Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Sebelum Membangun Startup, Kamu Wajib Perhatikan Tiga Hal Ini

6 April 2018
in Startup

Di era disrupsi ini, kita semakin sering mendapati berita produk gagal dari perusahaan besar dan terkenal. Kamu bisa menengok ke belakang, misalnya belasan tahun silam, ketika kamu pertama kali belajar mengoperasikan internet. Saat itu, Yahoo menjadi salah satu situs yang kamu kenal pertama kali, bukan?

Bagi kamu yang pernah melalui masa belajar mengirim e-mail dan menelusuri berbagai hal lewat mesin pencari Yahoo, berita kegagalan Yahoo beberapa waktu silam mungkin tidak pernah kamu bayangkan. Lantas, kamu yang bergerak dalam pengembangan produk pun semakin sadar bahwa inilah tantangan berat di depanmu.

Sewaktu membangun produk, kamu tentunya telah melewati beragam proses, mulai dari menemukan ide, mengembangkan ide, melakukan berbagai riset, menciptakan produk, dan memasarkannya. Di masa permulaan dalam membangun produk, sangat wajar bila kamu meletakkan harapan setinggi-tingginya. Cerita akan kesuksesan, produk yang bermanfaat bagi para konsumen, pengembangan fasilitas yang terus diperbarui, merupakan hal-hal yang telah membayang di benak sejak awal.

Para pengembang produk sebaiknya memang memikirkan kemungkinan adanya produk gagal, sebab bisnis memang tidak selalu stabil. Memikirkan kemungkinan-kemungkinan ini akan memacu kamu untuk berpikir kritis tentang strategi apa saja yang perlu dilakukan dan dipersiapkan untuk mengurangi kegagalan.

Apakah kamu sedang atau berencana membangun produk? Yuk, simak beberapa tip di bawah ini untuk menghindari kegagalan pada produk hasil karyamu!


Daftar Isi

  • Tidak ada pasar untuk produkmu
  • Memikirkan segalanya sendirian
  • Pemasaran yang buruk sebabkan produk gagal

Tidak ada pasar untuk produkmu

Salah satu penyebab utama dalam kegagalan produk adalah kurangnya pasar. Alasan ini telah terjadi di berbagai ranah bisnis, termasuk B2B dan B2C Untuk mengenali pasar, kamu juga harus memahami siapa-siapa saja yang menjadi konsumenmu, sehingga kamu tidak perlu berulang kali mempertanyakan: “Mengapa tidak ada yang mau membeli produk saya?”.

Sumber: Pexels

Bagaimanapun, masalah dan solusi adalah satu-kesatuan. Kamu tidak bisa mengontrol siapa yang memiliki masalah dan di mana mereka mencari solusinya. Namun, beberapa langkah di bawah ini bisa kamu coba untuk menguji hipotesismu.

  • Temukan masalah pasar dan lakukan validasi
  • Dapatkan solusi untuk masalah itu
  • Bawa ke pasar

Bila hipotesismu telah tervalidasi, kamu pun bisa mengendalikan apa yang kamu bangun dan bagaimana pengalaman konsumen memecahkan masalahmereka melalui produk yang kamu ciptakan.

Sebelum kamu benar-benar menciptakan produk, pastikan bahwa produkmu dapat membantu banyak orang  memecahkan masalah mereka.


Memikirkan segalanya sendirian

Ketika menciptakan produk, beberapa di antara kamu barangkali memulai dari ide brilian yang kamu temukan sendiri. Namun, ketika proses produksi dan pemasaran produkmu telah dimulai, kamu tidak bisa melakukan segalanya seorang diri.

Sumber: Pexels

Kamu memerlukan tenaga profesional lain sesuai dengan bidangnya masing-masing untuk membantu kelangsungan produkmu. Kamu boleh jadi orang yang memiliki banyak kemampuan, namun kamu juga perlu mengingat bahwa berbagi pekerjaan akan membuatmu fokusmu terpecah di banyak tempat.

Untuk mengembangkan produk, kamu juga membutuhkan diskusi bersama rekan seprofesimu.


Pemasaran yang buruk sebabkan produk gagal

Ketika idemu telah teruji dan produkmu telah siap dipasarkan, tantangan berikutnya pun menunggumu. Kesalahan dalam pemasaran menjadi penyebab yang banyak mempengaruhi kelangsungan produkmu.

Sumber: Pexels

Dalam artikelnya, Mark Goldenson, founder PlayCafe, sebuah perusahaan jaringan TV internet untuk games, mengakui permasalahan pemasaran tersebut. Ia bercerita bahwa ia dan co-founder sama-sama berasal dari perusahaan yang kurang bersahabat dengan pemasaran.

Kendati keduanya menerapkan SEO, SEM, viral, platforms, PR, dan partnership dengan cukup baik, rupanya mereka tak berhasil mengajak audiens untuk datang ke event langsung. Di sinilah ia menyadari bahwa marketing memerlukan orang-orang yang terampil dan konstan untuk merencanakan strategi yang tepat.

Untuk mencegah produk gagal, kamu perlu melakukan riset secara mendalam tentang:

  • seperti apa kompetitormu
  • bagaimana kamu mendistribusikan produk
  • mengidentifikasi strategi terbaik untuk menyasar audiens
  • merekrut tim yang berpengalaman dalam marketing
  • memastikan produkmu sampai ke tangan para konsumen.

Strategi marketing yang tepat sangatlah penting, sebab produk berkualitas pun tidak menjual dirinya sendiri. [tia/ap]

Berikan rating

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: membangun produkmembangun startupProdukstartup
1.4k
VIEWS
Previous Post

Inilah 10 Game yang Pasti Bikin Kamu Nostalgia Masa Kecil

Next Post

Kamu Tidak Perlu Marah, Inilah Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends

Related Posts

Mengenal Revenue Stream dan Business Model untuk Startup

24 December 2024
1.9k

Mempelajari tentang startup, maka tak akan terlepas dari belajar tentang berjalannya sebuah proses bisnis. Ada beberapa istilah dan konsep bisnis...

tahapan sebelum mvp

Tahapan Sebelum Mencapai Minimum Viable Product (MVP) dalam Pengembangan Produk

8 May 2024
1.6k

Pengembangan produk adalah proses yang melibatkan serangkaian tahapan penting sebelum mencapai tahap Minimum Viable Product (MVP). Sebelum mencapai MVP, ada...

Coworking Space Di Jakarta

Kumpulan Co-Working Space di Jakarta Terbaru

20 February 2024
2.2k

Coworking Space Jakarta bisa dibilang merupakan salah satu kota terpenting bagi ekosistem startup teknologi di Indonesia. Tidak hanya karena infrastrukturnya yang lebih...

Terpopuler

  • 16 jenis saham bennix

    16 Jenis Saham: Panduan Lengkap Memahami Dunia Investasi

    570 shares
    Share 228 Tweet 143
  • 8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    2387 shares
    Share 954 Tweet 597
  • 3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

    939 shares
    Share 376 Tweet 235
  • HP Nokia Edge 2022 Mirip Iphone 13, Cek Harga dan Spesifikasi

    294 shares
    Share 118 Tweet 74
  • Cara Upgrade ChatGPT Plus

    146 shares
    Share 58 Tweet 37
  • Ini Dia 7 Perintah CMD Keren yang Wajib Kamu Coba

    356 shares
    Share 142 Tweet 89
  • Penyebab Zenius Tutup Setelah 20 Tahun Beroperasi

    206 shares
    Share 82 Tweet 52
  • Daftar Gaji di Startup Indonesia

    240 shares
    Share 96 Tweet 60
  • Strategi Zalora Sukses Raih Profit

    126 shares
    Share 50 Tweet 32
  • Prompt ChatGPT untuk Designer

    154 shares
    Share 62 Tweet 39

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News