3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

1140-hiden-dangers-of-wi-fi.imgcache.rev.web.1100.633-832458b3
5/5 - (1 vote)

Ketika Anda mengaktifkan Wi-Fi baik itu melalui router ataupun dari smartphone dan membagikan ke orang lain, maka mereka memiliki akses tidak terbatas terhadap sumber daya Wi-Fi Anda. Dari beberapa orang yang mengakses Wi-Fi Anda, sebagian mungkin menggunakan begitu banyak sumber daya dan hal ini tentu sangat merugikan. Namun bagi Anda yang merasa terganggu dengan perilaku tersebut, setidaknya ada 3 cara yang dapat Anda lakukan untuk menghentikannya.

Mengubah Password Wi-Fi

Mengubah nama jaringan (SSID) pada router TP-Link

Cara ini sangat mudah dan aman untuk dilakukan. Anda cukup mengubah password pada router dan koneksi internet terhadap orang lain akan terputus bahkan koneksi Anda sekalipun. Namun Anda dapat kembali terhubung menggunakan akses password terbaru.

Untuk melakukan hal ini, Anda harus membuka halaman konfigurasi router yang dapat diakses melalui web browser pada komputer yang terhubung ke jaringan atau menggunakan kabel ethernet apabila tidak dapat terhubung ke Wi-Fi. Alamat router standar adalah 192.168.1.1, 192.168.0.1, 192.168.2.1, atau 10.0.1.1 (untuk Apple) atau 10.0.0.1 (untuk Xfinity).

Apabila portal konfigurasi sudah terbuka pada halaman browser, selanjutnya Anda perlu memasukkan nama pengguna dan password untuk sign in. Bagi sebagian orang yang mungkin lupa untuk konfigurasi sign in, umumnya nama pengguna diisi dengan “admin” dan password-nya adalah “admin” atau “password”. Setiap model router memiliki konfigurasi default yang berbeda dan Anda dapat melakukan pencarian informasi login di internet. Apabila sebelumnya pernah melakukan konfigurasi namun melupakannya, Anda dapat menekan dan menahan tombol reset di router kurang lebih 30 detik. Dengan demikian, router akan kembali ke pengaturan default.

Setelah berhasil masuk ke dalam router, Anda harus membuka menu Wireless untuk kemudian dapat memulai mengubah password pada kotak bertuliskan “Password”, “Shared Key”, atau “Passphrase”. Password dengan kombinasi antara huruf, angka, dan karakter khusus dengan minimal 8 karakter akan memberi keamanan yang cukup untuk Wi-Fi Anda.

Apabila pengaturan diatas selesai, maka Anda harus menyimpannya. Setiap koneksi yang masih terhubung dengan password lama secara otomatis akan terputus apabila proses pengaturan ulang berhasil.

Menggunakan Penyaringan MAC Address pada Router

Konfigurasi MAC Address Filtering pada router TP-Link

MAC (Media Access Control) Address merupakan sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan taut data dalam model tujuh-lapisan OSI, yang mempresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Untuk mengetahui MAC Address suatu device, Anda cukup memasukkan “ipconfig/all” di CMD. MAC Address muncul pada baris Physical Address atau Hardware Address.

Sebagian router memiliki fitur access control untuk menentukan device tertentu yang diizinkan terhubung. Setiap wireless device memiliki MAC Address khusus (unik). Beberapa router dapat melakukan blacklist (tidak dapat terhubung) dan whitelist (dapat terhubung) terhadap device dengan MAC Address tertentu. Dengan cara ini router akan membandingkan antara MAC Address yang baru terhubung dengan daftar MAC Address yang disetujui atau telah ada untuk dapat mengakses Wi-Fi.

Perlu dicatat bahwa tidak semua router memiliki fitur diatas dan menggunakan cara ini bukanlah pilihan yang cukup baik. Model router seperti Netgear dan Google Wifi, hanya mampu memutus jaringan internet terhadap suatu device yang sedang terhubung namun tidak dengan sambungan Wi-Fi. Selain itu masih banyak celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku. MAC Address dapat dengan mudah dipalsukan di beberapa sistem operasi dengan mengubah ke yang sudah terdaftar dalam router sehingga memiliki izin untuk mengakses Wi-Fi.

Untuk melakukan konfigurasi penyaringan MAC Address, pengguna diharuskan login ke panel wireless dan router. Selanjutnya pengguna membuka menu wireless dan memilih MAC Filtering. Mulai tahap ini pengguna dapat memilih dua kebijakan yaitu memberikan izin dan menolak suatu device ke jaringan. Pengguna harus memasukkan MAC Address dan menamai agar mudah untuk diidentifikasi. Setiap MAC Address yang diberikan izin dan ditolak akan ditampilkan dalam sebuah kolom. Setiap merek router memiliki interface yang berbeda namun secara teknis menggunakan mekanisme penyaringan yang sama.

Menggunakan Guest Network

Guest network merupakan jaringan yang terpisah dari jaringan utama. Sehingga pengguna dapat memiliki 2 sumber jaringan yang khusus digunakan misal dengan nama “Main Network” serta jaringan yang dibagikan secara public dengan nama “Main Network_Guest”.

Beberapa router menawarkan fitur tersebut dengan nama “guest network” atau “guest access”. Nama jaringan Wi-Fi dan password yang digunakan juga terpisah dan dapat diganti tanpa mengubah pengaturan jaringan utama atau sebaliknya.

Berikut cara membuat guest network pada router Asus.

Membuka situs http://router.asus.com dan memilih menu Guest Network.


Pada menu Guest Network, memilih “Enable” sebelah kiri pada sub menu 2.4GHz.


Mengisi form Guest Network seperti contoh berikut dan memilih Apply apabila selesai.

Jaringan Guest Network baru berhasil ditambahkan.

Keteranngan gambar.

1) Hide SSID

Berfungsi untuk menyembunyikan SSID (nama WI-Fi). Pengguna baru harus memasukkan nama dan password SSID secara manual apabila mengaktifkan Hide SSID.

2) Network Name (SSID)

Merupakan nama unik untuk mengidentifikasi jaringan nirkabel yang berisikan hingga 32 karakter.

3) Authentication Method

Metode otentifikasi untuk klien nirkabel. Adapun opsi “Open System” maka tidak ada jaminan keamanan dalam jaringan nirkabel tersebut. “WPA2-Personal” memberikan keamanan yang kuat dan Anda harus menggunakan WPA Encryption: AES dan memasukkan WPA Pre-Shared Key (Network Key). Adapun “WPA-Auto-Personal” dapat memberikan keamanan yang kuat pula dan harus menggunakan WPA Encryption: AES (or TKIP+AES) dan masukkan WPA Pre-Shared Key (network key).

4) Access Time

Merupakan batas maksimal operasi dari jaringan nirkabel yang dapat diakses oleh pengguna.

5) Bandwitdth Limiter

Digunakan untuk mengatur batas kecepatan (Mbps) untuk upload dan download.

6) Access Intranet

Merupakan opsi apakah pengguna nirkabel dapat mengakses internet atau tidak.

7) Enable MAC Filter

Memberikan kontrol atas paket yang dikirim ke alamat MAC yang ditentukan pada jaringan nirkabel pengguna. Opsi “Disable” untuk nonaktifkan filter MAC. Opsi “Accept” mengizinkan perangkat dalam daftar filter MAC untuk mengakses ke jaringan nirkabel. Opsi “Reject” mencegah perangkat dalam daftar filter MAC untuk mengakses jaringan nirkabel.

Berikut contoh penerapan MAC Filter dengan opsi “Accept”.

a) MAC filter pada router ASUS dibatasi sampai 16 device. Untuk menambahkan device, pengguna memilih tombol (+).

b) Menambahkan MAC Address.

c) MAC Address berhasil ditambahkan.

d) Tombol untuk menghapus MAC Address.

8) Remove, untuk menghapus Guest Network.


Selain tiga cara di atas, masih terdapat cara untuk memutus koneksi device lain dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti Netcut atau JamWifi yang mengirimkan sinyal kepada device lain agar menghentikan koneksi. Hal ini bukanlah solusi permanen karena device tersebut akan terus meminta akses untuk terhubung ke jaringan Anda.


Sumber:

https://www.howtogeek.com/428365/how-to-kick-people-off-your-wi-fi-network/

https://gig.id/stories/tech/cara-mengganti-password-wifi-dengan-mudah

https://www.asus.com/id/support/FAQ/1042732/#1

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments