fbpx
Trentech.id

Inilah Mengapa Bahasa Pemrograman C Dinamakan Bahasa C

Siapa yang tidak kenal dengan Bahasa Pemrograman C, Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling populer sejak keberadaannya 44 tahun silam. Diciptakan oleh seorang programmer amerika terkenal yaitu Dennis Ritchie – Dengan dibantu oleh Ken Thompson ketika bekerja di lab Bell. Banyak dari kita mungkin bertanya-tanya mengapa bahasa pemrograman ini dinamai dengan satu huruf alphabet dan mengapa C bukan huruf yang lain. Bagaimanapun kita akan tetap mempertanyakan nama dari bahasa pemrograman jika menggunakan huruf yang berbeda.

Penamaan bahasa pemrograman C tidak serta merta terkait dengan kisah fiksi garing seperti kisah penguin Tux milik Linux. Diceritakan Linus Trovalds. Sang pencipta Linux, yang mengontrak seorang penguinitis mengejar penguin pemakan manusia yang lari 100 mil perjam yang telah menyerangnya.

Karena C datang setelah B

Alaasan mengapa bahasa pemrograman ini dinamakan C oleh pembuatnya karena bahasa ini lahir setelah adanya bahasa pemrograman B. Sebelumnya, Bell Labs sudah memiliki bahasa pemrograman yang disebut B. Bahasa B merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diciptakan oleh Thompson. Bahasa itu sendiri merupakan implementasi dari bahasa pemrograman BCPL yang didesain oleh Martin Richards dari Universitas Cambridge.

Operasi sistem Unix aslinya merupakan ciptaan Ken Thompson di lab Bell. Dennis Ritchie dan yang lainnya saat itu mengimplementasikan pada PDP-7 komputer (dibuat oleh Digital Equipment Corporation di tahun 1965) menggunakan bahasa Assembly. Selanjutnya Unix di porting ke PDP-11 menggunakan bahasa Assembly tetapi para developer berfikir tentang menulis ulang menggunakan bahasa B.

Singkat kata bahasa pemrograman B jatuh, tidak mampu lagi memanfaatkan fitur yang ditawarkan oleh PDP seri terbaru. Saat PDP-11 hadir, saat itulah Dennis Ritchie mulai bekerja membangun bahasa pemrograman tingkat tinggi baru dengan memanfaatkan petunjuk yang didapatkan bahasa B. Bahasa C memiliki pengaruh yang besar pada operasi sistem Unix. Faktanya memang sebagian besar Operasi Sistem Unix termasuk bagia besar dari kernel yang sekarang tersedia dalam bahasa C.

Bahasa C telah mengalami perkembangan dari waktu kewaktu sejak pertama kali di rilis. Alasan inilah yang menjadikan bahasa pemrograman C saat ini menjadi kurikulum di banyak sekolah di dunia dan menjadi rangking 2 bahasa pemrograman terpopuler. Bahasa C pun turut menginspirasi bahasa pemrograman lainnya seperti C++, C#, Java, PHP dan lainnya. [cp/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements