Blockchain

Belajar Blockchain dan Cryptocurrency / Mata Uang Kripto

Blockchain adalah sistem penyimpanan data digital berisikan catatan yang terhubung melalui kriptografi. Teknologi blockchain kini telah dimanfaatkan oleh berbagai sektor, salah satunya untuk transaksi mata uang kripto seperti Bitcoin.

Sistem blockchain dapat dikatakan menyerupai catatan transaksi digital yang terdiri dari banyak server. Berkat teknologi ini, transaksi menjadi jauh lebih mudah karena kamu tidak lagi memerlukan keberadaan perantara.

Ada dua komponen yang menyusun blockchain, yakni blok/kelompok (block) dan rantai (chain). Segala informasi yang terdapat dalam komputer dibagi menjadi beberapa blok dan saling terhubung oleh ‘rantai’. Jadi, apa itu blockchain?

Secara teknis, blockchain adalah serangkaian blok berisikan informasi digital. Setiap blok ini memiliki komponen yang disebut hash. Hash adalah suatu set karakter yang menyusun berbagai informasi pada blok.

Mata uang kripto adalah mata uang virtual, aset digital yang menggunakan enkripsi untuk mengamankan transaksi. Mata uang kripto (dikenal juga sebagai “altcoin”) menggunakan kontrol terdesentralisi, bukan cara konvensional seperti mata uang elektronik atau sistem perbankan yang tersentralisasi.