fbpx
Trentech.id

Konten Bukanlah Raja: 5 Cara Meningkatkan Traffic Blog Kamu

Kita sering mendengar cerita tentang bloger yang mampu menghidupi dirinya hanya dengan menulis konten berkualitas tinggi di blog mereka. Sayangnya, cara tersebut tidak selalu berhasil. Kamu tidak akan mendapatkan banyak pengunjung hanya dengan memiliki konten yang berkualitas. Tanpa promosi, artikel yang paling bagus sekali pun tak kan mampu mendatangkan traffic.

Faktanya, mempromosikan konten jauh lebih sulit daripada menulisnya. Itulah sebabnya mengapa banyak penulis bekerja untuk orang lain dan bukan di blog mereka sendiri. Ini bisa menjadi kenyataan pahit bagi mereka yang telah menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk belajar menulis. Meskipun konten berkualitas tinggi diperlukan, promosi adalah “raja yang sebenarnya”.

Sayangnya, banyak startup yang gagal dalam hal ini. Mereka mungkin memiliki konten yang bagus, tapi biasanya kurang bisa menarik follower, atau mengabaikan pentingnya promosi. Berikut adalah lima cara praktis untuk mendatangkan traffic di blog dan membangun basis pengikutmu.

Buzzfeed

BuzzFeed | Screenshot

Buzzfeed merupakan platform yang bagus dalam membuat konten viral. Situs ini menghasilkan 7 miliar page view per bulan, sekitar 70 persen nya berasal dari mobile.

Banyak orang mengasosiasikan Buzzfeed dengan artikel clickbait yang dibenci banyak orang. Tapi kita harus mengakui bahwa clickbaiting atau menggunakan judul yang sensasional ternyata cukup efektif. Platform ini memungkinkanmu untuk membuat artikel berisi daftar dan kuis menarik dengan mudah. Berbeda dengan platform lain, kamu bisa meningkatkan keterlibatan pengguna dengan menggunakan jajak pendapat atau kuis dalam artikelmu.

Seperti yang kita ketahui, tujuan artikel-artikel Buzzfeed adalah untuk menghibur. Lalu, bagaimana jika kamu berada dalam industri yang membosankan atau tidak menarik? Jangan khawatir, karena seperti apa yang Neil Patel pernah katakan, “Tidak ada industri yang membosankan, yang ada hanyalah penulis buruk yang tidak kreatif.”

Coba baca artikel “10 Car Accessories That You Never Knew You Needed” ini. Jika perusahaan asuransi saja bisa populer di Buzzfeed, maka kamu juga bisa.

Agar mendapatkan hasil maksimal, kamu harus menargetkan artikelmu untuk bisa ditampilkan di homepage atau di dalam halaman Buzzfeed. Cara ini bisa mendatangkan banyak traffic dan link juice SEO. Menjadikan kontenmu dipilih sebagai artikel “featured” memang sangat sulit, tetapi jika berhasil, kamu bisa mendapat 100.000 sampai 400.000 view.

Untuk memaksimalkan peluang sukses, fokuslah untuk menulis judul yang bagus, memiliki paragraf pendek, dan menghapus kalimat pasif.

Bagaimanapun, sebelum sampai ke tahap itu, kamu perlu tahu apa yang harus ditulis. Dan dalam hal ini, banyak orang mengambil jalan yang salah. Mereka mencoba menulis topik yang paling banyak dicari orang (misalnya “8 film drama terbaik sepanjang masa” atau “8 makanan sehat terbaik”). Jenis konten ini biasanya tidak akan berhasil, karena sudah ada banyak sekali yang menulisnya di internet.

Sebaliknya, cobalah mengajukan pertanyaan yang tak seorang pun ingin tahu. Mungkin terdengar kontra-intuitif, tetapi hal ini membantumu menemukan topik yang tak seorang pun pernah menulisnya. Misalnya, “6 Great Actors Who Were Tricked Into Bad Movies,” sebuah artikel yang ditampilkan di Cracked.

Setelah menulis artikel, lakukan promosi sebanyak mungkin agar mendapat perhatian dari editor. Bagikan artikel tersebut di media sosial dan gunakan metode berikut untuk promosi. Bahkan jika kamu gagal membuat kontenmu dipilih sebagai artikel ”featured”, kamu masih bisa menghasilkan ribuan view.

LinkedIn Pulse

Linkedin Pulse | Screenshot
Dulu, LinkedIn Pulse hanya dapat diakses oleh para influencer di media sosial. Tapi sekarang, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempublikasikan konten mereka sendiri. Untuk mengunggah konten, hal yang pertama kali kamu perlu lakukan adalah membuat akun LinkedIn.

LinkedIn Pulse adalah cara yang bagus untuk membuat suara kamu didengar oleh orang-orang yang memiliki selera atau opini yang sama. Keuntungan terbesar dari Pulse adalah mampu menjangkau pembaca yang kamu targetkan tanpa perlu memiliki jumlah pengikut yang banyak. Jika dilakukan dengan benar, kamu mungkin bisa mendapatkan ribuan view tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Sama seperti Buzzfeed, LinkedIn Pulse memiliki fitur di mana editor mereka bisa mempromosikan artikelmu jika mereka suka. Sekali lagi, buat ini sebagai tujuan utamamu. Untuk mencapainya, kamu bisa menerapkan sebagian cara yang digunakan di Buzzfeed, yang sudah disebutkan di poin sebelumnya.

Bagaimanapun, usahakan untuk tidak menulis judul yang bersifat clickbait. Topik yang kamu tulis juga harus harus lebih berpendidikan, bukan bersifat lucu seperti di Buzzfeed. Ketika menulis konten di platform ini, usahakan tiap artikelmu memiliki tiga sampai tujuh header. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan pengguna.

Jika berhasil, artikelmu akan mengumpulkan ribuan view-bahkan mungkin lebih dari 10.000. Meski jumlah view yang didapat tidak sebanyak Buzzfeed, tingkat keterlibatan pengguna di platform ini lebih tinggi. Artikelmu akan mendapat banyak komentar dan like dibandingkan di Buzzfeed.

Reddit

Reddit iOS App | Screenshot
Komunitas Reddit bisa dibilang cukup unik. Mereka biasanya suka menghakimi dan cepat memberikan downvote bagi tautan yang tidak memberi nilai tambah bagi komunitasnya. Ini adalah hal yang perlu kamu sebelum memutuskan untuk mengunggah konten di Reddit. Apakah konten yang kamu unggah memberikan nilai lebih atau apakah kamu hanya melakukannya untuk mendapatkan beberapa ratus view?

Selain itu, kamu juga perlu memahami demografi pengguna Reddit: kebanyakan dari mereka adalah lulusan perguruan tinggi atau sederajat, atau masih menempuh pendidikan. Kelompok usia terbesar dalam platform ini adalah pengguna dengan rentang usia 35 sampai 44 tahun, dan disusul oleh kelompok usia 25 sampai 34 tahun. Cara terbaik untuk membawa diri di Reddit adalah dengan bersikap rendah hati dan selalu meminta saran.

Untuk mulai menggunakan Reddit, buatlah sebuah akun dan mulailah memilih subreddit yang sesuai dengan minatmu. Sebelum mempromosikan kontenmu sendiri, usahakan untuk aktif di sana terlebih dahulu, misalnya membagikan hal keren atau memberi komentar di post pengguna lain.

Setiap subreddit biasanya memiliki aturan sendiri, jadi jika tidak ingin “ditendang” dari subreddit pilihanmu, pastikan baca aturan yang berlaku sebelum mengunggah post. Selain itu, sangat dianjurkan untuk membangun koneksi pertemanan di platform ini, yang nantinya bisa mempermudah kontenmu mendapat traffic di awal.

Jika kontenmu di Reddit mendapat banyak upvote maka kemungkinan besar kamu akan mendapat ratusan atau ribuan view, tergantung seberapa populer subreddit yang kamu pilih.

Menangkan kata kunci di kompetisi yang kecil

Salah satu aspek paling penting dari SEO adalah kata kunci pencarian. Bahkan, hal tersebut lebih penting dari on-page atau backlink. Bagaimanapun, dengan perubahan baru pada tool kata kunci Google, menentukan kata kunci yang sebaiknya dipilih menjadi lebih sulit. Apapun yang kamu pilih, pastikan kata kunci tersebut dicari sebanyak 100 sampai 1.000 kali per bulan.

Untuk mendapatkan perkiraan kasar dari tingkat persaingan kata kunci yang ingin kamu gunakan, cukup ketik kata tersebut (dalam tanda kutip) di Google. Semakin sedikit hasilnya, maka semakin baik. Seringnya ada sejumlah kata kunci yang memiliki tingkat pencarian 100 sampai 1.000 kali per bulan tapi hanya memunculkan kurang dari 1.000 hasil pencarian. Kata kunci seperti itulah yang sebaiknya kamu pilih.

Salah satu tip untuk menemukan kata kunci yang mudah adalah dengan menerjemahkan situsmu ke dalam beberapa bahasa dan menargetkan situs asing sejenis lainnya. Persaingan untuk ini jauh lebih kecil dari pada situs berbahasa Inggris. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan nilai SEO dengan memiliki beberapa domain dengan bahasa yang berbeda.

Sertakan sebuah site wide link di setiap situs, yang menghubungkan mereka satu sama lain sehingga semua situs tersebut mendapatkan link juice. Tiga bahasa yang paling banyak digunakan di internet, selain bahasa Inggris, adalah bahasa Cina, Spanyol, dan Jepang. Jika kamu belum tahu ingin menerjemahkan situsmu ke dalam bahasa apa, mungkin kamu bisa memulainya dengan tiga bahasa tersebut.

Strategi Twitter

twitter | featured image
Untuk strategi ini, kamu perlu menemukan influencer dalam industri yang kamu masuki—umumnya memiliki lebih dari 20.000 follower—dan curi perhatian mereka. Perlu diingat bahwa strategi ini memiliki tingkat keberhasilan yang sangat rendah. Agar meningkatkan peluang suksesmu, jangan menghubungi mereka duluan. Sebaliknya, tunggu mereka untuk menghubungimu.

Kamu mungkin berpikir: “Bagaimana aku melakukan itu jika aku bukan siapa-siapa?” Sebenarnya cukup sederhana. Ikuti mereka di media sosial dan jadilah pelanggan newsletter mereka (jika mereka punya). Kadang-kadang mereka akan meminta pertanyaan, dan berikan sekreatif mungkin. Karena mereka menghubungimu duluan, kemungkinan besar mereka akan merespon.

Kesimpulan

Strategi konten sangat efektif untuk diterapkan dalam semua sektor bahkan yang membosankan sekalipun, tapi perlu bertahun-tahun untuk menguasainya. Lima tool yang diulas di artikel ini bisa sangat berguna baik bagi pemula maupun mereka yang sudah ahli.

Bahkan jika kamu benar-benar baru di ranah ini, sangat mungkin untuk mendapatkan ratusan atau ribuan view dengan mengunggah konten di Buzzfeed dan Reddit.

Perbedaannya adalah seorang ahli bisa memaksimalkan dan berhasil di setiap taktik: membuat artikel mereka viral di Buzzfeed, membuat artikel mereka ditampilkan di halaman depan subreddit besar, menguasai tiga kata kunci teratas tanpa persaingan. Tapi bahkan jika kamu hanya satu kali berhasil dengan salah satu metode di atas, itu akan membawa sukses besar untuk startup kamu.

Sumber : TIA

Advertisements

Agiet Putra

Founder Bazarharian.com dan freelancer copywriter

Please Login to comment
Advertisements