WhatsApp adalah aplikasi obrolan paling populer di dunia. Memiliki pengguna loyal yang sangat banyak di seluruh dunia. WhatsApp digunakan tidak hanya sebagai aplikasi obrolan saja, tetapi banyak juga yang menggunakan untuk keperluan bisnis atau usaha. WhatsApp Business ini meluncurkan WhatsApp Business Cloud API yang akan semakin memudahkan kita untuk bertukar pesan melalui layanannya.
WhatsApp Business Cloud API memungkinkan bisnis menengah dan besar untuk berkomunikasi dengan pelanggan mereka dalam skala besar. Dengan menggunakan API, bisnis dapat membangun sistem yang menghubungkan ribuan pelanggan dengan agen atau bot, memungkinkan komunikasi terprogram dan manual. Selain itu, Anda dapat mengintegrasikan API dengan berbagai sistem backend, seperti CRM dan platform pemasaran.
Bisnis yang ingin menggunakan API memiliki dua opsi hosting: Lokal dan Cloud API. Secara umum, kami merekomendasikan bahwa sebagian besar bisnis menggunakan WhatsApp Business Cloud API karena kemudahan penerapan dan pemeliharaan.
Apa itu WhatsApp Business Cloud API?
Untuk menggunakan WhatsApp Business Cloud API, bisnis melakukan panggilan ke Meta’s Graph API untuk mengirim pesan dan Webhook untuk menerima peristiwa, seperti pesan dan pembaruan status. Graph API adalah bentuk Remote Procedure Call yang diekspresikan melalui HTTP, di mana operasi dan parameternya diekspresikan menggunakan kombinasi parameter URL, header, dan badan permintaan.
Panggilan ke Graph API dari baris perintah berbasis UNIX terlihat seperti ini:
curl -X POST \
'https://graph.facebook.com/v13.0
/FROM_PHONE_NUMBER_ID/messages' \ -H "Authorization: ACCESS_TOKEN" \ -d '{ "messaging_product": "whatsapp", "to": "1650XXXXXXX", "text": {"body" : "hi"} }'
Dibandingkan dengan implementasi Lokal, integrasi Graph API bergantung pada mekanisme otentikasi yang berbeda (lihat Token Akses Pengguna), proses penyiapan Webhook yang berbeda (lihat Penyetelan Webhook), dan memiliki latensi dan tingkat kesalahan yang berbeda. Untuk informasi selengkapnya tentang cara menggunakan Graph API, lihat Dokumentasi Pengembang Graph API.
Rate Limit
WhatsApp Business Cloud API mengikuti Batas Tingkat Kasus Penggunaan Bisnis. Setiap Akun WhatsApp Business (WABA) memiliki batas jumlah panggilan dan setiap panggilan yang dilakukan oleh aplikasi Anda diperhitungkan dalam batas tersebut. Jumlah panggilan aplikasi untuk WABA adalah jumlah panggilan yang dapat dilakukan ke akun bisnis di bawah WABA ini selama jendela satu jam bergulir dan dihitung sebagai berikut:
Panggilan dalam satu jam untuk WABA = 1800000 * Jumlah Nomor Terdaftar di bawah WABA ini
Anda akan menerima kode kesalahan 80007 ketika Anda mencapai batas panggilan.
Selain batas tarif platform, kami memiliki batas tarif berikut yang berlaku untuk akun Cloud API:
Uji batas kecepatan pesan: Berlaku untuk Akun WhatsApp Business yang belum diverifikasi.
Peringkat kualitas dan batas pengiriman pesan: Berlaku untuk Akun WhatsApp Business terverifikasi.
Batas tingkat kapasitas: Berlaku untuk semua akun.
Batas tarif telepon bisnis: Berlaku untuk semua akun dan membatasi throughput per nomor telepon bisnis.
Available Metrics
Sebagai pengguna WhatsApp Business Cloud API, Anda dapat melihat jumlah pesan yang terkirim dan terkirim, serta metrik lainnya. Lihat Mendapatkan Metrik Akun untuk informasi.
Scalling
Dalam infrastruktur Meta, WhatsApp Business Cloud API secara otomatis menskalakan dan menyesuaikan untuk menangani beban kerja Anda, dalam batas tarif Anda (volume pesan dan jumlah akun bisnis WhatsApp).
Encryption
Dengan WhatsApp Business Cloud API, setiap pesan WhatsApp terus dilindungi oleh enkripsi protokol Signal yang mengamankan pesan sebelum mereka meninggalkan perangkat. Ini berarti pesan dengan akun bisnis WhatsApp terkirim dengan aman ke tujuan yang dipilih oleh masing-masing bisnis.
WhatsApp Business Cloud API menggunakan teknik enkripsi standar industri untuk melindungi data saat transit dan saat istirahat. API menggunakan Graph API untuk mengirim pesan dan Webhook untuk menerima acara, dan keduanya beroperasi melalui HTTPS standar industri, dilindungi oleh TLS. Lihat whitepaper Ikhtisar Enkripsi kami untuk detail tambahan.
Perbandingan on-premise API dengan WhatsApp Business Clouc API
Key Differences | On-Premises API | Cloud API |
---|---|---|
Hosting | Individual businesses and/or BSPs need to host the API software on their own servers and in data centers. | Meta hosts the API. |
Maintenance | Individual businesses and/or BSPs need to perform API software upgrades periodically. | API software upgrades are performed by Meta and new features and security updates are available automatically on the WhatsApp Business Cloud API.
Developers no longer need to do setup, maintenance or scaling work. There will be minimal code changes required to adapt to longer-term API changes. |
Costs | Businesses or BSPs need to:
|
Meta pays for the hosting costs.
Businesses only pay per message sent or conversation, per the rules described here. |
API Protocol | On-Premises REST API. | Graph API. |
Message Throughput
(Per Second) |
Send up to 70 text messages per second for single-connect.
Send up to 250 text messages per second for multi-connect. Sending media messages may reduce these numbers. |
Up to 80 messages per second of combined sending and receiving (inclusive of text and media messages) between one business number and many consumer numbers. In the event of high system loads, a business may experience reduced message throughput.
Starting in July 2022, Cloud API will support up to 250 messages per second of combined sending and receiving (inclusive of text and media messages), by request. |
Certificate Management | You manage your Certificate Authority (CA) and Webhook CA certificates. | Meta manages the CA certificates.
For a Webhook CA certificate, your Webhooks server needs to support HTTPS and have a valid CA-chained TLS/SSL certificate installed. Self-signed certificates are not supported. |
Media Provider API | Supported. | Deprecated. To upload media to the Cloud API, follow these steps. |
Stickerpack Management API | Supported. | Currently not supported. |
Disaster Recovery | Business/BSP needs to deploy in “high availability” model. | No SLA. |
Single-tenant vs. Multi-tenant | Single-tenant (single phone number per deployment). | Not applicable. Multiple phone numbers can be registered on Cloud API. |
Send Message Request Processing Latency | Dependent on business deployment location (i.e. latency from their infra to WhatsApp infra in North America). | Expect the latency between receiving a request and sending a response on Meta servers to be:
90th percentile: ~1s 99th percentile: ~2s There is a plan to eventually get to 99th percentile: ~500ms |
Server Location | Dependent on business. | North America. |
Baseline Request Error Rates | Not published. Solution has retry built in except when the error is not intermittent (i.e. business error, setup error or user error). | 0.1%. Solution has retry built in except when the error is not intermittent (i.e. business error, setup error or user error). |
Monitoring Metrics Available | Insights data available.
Businesses are responsible for setting up monitoring of the on-premise solution themselves (monitoring containers included in packaging). |
Insights data available.
Meta monitors instance health. |
SLA (Uptime) | Not specified because it depends on an end-to-end API solution, which includes the businesses or BSP’s infrastructure. | Commercially reasonable efforts to meet our goals of 99.9% at GA. |
Support | 7×24 for critical issues on a best effort basis. | 7×24 for critical issues. Continuous work until the issue is resolved or mitigated. |
Perbandingan Fitur Chat
Feature | On-Premises API (v2.37) | On-Premises API (v2.39) | Cloud API (April 2022) | Cloud API (May 2022) | Cloud API (June 2022) |
---|---|---|---|---|---|
Business Profile | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
Text Messages and Text-Based Templates | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
Image Messages and Image-Based Templates | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
Document Messages and Document-Based Templates | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
Audio Messages | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
Video Messages and Video-Based Templates | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
Stickers | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
Reply To | Inbound only | Inbound only | Inbound only | Inbound only | ✅ |
Buttons | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
Contacts
(not in template) |
✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
Static Locations
(not in template) |
✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
Dynamic Reply Buttons | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
List Messages | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ | ✅ |
Single and Multi-Product Message | ✅ | ✅ | ❌ | ❌ | ✅ |
Stickerpack Management | ✅ | ✅ | ❌ | ❌ | ✅ |
User Change Notification | ✅ | ✅ | ❌ | ❌ | ✅ |
Tentunya dengan layanan terbaru WhatsApp Business Cloud API ini akan memacu kreatifitas kita dalam membuat layanan yang membantu pengguna kita dalam proses bertukar pesan.