fbpx
Trentech.id

Ini Dia 5 Virus Smartphone yang Sempat Populer, Kamu Pernah Kena yang Mana?

Virus tidak hanya menyerang perangkat PC saja, terkadang beberapa perangkat pintar seperti smartphone juga bisa terserang virus. Virus smartphone populer ini sempat menyebalkan sekali pada zamannya.

Nah tulisan ini akan membahas mengenai virus-virus yang menginfeksi smartphone. Virus-virus ini sempat populer sekitar tahun 2000an, karena hanya menginfeksi ponsel yang bersistem operasi Symbian yang memang tergolong sebagai smartphone.

Apa saja virus smartphone tersebut? Yuk kita langsung saja simak!

1. Cabir

5 Virus Smartphone yang Sempat Populer
Sumber: F-Secure

Cabir memiliki nama lain Worm.Symbian.Cabir.a. Virus ini memang berjenis worm yang tidak hanya merusak sistem melainkan bisa mencuri berbagai data dan memperlambat sistem.

Cabir menyebar melalui Bluetooth. Di awal, kamu akan mendapatkan sebuah pesan melalui Bluetooth. Pesan ini biasanya terlihat menarik, jika kamu menerima pesan ini maka otomatis smartphone akan langsung terinfeksi dan Cabir akan memaksa untuk terus menyalakan Bluetooth tanpa bisa dimatikan.

Cabir dalam waktu beberapa menit akan terus menyebar ke ponsel lain melalui Bluetooth. Cabir akan terus aktif dan menyebabkan ponsel cepat habis baterainya.

2. Skulls

5 Virus Smartphone yang Sempat Populer

Skulls memiliki nama lain SymbOS.skulls. Virus ini tersebar melalui internet di mana kamu mengunduh sebuah aplikasi symbian.

Ketika menginfeksi sebuah smartphone, Skulls akan memunculkan sebuah notifikasi sedang menginstal “Install beta_092_free-sms-RM8″, “Install Blue Num Stealer” dan pesan lainnya. Jika sudah menginfeksi, berbagai ikon aplikasi berubah menjadi ikon tengkorak.

Jika sial, beberapa aplikasi tidak bisa berjalan. Terlebih jika aplikasi sistem yang tidak bisa dibuka. Aplikasi tersebut akan memunculkan pesan error bahwa aplikasinya tidak bisa dibuka.

3. Commwarrior

5 Virus Smartphone yang Sempat Populer

Virus ini tersebar dengan berbagai cara. Paling umum virus ini menyebar melalui MMS dan Bluetooth.

Jika terinfeksi, virus ini akan menyebarkan diri dengan cara mengirimkan MMS ke semua contact yang ada di ponsel. Terkadang virus ini akan membuka halaman HTML dengan isi pesan berikut:

“Introduction Surprise! Your phone infected by CommWarrior worm v3.0. Matrix has you, CommWarrior inside. No panic please, it is very interesting to have mobile virus at own phone. This worm does not bring any harm to your phone and your significant data. About CommWarrior worm for Nokia Series60 provides automatic real-time protection against harmful Anti-Virus content. CommWarrior is free software and is distributed in the hope that it will be useful, without any warranty. Thank you for using CommWarrior. CommWarrior © 2005-2006 by e10d0r.”

4. Locknut

5 Virus Smartphone yang Sempat Populer

Locknut dengan nama lain SymbOS.Locknut termasuk virus yang sangat berbahaya. Virus yang berjenis Trojan ini menyerang sistem utama dari ponsel.

Locknut akan mengubah data binary dalam ROM sistem operasi ponsel. Hal ini akan menyebabkan handphone menjadi mati total kecuali diinstal ulang.

Varian Locknut-E memiliki variasi serangan yang lebih menarik. Locknut-E akan menghapus beberapa file sistem secara bertahap. Hingga akhirnya ponsel mati total karena file sistem terhapus semua.

5. DoomBoot

5 Virus Smartphone yang Sempat Populer

Virus ini tersebar melalui Bluetooth. Biasanya virus ini akan mencegah pengguna untuk melakukan reboot dan membuat file corrupted.

Virus ini di awal akan menyamar menjadi sebuah file installer dari game Doom 2 yang sudah di-crack. DoomBoot juga membawa virus lain seperti CommWarrior untuk merusak smartphone yang telah terinfeksi.

Itu dia berbagai virus yang sempat populer di zaman Symbian sedang populer. Penulis sendiri pernah terkena virus Skulls, yang menyebabkan semua aplikasi berganti ikon menjadi tengkorak. [ts/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements