Trentech.id

Tips Agar Tidak Dibully Saat Bertanya Di Forum Pemrograman

Akan datang saatnya dimana saat kita coding, kita mengalami masalah dalam coding kita. Kita bingung, sumber-sumber referensi yang kita punya nggak menghasilkan solusi. Mau nanya ke temen yang lebih jago, temennya lagi liburan ke luar angkasa tanpa meninggalkan warisan. Nyari di internet juga nggak membuahkan hasil, malah tambah pusing. Task coding jadi nggak bisa lanjut, stuck nggak bisa kemana-mana.

Kalau udah gitu keadaannya, maka satu-satunya jalan yang bisa ditempuh untuk mendapatkan solusi selain berdoa agar dapet pencerahan lewat mimpi, adalah dengan memanfaatkan kekuatan komunitas. Ya kekuatan komunitas kawan. Di dunia ini kita nggak sendiri lho yang menjalani hari-hari yang keras penuh dengan code-code. Ada banyak orang di luar sana yang mungkin pernah mengalami kebingungan yang sama jauh lebih dulu dari pada kebingungan kita. Ya di dunia ini memang banyak sekali kebingungan-kebingungan. Berdoa saja, semoga ada orang yang pernah mengalami hal yang sama, stuck dengan masalah seperti kita dalam komunitas. Dengan demikian, harapan kita semoga para master-master yang telah lebih dahulu menderita dengan kasus yang sama dengan kita bisa membagi pengalamannya untuk memberikan solusi kepada kita.

Saya melihat kecenderungan dari kita memang suka berkomunitas dan membuat kelompok-kelompok. Hampir dari setiap bahasa pemrograman yang ada di dunia ini hampir semuanya memiliki forum-forum khusus, baik itu sifatnya official ataupun yang non official. So… saya sangat sarankan, jika teman-teman sedang mempelajari atau mendalami sebuah bahasa pemrograman, framework atau tools pemrograman, bergabunglah kedalam forum-forumnya. Programmer itu tidak selalu mesti hidup sendiri. Dengan bergabung dengan forum-forum pemrograman kita bisa mendapatkan banyak keuntungan, salah satunya adalah kita bisa dengan mudah mendapatkan akses informasi terbaru terkait bahasa pemrograman tersebut dan akses untuk bertanya kepada orang-orang yang tepat jika kita mengalami stuck seperti kasus di atas.

Sayangnya, terkadang tidak semua kita (developer atau programmer) paham bahwa ketika kita bergabung dengan komunitas itu artinya kita akan berinteraksi dengan banyak orang. Dan ketika kita berinteraksi dengan orang lain itu akan sangat berbeda dengan ketika kita berinteraksi dengan komputer dan code-code kita. Akan ada variabel seperti perasaan, emosi dan ego yang harus kita perhatikan. Tidak sedikit bukan kita lihat di forum-forum pemrograman ada user yang bertanya, namun bukan menghasilkan jawaban tapi malah dibully oleh seluruh penduduk forum? Tidak sedikit juga bukan kita lihat ada orang yang mencoba melakukan sharing informasi di forum, tapi bukannya mendapatkan respect dan tepuk tangan dari masyarakat forum tersebut malah mendapat olok-olok? Itulah kenapa saya bilang berinteraksi dengan manusia akan sangat berbeda dengan saat kita berinteraksi dengan sistem.

  Ini Dia Trik Format Kode Python Secara Otomatis di Sublime Text

Berikut ini beberapa tips yang mungkin temen-temen bisa perhatikan dan terapkan ketika bertanya di forum-forum pemrograman, agar pertanyaan kita menghasilkan solusi dan tidak justru mendapat bully-an.

1. Bertanyalah dengan santun

Pada dasarnya ketika kita bertanya di forum untuk mencari solusi dari masalah yang kita hadapi, sebenarnya kita sedang membutuhkan pertolongan dan meminta bantuan. Kita berharap ada orang yang berbaik hati mau menjawab pertanyaan kita. So… bertanyalah dengan santun, agar orang mau berbaik hati menjawab pertanyaan kita.

2. Bertanyalah dengan jelas

Jangan buat orang yang akan mencoba membantu pertanyaan kita justru kebingungan dengan pertanyaan kita dan kemudian malah batal memberikan bantuan. Bertanyalah dengan jelas, dengan bahasa yang sederhana dan tidak berbelit-belit.

3. Jangan salah kamar

Jika Kamu akan bertanya tentang Ruby, jangalah bertanya di forum C++, kecuali memang Kamu menginginkan dibully oleh seluruh penduduk forum setempat. Ini sangat penting sekali dan harus benar-benar diperhatikan. Ini bisa mencerminkan apakah kita benar-benar aware dengan tempat dimana kita berada (forum), dan mengerti eksistensi dari forum tersebut. Ini ibarat kita mau bikin KTP, tapi malah pergi ke rumah sakit, kan nggak nyambung bro 😀

4. Jangan bertanya hal-hal yang sangat mendasar

Pastikan jika kita hendak bertanya sesuatu, itu bukan hal-hal yang sangat mendasar yang kalau kita searching di Google pasti langsung dapet hasilnya, contohnya jangan bertanya tentang “Apa itu bahasa pemrograman PHP?” di forum PHP. Ini akan menunjukan bahwa kita nggak ada usaha sama sekali untuk mencari tahu, karena pertanyaan itu akan sangat mudah kita dapatkan jawabannya di internet tanpa harus bertanya. Karena selayaknya semua orang yang ada di forum PHP harus mengetahui apa itu PHP dan bagaimana cara kerjanya. Boleh saja kita newbie dan memang tidak tahu tentang apa-apa, tapi bukan berarti kita tidak mau berusaha mencari tau. Pelajarilah dulu hal-hal yang mendasarnya, sehingga kita tidak perlu merepotkan orang lain untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kita yang seharusnya kita tau.

  Trik Mempercepat Loading Blog WordPress Tingkat Lanjut

5. Berusahalah mencari dahulu

ws_path1_slide1

Ingat, merepotkan orang lain seharusnya adalah hal yang paling harus kita hindari. Lakukan itu, jika memang semua usaha kita sendiri tidak membuahkan hasil. Bertanya di forum-forum adalah senjata rahasia, senjata terakhir yang hanya akan kita gunakan jika senjata-senjata kita yang lainnya tidak berhasil. Janganlah malas untuk mencari di mesin pencari. Ingat, di dunia ini hanya “Mesin Pencari” yang tidak pernah mengeluh saat kita tanya terus menerus. Kesungguhan kita mencari terlebih dahulu, dan gagal adalah bukti bahwa kita memang berusaha, dan orang lain akan menghargai itu.

6. Jangan repost

repost

Lagi-lagi, saya akan ingatkan bahwa ketika kita sedang berinteraksi di dalam forum, pada dasarnya kita sedang berinterkasi dengan manusia yang punya emosi, perasaan dan ego. Kita tidak sedang berinteraksi dengan mesin seperti Google. Tidak seperti Google yang oke-oke saja ketika kita tanyakan sesuatu hal yang sama berulang-ulang, manusia punya sifat jenuh. So… ketika kita akan bertanya, pastikan bahwa pembahasan yang akan kita tanyakan benar-benar belum ditanyakan di forum tersebut. Jika sudah pernah dibahas sebelumnya, maka janganlah ditanyakan lagi, lihat saja dokumentasinya seperti apa.

7. Sertakan kode program dan screenshot

code_black

Jika pertanyaan yang akan Kamu ajukan adalah pertanyaan tekhnis programming yang melibatkan kode-kode program, maka sertakanlah kode-kode programnya agar master-master yang ada di forum tersebut mudah melakukan tracking terhadap kode tersebut dan memberitahukan letak kesalahannya. Jika di forum tersebut tidak menyediakan fasilitas embed code, Kamu bisa menggunakan layanan pihak ketiga seperti jsfiddle.net atau codepen.io atau yang lainnya.Dan jika pertanyaan Kamu terkait error program, maka sertakanlah screenshot errornya seperti apa, dan masalahnya bagaimana. Ini akan lebih mempermudah para master dalam menjawab pertanyaan Kamu.

  Mengupas Siapakah Hacker Sebenarnya?

8. Jangan bertanya dengan sesuatu yang menyinggung SARA

Hindarilah kata-kata yang mengandung unsur SARA ketika bertanya. Bahasan SARA adalah bahasan yang sangat sensitif sekali, maka hindarilah kata-kata yang memungkinkan untuk menjerumus ke arah SARA.

9. Ketika “harus” menyimpang dari topik

Usahakan sebisa mungkin menghindari dari bertanya sesuatu yang menyimpang dari topik dari bahasan forum yang bersangkutan, namun jika memang “harus” maka mintalah maaf, dan gunakan label “OOT” agar tidak menyinggung penduduk setempat. Sekali lagi, hindarilah hal ini, kecuali jika memang “harus”.

10. Berterima kasih

thanks

Ketika kita dalam kesulitan dan ada orang berbaik hati menolong kita maka sudah selayaknyalah kita mengucapkan terima kasih kita kepada orang tersebut. Tunjukan rasa respect kita. Jika memungkinkan untuk memberikan respect secara personal itu akan lebih baik. Pada dasarnya setiap orang ingin dihargai atas apa yang mereka lakukan, termasuk dalam membantu kita, walaupun mungkin mereka tidak akan minta.  Mari kita budayakan saling membantu. Kita tentu saja tidak tau kapan kita akan membutuhkan bantuan orang lain, tapi jika kita terbiasa membantu orang lain, maka ketika kita membutuhkan bantuan orang lain, orang lain akan dengan senang hati membantu kita. Forum-forum pemrograman adalah tempat dimana orang-orang sejenis dengan kita berkumpul. Di sana terdapat banyak karakter dan latar belakang yang berbeda-beda. Pasti banyak orang yang lebih jago dari kita, dan mungkin juga ada mereka yang lebih pemula dari kita. Pengalaman setiap orang berbeda-beda, mungkin saja ada kesulitan orang lain yang pernah kita alami dan kita tahu solusinya, begitu juga sebaliknya. Jika kita terbiasa untuk saling membantu, pasti semuanya akan menjadi lebih mudah, terutama buat mereka pendatang baru di dunia ini. [cd/ap]

Demikianlah beberapa tips dari saya, mudah-mudahan bermanfaat buat temen-temen developer sekalian. Jika temen-temen punya tips lainnya, saya tunggu sharingnya di sini. Selamat bersenang-senang!

Advertisements

Agiet Putra

Founder Bazarharian.com dan freelancer copywriter

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

Follow Trentech.id

Cloud Hosting Murah Terbaik
Advertisements