yang akan datang akan menjadi kebutuhan mendasar dikalangan pengguna dan pengusaha.

4. Machine Learning

Machine Learning

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan saat ini menghasilkan asisten cerdas seperti Siri, Google Now, Cortana, dan lain sebagainya. Dari sini bisa dilihat bahwa perkembangan machine learning akan lebih inovatif di masa depan dan programmer dituntut untuk menggunakan teknologi ini ke dalam pengembangan perangkat lunak.

5. Multitasking

Multitasking

Kebanyakan programmer saat ini masih fokus pada serangkaian proyek khusus. Padahal di masa depan mereka dituntut untuk mengatasi masalah yang berbeda, dengan kecepatan berbeda, dan tujuan yang berbeda. Kemampuan multitasking dalam hal mengintergrasikan berbagai lapisan teknologi akan menjadi nilai tambah yang sangat penting.

6. Terus Berinovasi

Inovatif

Jika kita menemukan masalah yang tidak dapat dipecahkan sesuai dengan teori dari buku, cobalah keluar dari kotak tersebut. Cari tahu pendekatan baru, cara baru, metodologi baru, dan algoritma baru.

7. Kembangkan Keterampilan Quick Research

Riset Cepat

Kemampuan riset cepat harus dimiliki seorang programmer, mereka harus pandai mencari jawaban di web dengan sangat cepat. Mereka harus tahu dimana mencari informasi yang berguna, kemudian meringkasnya, serta melakukan pendekatan secara praktis untuk digunakan dalam hal memecahkan masalah.

Kesimpulannya, Industri TI sepertinya tidak akan menemui jalan buntu dalam waktu dekat. Dalam hal ini para programmer harus selalu berusaha mengikuti perkembangan dan tren pemrograman. Mengembangkan keterampilan akan membuat programmer bertahan di Industri ini. [kd/ap]

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment