fbpx
Trentech.id

Ini Dia Rahasia Sumber Pendapatan Pemain Game Profesional

Gak perlu khawatir lagi jika mama papa bilang main game gak ada hasilnya! Belum banyak tahu bahwa pendapatan pro gamer mempunyai banyak sumber pendapatan. Jumlahnya juga gak kalah dari para atlet olahraga. Jangan meremehkan kemampuan pro gamer dalam meningkatkan ekonomi dalam hidupnya, mereka bisa mempunyai pendapatan yang jauh lebih besar dari seorang karyawan bank!

Lihat saja dari banyaknya hadiah dalam bermain game, seperti game Arena of Valor yang lagi bagi-bagi 7 sepeda motor kepada pemainnya.

pendapatan pemain pro

Dari main game saja sudah bisa mendapatkan rezeki secara cuma-cuma, apalagi dengan para player profesional? Berikut sumber pendapatan pemain pro yang bisa kita jelaskan kepada kamu. Langsung check di bawah sini ya!

1. Gaji dari Tim

pendapatan pemain pro

Jangan pernah berpikir bahwa bermain untuk tim profesional itu tidak mendapatkan uang ketika kalah di sebuah turnamen. Pendapatan pemain pro tentunya berasal dari gaji yang sesuai dengan kesepakatan manajemen timnya.

Berbicara soal gaji, hal ini sedikit ke arah privasi. Tapi terdapat survey yang sudah dilakukan oleh ESPN soal pendapatan pemain pro di benua Amerika.

Gaji rata-rata pemain Amerika utara berkisar di angka $105.000 dalam setahun. Jika dirupiahkan menjadi Rp1.397.130.000 dan bila dibagi 12 bulan, gaji mereka sebesar Rp116.427.500 per bulan!

2. Uang hadiah turnamen

pendapatan pemain pro

Kalau kamu tahu total hadiah dari sebuah turnamen sangatlah besar! Contohnya turnamen Dota 2 TI8 sekarang yang sudah memiliki jumlah prize pool sebesar lebih dari 21 juta US Dollar!! Jika dirupiahkan bisa mencapai lebih dari 300 milliar Rupiah!

  Ini Dia 5 Game Terkenal yang Dibuat Karena Kecelakaan

Tentunya angka tersebut sangat tidak masuk akal untuk orang Indonesia, tapi nyatanya memang benar seperti itu.

Jika kamu memenangkan sebuah turnamen besar, kamu bisa langsung membeli sebuah rumah dan mobil mewah sekaligus!

3. Live streaming

pendapatan pemain pro

Jangan pernah remehkan angka kecil, karena ada pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Seratus subscribers lama-lama menjadi sejuta dan menjadi gunung duit!

Itulah yang menjadi sumber pendapatan pemain pro yang dasar. Baik pemain yang masih aktif maupun pensiun, melakukan rutinitas livestreaming sudah menjadi hal wajib!

Contohnya saja Jess No Limit, dilihat dari socialblade, pendapatan Youtube-nya bisa mencapai… kalian bisa lihat pada gambar di atas!

4. Sponsorship

pendapatan pemain pro

Pemain profesional biasanya akan mendapatkan sponsorship personal, jika kamu lihat nama panggungnya biasa ada nama sponsor sebagai akhiran.

Para pemain pro ini selain bermain, mereka juga senantiasa melakukan branding atau jadi bintang iklan dari produk sponsor mereka. Jadi jangan heran kalau pemain pro ini bisa eksis di dunia entertaint.

5. Menjadi analis game

pendapatan pemain pro

Kamu gak usah mengkhawatirkan gimana nasib pemain pro yang telah pensiun dari dunia Esport. Pendapatan mereka tidak akan hilang begitu saja walau sudah tidak aktif bermain.

Pendapatan pemain pro yang telah pensiun masih bisa di dapat lewat pengalaman bermain mereka! Menjadi seorang anilisis game sangatlah menguntungkan, ditambah jika pemain tersebut juga masih aktif live streaming. [gp/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements