Trentech.id

Hadir Kembali, YesBoss Hadirkan Platform Kecerdasan Buatan Bernama Kata.ai

Pada tanggal 27 September 2016 yang lalu, layanan asisten pribadi YesBoss mengumumkan penutupan layanan mereka mulai tanggal 31 Oktober 2016 mendatang. Saat itu, mereka disebut-sebut akan beralih ke layanan Business to Business (B2B) dan membuat sebuah platform chat bot untuk perusahaan.

Tidak menunggu lama, pada tanggal 14 Oktober 2016 ini YesBoss mengumumkan peluncuran sebuah produk baru yang bernama Kata.ai. Produk tersebut merupakan conversational platform yang bisa menghubungkan perusahaan dengan para konsumen menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI).

“Sebagai startup teknologi, kami tidak sabar untuk mengimplementasikan Kata.ai di sektor bisnis, sekaligus mengembangkan produk lain di sektor konsumen yang akan diluncurkan dalam waktu dekat,” ujar Irzan Raditya, CEO YesBoss, dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia.

Demi memastikan agar produk ini bisa berjalan dengan baik, YesBoss pun menggandeng seorang pakar keamanan IT serta Natural Language Processing (NLP) bernama Jim Geovedi, sebagai Technology Advisor. Jim, yang saat ini berdomisili di Inggris, merupakan hackerterkenal tanah air yang pernah berhasil meretas satelit milik Indonesia dan Cina.

Versi awal dari Kata.ai menawarkan sebuah dialogue engine yang memungkinkan sebuah perusahaan untuk mempunyai chat bot yang bisa “berbicara” sesuai dengan persona dari perusahaan tersebut. Chat bot tersebut nantinya bisa membantu dalam memasarkan produk, memproses transaksi jual beli, hingga mengumpulkan data perilaku konsumen.

YesBoss Kata AI 2 | Screenshot

Menurut Ahmad Rizqi Meydiarso, CTO YesBoss, mereka banyak belajar dari produk asisten pribadi mereka yang akan berhenti beroperasi akhir bulan ini. Mereka paham bagaimana konsumen Indonesia ingin dilayani, serta bagaimana kompleksitas Bahasa Indonesia yang digunakan saat bertukar pesan.

“Pemahaman ini memberikan keuntungan lebih dalam melatih dan mendesain platform AI kami lewat data perilaku dari jutaan percakapan yang meliputi lebih dari lima puluh ranah komersial,” tutur Rizqi.

  Mencari Tau Penyebab Diblokirnya Tumblr di Indonesia

YesBoss Kata AI | Screenshot

Produk terbaru dari YesBoss ini nantinya akan tersedia di platform LINE, Facebook, Twitter, BBM, Telegram, hingga SMS. Selanjutnya, YesBoss akan menyediakan Kata.ai dalam bentuk Software as a Service (SaaS) mulai awal tahun 2017.

Sebelum peluncuran Kata.ai ini, YesBoss juga telah bekerja sama dengan Microsoft, Infomedia Nusantara yang merupakan anak perusahaan Telkom, dan aCommerce, sebagai langkah awal untuk bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.

Bila berhasil menghadirkan produk AI yang berkualitas, tidak mustahil kalau produk YesBoss ini nantinya bisa menggantikan peran manusia di bidang layanan pelanggan dalam berbagai perusahaan. [tia/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

Follow Trentech.id

Cloud Hosting Murah Terbaik
Advertisements