Harga Crypto Hari Ini Dalam IDR Rupiah


#NamePriceChanges 24H Market CapVolume 24HAvailable SupplyPrice Graph (7D)

Cryptocurrency adalah aset mata uang digital yang diamankan menggunakan metode cryptography diatas open database yang disebut blockchain. Terdapat 2 jenis crypto, yaitu coin dan token. Coin adalah cryptocurrency yang berdiri diatas blockchain-nya sendiri dengan contoh bitcoin dan ethereum, sedangkan token adalah cryptocurrency yang “menumpang” diatas blockchain dari native aset lain.

Beberapa tahun belakangan, popularitas Bitcoin tengah naik daun dan jadi perbincangan banyak orang. Bitcoin merupakan contoh cryptocurrency atau mata uang digital. Di era digital seperti sekarang, menggunakan mata uang digital dalam berbagai transaksi virtual menjadi sesuatu yang lumrah.

Bahkan, tidak sedikit orang yang menaruh minat investasi pada cryptocurrency. Meski investasi ini menghasilkan, tetap ada rambu-rambu yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli mata uang digital. Yuk, kenali lebih dulu apa itu cryptocurrency dalam dunia finansial. Harga crypto hari ini bisa dipengaruhi oleh sentimen positif dan negatif dari berbagai hal.

Kata “cryptocurrency” berasal dari gabungan dua kata, yaitu “cryptography” yang mempunyai arti kode rahasia, dan “currency” yang berarti mata uang. Konsep kriptografi sebenarnya sudah dikenal sejak zaman Perang Dunia II. Ketika itu, Jerman memakai kriptografi guna mengirimkan kode-kode rahasia agar tidak mudah terbaca oleh pihak lawan.

Berbeda dengan mata uang konvensional yang bersifat terpusat, mata uang digital justru bersifat desentralisasi. Tidak ada pihak yang hadir dan berperan sebagai perantara dalam suatu transaksi. Pembayaran dengan mata uang digital berlangsung dari pengirim ke penerima atau peer-to-peer. 

Namun, seluruh transaksi yang dilakukan tersebut tetap dicatat dan dipantau dalam sistem jaringan cryptocurrency. Penambang cryptocurrency adalah mencatat transaksi ini dan memperoleh komisi berupa uang digital yang bisa dipakai.

Jenis Cryptocurrency yang Beredar

Meski crpytocurrency sudah dikembangkan sejak tahun 1990-an, baru sekitar 10 tahun terakhir dikenal masyarakat global. Beberapa jenis cryptocurrency yang sering digunakan antara lain Litecoin, Ethereum, Monero, Ripple, dan tentu saja Bitcoin. Saat ini ada lebih dari 1.000 cryptocurrency yang beredar di seluruh dunia dan banyak hal yang mempengaruhi harga crypto hari ini.

Namun, Bitcoin termasuk dalam daftar teratas mata uang digital yang paling banyak digunakan. Sang pencipta, Satoshi Nakamoto, hanya menciptakan bitcoin hingga 21 juta koin sesuai protokol yang sudah disepakati. Para ahli memperkirakan, jumlah tersebut tidak akan habis ditambang sampai tahun 2140. Kamu bisa melakukan transaksi bitcoin melalui perangkat komputer saja, tanpa melalui bank atau lembaga keuangan.

Lebih lanjut, ada sistem blockchain yang membuat transaksi mata uang digital ini berlangsung aman. Blockchain menyerupai buku besar yang melakukan pencatatan pada setiap aktivitas transaksi dalam sistem yang bekerja secara desentralisasi, valid, dan minim kesalahan. Skema ini memunculkan penilaian bahwa transaksi mata uang digital lebih mudah, aman, dan praktis daripada sistem perbankan konvensional.

Berbagai definisi cryptocurrency dari karakteristik dan kegunaannya, yaitu sebagai berikut.

1. DigitalCryptocurrency adalah mata uang digital yang berarti hanya berlaku di komputer. Cryptocurrency tidak hadir dalam bentuk fisik yang dapat kita pegang sehari-hari. Harga crypto hari ini.

2. Peer-to-peer: Cryptocurrency dapat digunakan untuk transaksi dari satu orang ke orang lainnya secara online.

3. GlobalCryptocurrency sama di setiap negara. Maka, transaksi dapat dilakukan secara bebas antarnegara tanpa terpengaruh oleh kurs.

4. Terenkripsi: Setiap pengguna memiliki kode tersendiri untuk bertransaksi dengan cryptocurrency. Setiap melakukan transaksi, pengguna tidak bisa melihat transaksi tersebut dilakukan oleh siapa. Tidak ada nama asli yang muncul dalam setiap transaksi cryptocurrency. Lebih dari itu, tidak ada aturan apa pun tentang siapa yang bisa menggunakan cryptocurrency dan digunakan untuk apa.

5. Terdesentralisasi: Transaksi uang pada umumnya selalu melibatkan pihak yang menengahi setiap transaksi, seperti bank. Namun di dunia cryptocurrency, tidak ada bank atau pihak tersebut. Setiap orang bertanggung jawab atas uang mereka sendiri.

6. TruthlessDalam menggunakan cryptocurrency, kamu tidak perlu percaya kepada siapa pun dalam sistem.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cryptocurrency adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antarpengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga.

Selain menggunakannya sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi.

Hal ini disebabkan oleh naik turunnya nilai cryptocurrency. Semakin banyak orang yang percaya pada cryptocurrency, maka nilainya akan semakin tinggi. Maka dari itu harga crypto hari ini dipengaruhi banyak hal tak terduga.

Fungsi Cryptocurrency

Membeli barang atau jasa

Saat ini, ada banyak toko yang mulai memberlakukan cryptocurrency sebagai alat pembayarannya, termasuk dua perusahaan ternama Overstock dan Newegg. Kamu juga bisa menggunakan cryptocurrency di banyak restoran, hotel, penerbangan, aplikasi, dan bar. Bahkan, dikutip dari Cointelegraph, ada perguruan tinggi yang juga sudah memberlakukan cryptocurrency. Namun, kebanyakan perusahaan tersebut baru menerima Bitcoin. Harga crypto hari ini sangat bervariatif.

Investasi

Fungsi cryptocurrency lainnya adalah investasi. Pada awal cryptocurrency populer, harga crypto ini terus meningkat tajam. Tak heran banyak orang ‘mendadak kaya’ setelah investasi melalui cryptocurrency. Prinsipnya kurang lebih sama dengan prinsip ekonomi, yaitu harga akan naik ketika ada banyak permintaan. Semakin banyak orang melakukan investasi dengan cryptocurrency, maka harganya juga akan semakin naik. Namun, belakangan kenaikan harga mata uang digital tersebut tidak sesignifikan beberapa tahun silam. Investasi dengan cryptocurrency juga termasuk dalam kategori high risk. Harga crypto hari ini, harga Bitcoin hari ini sangat fluktuatif.

Mining

Mining atau pertambangan merupakan hal penting dalam cryptocurrency. Pada dasarnya, pengguna harus memecahkan teka-teki cryptography yang rumit untuk mengonfirmasi transaksi dan mencatatnya dalam blockchain. Harga crypto hari ini bisa menjadi patokan beberapa saat setelahnya. Teka-teki tersebut bisa dipecahkan dengan cara miningSemakin besar daya komputasi pengguna, maka semakin besar pula peluang mereka untuk memecahkannya. Jika berhasil memecahkan teka-teki tersebut, kamu akan menerima hadiah sebagai biaya transaksi.

Mengenal Bitcoin

Bitcoin adalah kelas aset baru yang dapat digunakan untuk menyimpan nilai dan juga dapat dikirim kapanpun ke siapa saja di seluruh dunia. Bitcoin adalah bentuk uang digital tetapi tidak dikeluarkan atau dikendalikan oleh pemerintah pusat mana pun. Bitcoin dijalankan oleh serangkaian komputer di seluruh dunia yang membentuk jaringan keuangan yang terdesentralisasi. Perangkat lunak Bitcoin berbentuk Open Source, artinya siapa pun di seluruh dunia dapat menjalankan server Bitcoin dan berpartisipasi menjadi bagian dari jaringan.

Bitcoin diciptakan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama samaran “Satoshi Nakamoto”. Tidak seperti uang pemerintah seperti Dolar atau Euro, Bitcoin memiliki persediaan terbatas. Hanya akan ada 21 juta Bitcoin yang bisa ada di dunia ini. Inilah yang membuat Bitcoin unik – Bitcoin adalah aset digital langka pertama yang pasokannya tidak dapat ditingkatkan / dicetak seperti uang.

Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Transaksi Bitcoin sebenarnya hanyalah kumpulan catatan transaksi yang dapat diakses oleh siapa saja. Daripada menukar uang kertas fisik, semua transaksi di jaringan Bitcoin ditulis dan disimpan dalam database khusus yang disebut blockchain. Blockchain Bitcoin memiliki catatan lengkap tentang siapa yang mengirim dengan jumlah berapa serta kepada siapa sejak pertama kali Bitcoin ada. Setiap orang yang mengakses Bitcoin akan memiliki salinan persis dari semua catatan yang disimpan di perangkat mereka. Setiap transaksi dalam Bitcoin dijamin melalui kriptografi. Untuk memverifikasi transaksi dan memastikan tidak akan ada pengeluaran ganda, Bitcoin menggunakan proses yang disebut Proof-of-Work atau penambangan. Harga crypto hari ini sangat tidak bisa diprediksi, tetapi kita bisa melihat dari sentimen yang ada beberapa saat sebelumnya.

Faktor apa yang mempengaruhi harga crypto Bitcoin?

Harga Bitcoin didasarkan dari penawaran dan permintaan. Pasokan Bitcoin terbatas tetapi permintaan terus naik, itulah sebabnya harga Bitcoin naik dari tahun ke tahun. Setiap hari orang di seluruh dunia akan membeli dan menjual Bitcoin, mereka akan membuat penawaran dan juga menawar harga untuk Bitcoin melalui pertukaran kripto. Aktivitas ini menciptakan volatilitas harga Bitcoin karena pasar Bitcoin berjalan 24/7 tanpa henti. Faktor lain yang memengaruhi harga Bitcoin adalah separuh. Halving Bitcoin menciptakan kelangkaan Bitcoin yang lebih tinggi, mengurangi tingkat pasokan Bitcoin baru. Karena pasokan menurun sementara permintaan untuk Bitcoin tetap sama atau bahkan meningkat, orang-orang bersedia membayar lebih untuk mendapatkan Bitcoin.

Apakah Bitcoin itu legal?

Bitcoin legal di sebagian besar negara. Di Indonesia, Bitcoin diakui oleh Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, BAPPEBTI, sebagai komoditas menurut “Peraturan BAPPEBTI No. 5 Tahun 2019”. Namun di Indonesia, Bitcoin tidak diakui sebagai legal tender, karena legal tender di Indonesia adalah Rupiah. Harga crypto hari ini pasti berbeda dengan beberapa hari lalu, bahkan beberapa menit lalu.