fbpx
Trentech.id

Versi Terbaru Android Studio 3.0, Apakah Lebih Berat?

Setelah proses pengembangan yang cukup lama, akhirnya Android Studio 3.0 dirilis juga. Versi final dari Android Studio 3.0 membawa salah satu fitur yang paling ditunggu oleh para Android developer di luar sana, dukungan langsung akan bahasa Kotlin tanpa melalui plugin tambahan.

Selain dukungan langsung untuk bahasa pemrograman Kotlin, Android Studio 3.0 juga membawa segudang fitur baru diantaranya sebagai berikut:

Java 8

Android 3.0 terus memberikan peningkatakan akan dukungan terhadap fitur baru di Java 8 sehingga penggunaannya di project akan lebih mudah. Untuk membuat agar project Android mendukung fitur Java 8 yang baru, kita cukup mengubah level kompatibilitas Source dan Target menjadi 1.8 di dialog Project Structure.

Layout Editor

Layout Editor kini memiliki fitur drag-and-drop yang lebih baik lewat component tree ditambah dengan sebuah panel error yang baru.

Adaptive Icon

Terdapat sebuah jendela baru untuk membuat seperangkat aset ikon dan memberikan previu bagaimana ikon kita akan terlihat dibeberapa launcher.

XML Fonts & Downloadable Fonts

Untuk aplikasi yang menargetkan Android Oreo (Level 26 ke atas) kita dapat menambahkan fonts dan downloadable fonts lewat XML langsung.

Android Things

Android Studio 3.0 sudah mengikutsertakan seperangkat template untuk bekerja dengan Android Things.

IntelliJ Update

Android Studio 3.0 turut mengambil fitur dari perilisan IntelliJ 2017.1 yang memiliki fitur refactoring Java 8, parameter hints, semantic highlighting, draggable breakpoint, enhanced version control search, dan lain-lain.


Selain fitur-fitur di atas, tentu saja masih banyak fitur lain serta perbaikan terhadap fitur yang telah ada yang dapat pembaca lihat secara lengkap disini.

  Bermitra Dengan UMKM, Aplikasi Ini Membantu Tingkatkan Pengunjung Toko Anda

Untuk mendapatkan Android Studio 3.0 kita dapat melakukannya langsung dari Android Studio yang telah terpasang (biasanya akan muncul popup untuk melakukan update) atau dengan mengunduh installer yang baru disini. [cp/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements