fbpx
Trentech.id

Ini Dia Trik Menulis File Rahasia Ala Hacker dengan Vim dan Terminal

Vim, sebagai salah satu editor teks yang paling populer dikalangan programmer memiliki satu trik unik untuk membuat file teks rahasia. Trik ini bisa dipakai saat kita ingin menulis sebuah file teks yang isinya tidak ingin dibaca oleh orang lain. Cara membuatnya pun sangat mudah, yang kita butuhkan hanya aplikasi vim saja, tanpa ada library apapun.

Pertama, pastikan aplikasi vim sudah terpasang (penulis di sini menggunakan Ubuntu 18.04). Kemudian ketikkan perintah berikut:

$ vim +X rahasia.txt

Bagian rahasia.txt adalah nama teks yang ingin kita amankan dari orang lain, ubah sesuai keinginan. setelah perintah vim, jangan lupa bahwa yang dipakai adalah X bukan x (kapital). Vim lalu akan meminta kita menuliskan kunci untuk membuka file ini.

Setelah memasukkan kunci, dibagian selanjutnya tekan tombol i untuk masuk ke mode INSERT dan masukkan teks yang diinginkan. Tekan tombol <Esc>setelah selesai. Pastikan tulisan --INSERT-- sudah tidak ada di bagian bawah terminal. Lalu ketikkan :wq untuk menyimpan file dan keluar dari aplikasi vim.

Sekarang, coba buka teks tadi dengan editor apapun.

Terlihat bahwa teks yang kita tuliskan sudah di enkrip oleh vim agar tidak bisa dibaca oleh editor lain. Untuk membukanya, silahkan buka lagi dengan perintah vim tapi tanpa opsi +X. Kita akan diminta kunci yang telah dimasukkan saat membuat file tersebut dan kontennya akan terbuka.

Vim juga memiliki opsi untuk menggunakan algoritma blowfish2 untuk membuat agar enkripsi menjadi lebih kuat lagi. Tambahkan perintah set cm=blowfish2ke file .vimrc jika mau. [cp/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements