Trentech.id

Tips Membawa Game ke Pasar Internasional

CEO sekaligus co-founder Toge Productions yang bernama lengkap Kris Antoni Hadiputra Nurwono ini hadir untuk berbagi pengalaman dan perjuangan Toge Productions memperkenalkan game yang telah mereka buat selama hampir empat tahun ke pasar global. Simak kisah lengkapnya di bawah ini.

Berani sebagai kunci sukses global

Game itu sifatnya universal, jadi jangan batasi market game kamu. Tunjukkan ke dunia kalau Indonesia juga punya game bagus,” ujar Kris membuka sesinya. Game indie di luar negeri juga mulai terkenal ketika developernya berani memamerkan karyanya, “we have to get out there,” jelas Kris.

Namun ingat, developer indie tidak setara dengan developer game AAA. Jadi Toge Productions saat memamerkan karyanya tidak memiliki target penjualan. Saat ke PAX AUS di Australia, tujuan utama mereka adalah membangun relasi ke pengunjung, media, dan developer lain.

Kisah Toge Productions di PAX EAST Amerika Serikat

Toge Productions memilih PAX EAST karena sudah dikenal sebagai salah satu ekshibisi gameterbesar di dunia. Selama tiga hari pameran setidaknya ada lebih dari 100.000 pengunjung. Mereka berhasil mendapatkan tempat di Indie MEGABOOTH. Booth raksasa ini berisi beberapa developer indie yang ingin memamerkan karyanya di ajang PAX EAST dengan harga terjangkau.

Namun, untuk bisa mengisi Indie MEGABOOTH ini tidaklah mudah. Ada seleksi ketat dari panitia dan hanya ada 84 dari ratusan, atau bahkan ribuan, game indie yang dipilih. Lalu, bagaimana Toge Productions dan Infectonator: Survivors lolos seleksi ketat ini?

Kris sempat berbincang dengan panitia Indie MEGABOOTH dan ternyata Infectonator: Survivors dipilih karena para panitia beberapa tahun lalu sudah pernah bermain gameberbasis web dari Toge Productions yang lama, Infectonator.

Seri Infectonator yang bertahun-tahun dikembangkan Toge Productions ternyata telah dikenal dan memiliki reputasi yang baik, itulah yang menjadi salah satu trigger mengapaInfectonator: Survivors berhasil lolos seleksi Indie MEGABOOTH.

  Detail Hero Wiro Sableng, Karakter Lokal Pertama di Arena of Valor

Pelajaran setelah mengikuti PAX AUS dan PAX EAST

Ia membagikan beberapa tip untuk kamu yang ingin memamerkan game ke dunia, berikut ini tip dari Kris Antoni:

Pantau perkembangan acara yang ingin kamu hadiri

Selalu cek situs acara yang ingin kamu hadiri untuk mendapatkan informasi. Agustus tahun ini akan ada PAX Prime dan pendaftarannya akan dibuka mulai bulan Mei, jadi jika kamu tertarik memamerkan karyamu, pantau terus acara ini dan submit game kamu.

Manfaatkan harga barang di Indonesia

Beli atau buatlah dekorasi dan portable backwall dari Indonesia untuk booth kamu, karena jika beli di sana harganya akan jauh lebih mahal. Kamu cukup menambah biaya bagasi pesawat untuk bisa menghemat pengeluaran.

Buatlah press kit yang menarik dalam jumlah banyak

Infectonator Survivors Press Kit | Photo

Press kit Infectonator: Suvivors dengan bentuk menarik berisi Steam Key, art book, dan press release

Media akan lebih tertarik dengan press kit yang menarik, apalagi dari developer game indie. Toge Productions membuat press kit Infectonator: Survivors menggunakan kotak DVD berisi Steam Key, art book, dan press release. Press kit ini juga mereka buat di Indonesia karena jauh lebih murah. Lima puluh kopi press kit saja tidak cukup, jadi sediakanlah lebih banyak.

Lakukan riset nama dan wajah orang terkenal yang akan hadir

Pelajari developer, penerbit, dan orang terkenal yang akan hadir di pameran tersebut. Dengan mengenal nama dan wajah orang terkenal yang hadir, selain terhindar dari rasa malu ketika salah menyapa orang, kamu juga bisa punya target jika ingin berkenalan dengan developer tertentu.

Aktif berkomunikasi

Menurut Kris, rata-rata orang Asia memang pemalu, tapi di acara ini “buang” rasa malumu dan beranikan diri untuk berkenalan dengan orang-orang. “Walaupun begitu, jangan sampaicreepy, tetap respectful dan nice,” ujar Kris.

  Ini Dia 7 Tips Gamer Mengakali Pengeluaran Makan, Kuota, dan Voucher Game

Siapkan tantangan dan hadiah untuk pengunjung

Tim Toge Productions di acara PAX EAST menyiapkan tantangan untuk pengunjung dan menyiapkan hadiah, selain Steam Key dan art book gratis dalam kemasan menarik, mereka juga membuat kartu dengan desain unik yang bisa dikoleksi. Jadi, pengunjung yang gagal memainkannya tetap kembali lagi untuk mengumpulkan kartu tersebut.

Batasi waktu demo game dan atur tingkat kesulitannya

Demo game perlu dibatasi untuk mengantisipasi antrean pengunjung, selain itu selama mengantre juga mereka sudah melihat cara bermain game kamu dari orang yang memainkannya.

Atur tingkat kesulitan menjadi paling tinggi, dengan begitu pengunjung akan penasaran mengapa mereka tidak bisa memenangkan game kamu, lalu kembali lagi untuk mencobanya.

Istirahat yang cukup

Berikan jeda waktu untuk istirahat dan membiasakan diri, karena beda zona waktu Indonesia dan Amerika mencapai belasan jam. Jadi, jangan sampai kelelahan ketika tengah memamerkan game kamu.

Banyak pengetahuan yang bisa kamu ambil dari pengalaman Toge Productions membawagame karya mereka ke dunia internasional. Jadi, ingat tip dari Kris dan jangan takut untuk memamerkan game kamu ke dunia. Tunjukkan karya anak bangsa Indonesia dan go global!

[artikel di edit oleh Angga Permana sumber TIA]

Advertisements

Naufal Siddiq

Gamer yang senang browsing :D

Berikan komentar..

Please Login to comment

Follow Trentech.id

Advertisements