fbpx
Trentech.id

Kamu Tidak Perlu Marah, Inilah Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends

Merasa kalau ponselmu mengalami lag sata bermain Mobile Legends karena speknya yang kurang bagus? Atau dengan HP yang kamu rasa sudah bagus tapi masih lag juga? Jangan khawatir, kamu nggak perlu marah-marah lagi saat bermain dengan menyimak tips mengatasi lag di Mobile Legends ini.

Sebelumnya perlu kamu perhatikan kalau tips ini diluar koneksi yang buruk, jadi pastikan untuk memiliki koneksi yang stabil terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi lag di Mobile Legends:

Jangan Update Software Apapun

Sumber: The Droid Guy

Ternyata dengan mengupdate software apapun, itu akan membuat HP kita menjadi berat sehingga bermain game juga menjadi lag. Contoh software yang biasa minta update adalah MIUI dari ponsel Xiaomi. Kamu tidak perlu mengupdate software tersebut jika kamu lebih sering menggunakan HP untuk gaming.

Dengan mengupdate aplikasi, memori HP akan menjadi semakin penuh dan membuatnya semakin lemot. Untuk mematikan update yang berjalan secara otomatis, kamu perlu buka Google Play Store, lalu pilih setting, kemudian pilih auto-update apps. Setelah itu pilih “do not auto-update apps” atau jangan otomatis update aplikasi.

Selain settingan dari Google Play Store, kamu juga bisa pilih settingan software pada menu About Phone atau tentang ponsel. Setelah itu pilih menu Auto Update dan hilangkan tanda centangnya. Ini akan membuat ponsel menghentikan update otomatis yang biasa berjalan.

Jika sudah terlalu banyak data yang membuat ponselmu jadi parah banget, hapus saja semua datanya dengan menggunakan Factory Reset pada menu Back Up dan Reset sehingga ponsel jadi menggunakan settingan pabrik. Namun sebelumnya centang dulu menu Back up my data sehingga datamu akan disimpan dengan aman.

  Inilah 10 Game Offline Terbaik dan Terbaru

Hapus Semua Cache

Sumber: AndroidPIT

Cache adalah semacam temporary file yang membuat kita bisa membuka kembali aplikasi yang sebelumnya telah dibuka dengan cepat. Setiap file yang kita buka akan menghasilkan cache.

Memang ini cukup membantu sistem kerja ponsel, namun jika kebanyakan ini juga akan menghasilkan lag yang membuat HP menjadi berat sehingga gaming menjadi tidak nyaman.

Cara untuk menghapus cache adalah dengan memilih menu aplikasi manajer, kemudian pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya. Biasanya pada kebanayakan ponsel Android zaman now telah diberikan fitur yang bisa menghapus semua cache yang ada sekaligus. Jadi kamu tidak perlu capek-capek menghapusnya satu-persatu.

Bersihkan RAM

Sumber: YouTube

RAM penuh juga merupakan hal yang membuat gaming menjadi lemot. Sebelum bermain Mobile Legends, pastikan dulu untuk membersihkan RAM pada ponselmu dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan. Terkadang mungkin kita hanya meminimize aplikasi tanpa menutupnya sehingga itu masih mengkonsumsi penggunaan RAM.

Dengan membersihkannya, ponsel akan terbebas dari lag dan kamu bisa dengan tenang memainkan Mobile Legends. Maniac atau Savage tidak akan sulit diraih dengan bermain di HP yang terhindar dari lag.

Ubah Graphics

Setting Mobile Legends untuk Pemula 1

Settingan juga sangat mempengaruhi lag atau tidaknya ponselmu saat digunakan untuk bermain Mobile Legends. Dengan settingan yang rendah, kamu tidak akan mengalami lag saat pertandingan berlangsung. Pada menu Basics, matikan high frame rate mode dan juga ubah graphics menjadi low.

Perhatikan Ping

Sumber: YouTube

Ping adalah suatu perintah pada command prompt yang berfungsi untuk tes, apa jaringan terhubung atau tidak. Ping dapat juga berarti program dasar yang mengijinkan satu pengguna untuk memverifikasi bahwa alamat protokol internet tertentu ada dan dapat menerima permintaan-permintaan.

  Inilah 10 Game Offline Terbaik dan Terbaru

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dari ping yang bermasalah.

Langkah 1: Jika kamu menggunakan mobile data, periksa aktifitas di background-mu sebelum maju lebih jauh. Kamu bisa menutup berbagai aplikasi media sosial yang tidak terpakai seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, atau LINE karena itu juga bisa berpengaruh pada ping.

Langkah 2: Jika kamu menggunakan wifi, pastikan kalau tidak ada orang lain yang juga menggunakan koneksimu. Ini akan sangat mengganggu, terutama jika ia sedang menjalankan download.

Langkah 3: Pastikan kalau perangkat yang kamu gunakan sudah memenuhi persyaratan minimum untuk bermain Mobile Legends. Jika belum, segera update Google Play Store dan Google Play Games milikmu ke versi yang terbaru.

Langkah 4: Mungkin kamu mempunyai koneksi yang sangat bagus, namun masih menghadapi lag. Untuk mengetahui tentang masalah ini, kamu bisa mendownload aplikasi yang bernama Ping. Aplikasi ini berlaku di Android dan iOS dan bisa kamu download pada link di bawah ini.

Ping: Android
Ping: iOS

Langkah 5: Buka aplikasi Ping tersebut dan cek ping dari beberapa website karena sebelum menyalahkan masalah server di Mobile Legends, kita harus pastikan apakah ping yang kita punya itu bagus. Untuk mengetauinya cobalah tes ping pada google.com dan mobilelegends.com.

Kita pilih Google karena itu adalah mesin pencarian terbesar dengan ketepatan waktu server sebesar 99.99%. Bandingkan dengan server Mobile Legends apakah sama bagusnya atau tidak. Di aplikasi tersebut klik on host dan ketik www.google.com atau www.mobilelegends.com, kemudian klik start.

Setelah itu kamu akan melihat balasan dari server yang menunjukkan kalau itu adalah ping yang kamu miliki. Coba cek apakah ping stabil atau tidak. Jika angkanya menunjukkan perubahan besar seperti 80ms, 200ms, 90ms, 300ms, maka ping-mu tidak stabil. Namun jika menunjukkan angka 80ms, 82ms, 90ms, 92ms, maka koneksimu stabil.

  Inilah 10 Game Offline Terbaik dan Terbaru
Sumber: YouTube

Langkah 6: Selanjutnya adalah pastikan kalau kamu sudah mendownload semua data yang ada di dalam game. Caranya dengan pergi ke setting ke pojok kanan atas layar lalu pilih Network Detection. Setelah itu pilih Detect dan tunggu sekitar 2-3 menit. Setelah waktunya tiba, kamu akan mendapatkan hasil dari itu. Hijau berarti bagus sedangkan merah berarti buruk.

Jika kamu masih mengalami lag setelah melakukan ini, pergi ke setting, Network Detection, Resource Check dan pilih tombol check. Setelah beberapa detik, hasilnya akan muncul. Jika kamu mengalami error, coba untuk clear cache gamenya. Dengan begitu semua data akan yang didownload akan menjadi normal.

Dengan mengikuti semua langkah diatas tadi, sekitar 90% pengguna berhasil mengatasi masalah lag mereka. Walaupun begitu, ini tidak menjamin kalau kita semua bisa mendapat ping yang bagus.

Dengan ping yang bagus, itu berarti kamu tidak perlu khawatir lagi dengan koneksi yang buruk karena itu sudah bisa mengatasi lag di Mobile Legends. Bermain Ranked Match pun akan menjadi tenang dan kamu bisa berfokus pada pertandingan.


Itu tadi tips untuk mengatasi lag di Mobile Legends. Dengan ini kamu bisa lebih mudah untuk mencapai rank Legends. Jangan lupa juga untuk memastikan koneksi aman. Jika kamu pikir ini cukup membantu, silahkan bagikan ke teman-temanmu agar mereka juga terbebas dari lag. [ts/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements