Trentech.id

Panduan Menulis Artikel di TRENTECH.ID

Perkenalan

TrenTech.id ada sebuah publishing media yang bergerak dibidang teknologi, startup, games, event, hingga karir yang berhubungan dengan dunia digital. Konten yang kami tulis di dalam website memang sangat selektif sekali, karena memang kami sangat mengutamakan kualitas dari konten tersebut. Kamu dapat bergabung menjadi kontributor TrenTech.id dengan cara klik DAFTAR

 

Berikut ini cara menulis di Trentech.id:

Login terlebih dahulu, jika belum punya akun silakan mendaftar di https://trentech.id/profile/register

Panduan Trentech

 

Syarat wajib menulis konten di Trentech.id:

  1. Buat judul semenarik mungkin.

  2. Masukan gambar pendukung kamu .

  3. Tulisan minimal 100 kata asli gaya tulisan kamu, jika ada penulisan kata dalam bahasa inggris wajib di miringkan (italic).

  4. Apabila ada referensi terkait bahasan konten kamu, sangat disarankan ditautkan URL nya.

  5. Upload foto thumbnail atau featured image, gambar ini berfungsi untuk menampilkan gambar kecil di halaman beranda atau utama Inwepo disetiap artikel.

  6. Pilih kategori sesuai yang kamu buat.

  7. Isi nama tags berdasarkan judul dan isi artikel.

  8. Langkah terkahir pilih Submit untuk mempublikasikan tulisan untuk menyimpan artikel.

 

 

TIPS MEMBUAT KONTEN YANG MENARIK

Kamu tentu ingin membuat konten yang menarik minat banyak orang dan memancing banyak komentar. Bagaimana caranya? Berikut adalah tip yang bisa kamu ikuti.

Topik kontroversial – Perlu diakui, dan secara alami, konten yang ramai dikunjungi dalam situs kami adalah konten kontroversial. Topik ini mengangkat sebuah isu yang ramai diperbincangkan, dan tidak jarang mengajukan sebuah opini terhadap kepercayaan orang lain.

Contoh: Nasib Pokemon Go Di Ujung Tanduk

Analisis – Banyak sekali topik menarik di dunia startup, teknologi, dan game. Analisis memberikan kita pandangan lebih mendalam, dan baru terhadap industri tersebut.

Contoh: Pantaskah Sebuah Smartphone Dibanderol Lebih dari Rp 10 juta?

Pertanyaan kasual atau meminta pendapat – Konten yang terbukti menarik dan ramai adalah ketika kamu melontarkan pertanyaan kasual atau meminta pendapat di dalam platform Trentech.id. Namun, jangan sekadar bertanya saja. Pastikan kamu juga telah mengemukakan alasan di balik munculnya pertanyaan itu.

Contoh: Kasih Ide Yuk untuk GO-JEK Agar Tidak Terus Diserang Aksi Premanisme

How To – Tipe konten lain yang berpotensi menarik adalah kumpulan tip atau petunjuk. Konten ini memberikan saran dan panduan untuk orang-orang pada topik yang beragam dan tentu saja berhubungan dengan startup, teknologi, atau game.

Contoh: Tip dan Trik Menggunakan Promo GO-JEK, GrabTaxi, dan UBER di Jakarta (Agustus)

Pengalaman pribadi – Kebanyakan korporasi atau startup ingin menerbitkan press release mereka pada seberapa hebat perusahaan/startup atau produk mereka.

Kenyataannya adalah, tidak ada yang suka membaca hal itu dan biasanya dilebih-lebihkan (bahkan perusahaan terbaik di dunia pun tidak mengklaim bahwa mereka terbaik).

Orang-orang ingin membaca kisah inspiratif. Mereka tidak ingin membaca sebuah press release. Kamu bisa mengolahnya dengan gaya bahasa sendiri.

Contoh: Ditolak 30 Investor, Inilah 4 Pelajaran Penting yang Saya Dapat

 

Hal-hal unik lainnya – Tentu saja, kami senang bereksperimen dengan konten. Artinya, kami selalu mendukung berbagai jenis konten baru.

Contoh: Mari Bermain: Tebak Sepuluh Game Android Ini Hanya dari Screenshot