fbpx
Trentech.id

Facebook Instagram Whatsapp Down, Inilah Penyebabnya

Facebook Instagram Whatsapp Down

Facebook, Instagram, Whatsapp down. Sejumlah pengguna mengalami kesulitan mengakses aplikasi keluarga Facebook. Dalam sebuah pernyataan juru bicara Facebook menyatakan sedang berupaya mengatasi masalah tersebut. Dia juga mengonfirmasi masalah tersebut tidak terkait dengan serangan DDoS atau denial. “Kami tengah fokus menyelesaikan masalah ini secepat mungkin tapi kami mengonfirmasikan bahwa ini tidak terkait dengan serangan DDoS,” cuit Facebook.

Facebook Down, Instagram Down, Whatsapp Down

Serangan DDoS adalah serangan siber dimana peretas sengaja menyerang server layanan tertentu. Caranya dengan membanjiri server layanan itu dengan lalu lintas yang sangat tinggi, sehingga situs atau aplikasi tersebut sulit diakses oleh pengguna lain. Serangan ini dilakukan secara terus menerus hingga sistem tidak dapat menampung data dan akhirnya rusak. Sejak meledaknya era internet, serangan ini makin marak dilakukan peretas untuk melumpuhkan suatu situs.

Pantauan dari laman Downdetector, masalah akses Instragam dan Facebook mulai dilaporkan pengguna sejak semalam (13/3/2019) pukul 23.00 WIB. Puncaknya pada jam 02.00 WIB (14/3/2019), di mana 18 ribu laporan terpantau.

Kebanyakan pengguna melaporkan tidak bisa memperbarui feed. Selain itu mereka tidak bisa log-in dan mengakses website Facebook maupun Instagram.

Foto: Downdetector

Kesulitan akses ini ditandai dengan peringatan yang menyebut kalau “Facebook akan segera kembali” ketika pengguna mencoba masuk ke akun mereka. Sementara pengguna lain, kesulitan membuka profil Facebook mereka.

Pengguna tak bisa mengunggah foto atau membuat status anyar. Setiap kali pengguna akan membuat status anyar, pesan berbunyi ‘Ada masalah dalam pembaharuan status Anda’ akan muncul dan membuat pengguna terus mencobanya dalam beberapa menit ke depan.

  Ini Dia Deretan Aplikasi Wajib untuk Bulan Ramadan

Facebook belum mengonfirmasi apa yang menyebabkan down. Dalam sebuah pernyataan, sebuah perusahaan intelijen jaringan bernama ThousandEyes mengatakan masalah tersebut tampaknya bersifat internal, bukan jaringan atau pengiriman internet.

Akibat kelumpuhan ini, tagar #FacebookDown, #InstagramDown, dan #WhatsAppDown pun menjadi tagar-tagar terpopuler di Twitter. Sebelumnya, Facebook dan Instagram sudah membuat pengakuan bahwa beberapa layanan mereka memang mengalami masalah saat ini.

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements