fbpx
Trentech.id

News

Berita Startup Indonesia


Bagi kalangan dunia entrepreneur, kata startup adalah sesuatu yang sangat familiar dan sudah berjalan cukup lama. Namun, masih banyak yang belum mengetahui arti dari kata startup itu sendiri. Startup adalah sebuah kata yang berasal dari Bahasa Inggris yakni start-up dan merujuk pada pengertian semua perusahaan yang belum lama beroperasi atau perusahaan rintisan.

Startup adalah perusahaan rintisan yang menggunakan teknologi baik sebagai pendukung maupun sebagai peran utama dalam bisnis tersebut. Contoh sederhana adalah Go-Jek, startup Indonesia yang paling populer. Seperti kita tau kalau tanpa aplikasi pun kita dapat memesan ojek dengan cara datang ke pangkalan ojek dan langsung pesan ke abang ojek nya. Tapi membutuhkan waktu dan proses lebih lama, dengan aplikasi (teknologi) kita dapat memesan ojek dengan lebih cepat dan mudah, dan tentunya akan menghasilkan profit yang cepat juga. Itulah fungsinya teknologi.

Istilah dari kata startup adalah sesuatu yang sangat identik serta kerap kali dihubung-hubungkan dengan perusahaan baru di bidang teknologi dan informasi. Hal ini berawal ketika startup menjadi populer secara internasional pada masa bubble dot-com sekitar tahun 1998 hingga 2000. Banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan pada periode tersebut, dikarenakan saat itu sedang gencarnya perusahaan perintis untuk membuka website pribadi demi memulai bisnisnya.

Kejadian ini berdampak dengan semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai bisnisnya. Dan waktu itu pula lah, startup lahir dan berkembang. Sehingga kata startup mengalami pergeseran makna dan arti, menjadi bisnis yang selalu identik dengan dunia digital, teknologi informasi dan aplikasi.