fbpx
Trentech.id

SemiCode OS : Distro Linux Baru Untuk Para Programmer Dan Web Developer 

Rasanya banyak sekali variasi (distro) Linux yang ada saat ini. Sangat sering sekali para fans pengguna Linux mengirimkan komplainnya terkait banyaknya distro yang dikeluarkan dari Linux, untuk di Indonesia sendiri setidak nya ada 3 distro terkenal yang diracik oleh pribumi Indonesia. Setiap distro Linux memiliki librarinya sendiri, termasuk konfigurasi kernel, preinstall software dan lain-lain. Bagaimanapun juga di waktu yang sama banyaknya ragam distro Linux menyebabkan Linux menjadi unik.

Setiap orang bisa membuat dan meng-custom distro Linuxnya sendiri.jika kita melihat dari banyaknya list yang ada mengenai distro-distro Linux ini. Kita melihat beberapa distro ditujukan untuk sesuatu hal yang khusus, ada yang ditujukan untuk para hacker, artis multimedia dan gamer. Tapi sangat jarang sekali distro yang mengklaim dirinya khusus untuk melayani kebutuhan unik para programmer. Mungkin karena kebanyakan dari operasi sistem yang berdasarkan linux adalah OS yang bisa dicustom dan para developer bisa meng-install tool yang berguna dengan cepat dan citra yang kuat Linux ditujukan untuk programmer.

Oleh Karena itu, penulis akan memberitahumu bahwa saat ini telah hadir distro baru milik Linux yang fokus memberikan dukungannya untuk para programmer dan web developer. Operasi sistem tersebut bernama SemiCode OS, Sebuah distro yang dibuat berdasar pada Linux Ubuntu.

Fitur-fitur SemiCode OS

Dengan fitur yang user-friendly serta environment desktop yang populer GNOME, SemiCode Os saat ini menggunakan software repostori milik Linux Ubuntu 14.04.

Tool untuk Developer

SemiCode OS hadir dengan preinstall berbagai macam IDE, Compiler, Text editor dan lain-lain yang membantumu dalam mengerjakan pekerjaanmu dalam waktu singkat. Semicode OS juga menawarkan kehadiran Eclipse, MonoDevelop, BlueFish, Atom, Ninja IDE, Brackets, Emacs, dan Sublime Text. Berdasarkan teman kita di F.O.S.S kamu juga mendapatkan preinstall dan pre-konfigurasi LAMP stack.semicode-os-sublime-text-747x420Berbicara mengenai Compiler, SemiCode OS menyediakan Ruby compiler, .NET dengan Mono Runtime, OpenJDK untuk java. Agar code yang kamu buat lebih mudah dalam managemen dan komunikasi, Distro ini dilengkapi dengan Git dan Slack desktop client.semicode-os-scratcg-747x420Distro ini juga hadir dengan Scratch IDE yang membantumu memulai coding dari permulaan.

  Ternyata Beginilah Cara Kerja Igcognito Mode

Asisten Virtual : Sarah

semicode-os-sarah-747x420Sarah merupakan paketan asli yang hanya ada para SemiCode OS yang bekerja seperti asisten virtual yang terintegrasi dengan terminal Linux yang kamu semua sudah familiar. Seperti Siri/Cortana kamu bisa memanggilnya menggunakan terminal dan bertanya beberapa pertanyaan untuk mendapatkan jawabannya. kamu juga bisa mendapatkan infomasi mengenai film, lirik musik, download file apapun atau video youtube, mendapatkan prediksi cuaca, dan lain-lain.

Sebagai contoh kamu bisa mencoba membuat perintah :sarah watch titanicHasilnya akan seperti ini :Name : TitanicYear of Releasing : 1997Movie or Series : movieGenre : Drama, RomanceCast : Leonardo DiCaprio, Kate Winslet, Billy Zane, Kathy BatesOk I will watch it because it got 7.7 on imdb

Privasi

Sarah hanya menggunakan username kamu dan tidak menyimpan informasi pribadimu. Selain itu, SemiCode OS mencoba untuk menghormati privasimu dengan menggunakan DuckDuckGo sebagai mesin pencari defaultmu.

SemiCode OS Beta v0.1 sudah bisa di download

Sampai saat ini, SemiCode masih pada tahap beta. Oleh karena itu penulis tidak menyarankan untuk meng-install-nya pada mesin utamamu. Bagaimanapun kamu bisa mencobanya para testing system atau virtual machine. Kamu bisa mendownload SemiCode OS di sini. Kebutuhan minimum untuk menjalankan SemiCode OS adalah 1 Ghz single core CPU, 1,5 GB ram dan 20 GB Storage.Kalau kamu masih bingung menggunakan distro Linux mana yang cocok kamu gunakan, kamu bisa menonton video ini.

Sumber : New Linux Distro For Programmers And Web Developers

Advertisements

Mochamad Khoiron

Contributor TrenTech.id | Cak Khoiron

Please Login to comment
Advertisements