fbpx
Trentech.id

5 Tips Membuat Website Nirlaba yang Banyak Pengunjungnya

membuat website nirlaba

Mencapai perhatian dan minat pengunjung ke situs Anda, berkat tampilan visual yang menarik dan ergonomi yang baik, sangat penting untuk membuat mereka ingin tetap berada di situs Anda.

Menangkap minat pengunjung baru dan mendorongnya untuk menjelajahi situs ini sangat penting bagi organisasi nirlaba karena mereka sering menjual ide, bukan produk nyata. Mengkomunikasikan tujuan misi dan nirlaba Anda memerlukan pertimbangan cermat terhadap faktor visual yang akan membuat pengguna di situs Anda cukup lama untuk menyerap pesan Anda.

Artikel ini berfokus pada lima tip dasar untuk membantu pembangun situs asosiasi dan yayasan menciptakan situs web yang menarik secara visual. Kiat ini bukan wahyu baru yang menghancurkan dan bisa diterapkan ke hampir setiap situs. Namun, berhasil menerapkan tip ini dapat memperbaiki situs web Anda, meningkatkan lalu lintasnya dan karena itu meningkatkan visibilitas aktivitas asosiatif Anda.

1. Buat Home Page yang Bebas Beban Untuk mendorong Eksplorasi

Home page berantakan yang dipenuhi terlalu banyak teks atau terlalu banyak grafis bisa mengusir para pendonor potensial. Hal ini akan menjadi kesan pertama yang dimiliki pengguna terhadap struktur Anda. Ini tidak boleh dirancang secara acak hanya untuk memiliki kehadiran di web. Sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan gagasan penggalangan dana untuk organisasi nirlaba lainnya, merekomendasikan “… untuk kesederhanaan dan kejelasan dalam desain. Harus menarik, menawan, tapi tidak berantakan. ”

  Ketahui Bahasa Pemrograman Apa yang Paling Tidak Disukai

Memiliki logo akan memperkuat struktur Anda atau berfungsi sebagai pengingat akan penyebabnya membuat situs menjadi berkesan. Identifikasi visual melalui logo adalah bagian dari pengalaman emosional yang dialami pengguna saat berhubungan dengan organisasi Anda. Penciptaan logo merupakan investasi dan harus menjadi item anggaran dengan prioritas tinggi. Idealnya, logo yang mengacu pada organisasi nirlaba harus segera dikenali, membangkitkan dan mentransmisikan nirlaba atau misi Anda, dan tetap berlaku dalam berbagai mode warna atau presentasi.

3. Buat Grafik-Grafik yang Koheren

Pemeliharaan elemen visual berulang di situs web memungkinkan penyatuan situs dan mempermudah navigasi. Bantu konsistensi dengan memilih warna dan font yang melengkapi identitas asosiasi atau yayasan Anda dan pastikan semuanya tersimpan di semua halaman. Mempertahankan koherensi visual di situs ini dan mencontohnya di semua media informasi dan komunikasi Anda yang lain akan memperkuat identitas organisasi Anda. Tema visual harus mencerminkan budaya organisasi dan pada saat yang sama ditargetkan untuk menarik donor, sukarelawan, dan pendukung yang ingin Anda jangkau.

4. Buat Kehadiran Audiovisual

Video menarik yang menceritakan sebuah cerita membantu menarik perhatian pengguna internet. Sekalipun situs Anda bisa eksis tanpa video, ini akan membawa dia aset yang pasti. Membuat video semacam itu bisa mahal jika dilakukan secara profesional. Tapi, bisa juga dilakukan dengan menggunakan kamera sederhana dengan minimal editing, tentunya tampilan yang kurang dipoles tapi yang akan sangat memuaskan fungsinya dicari: beritahu misi anda dalam gambar. Keuntungan tidak akan diukur hanya dengan jumlah kunjungan ke situs web. Video yang dibuat dengan baik dapat memperluas kegunaannya di luar situs itu sendiri sebagai inti dari upaya komunikasi nirlaba Anda.

  Selagi Masih Muda, Coba Kuasai 5 Software Ini

5. Buat Ikatan Emosional Dengan Menggunakan Foto Untuk Menceritakan Sebuah Cerita

Menggunakan foto statis atau berputar membantu menempatkan wajah pada relawan, penerima, dan donor. Hindari foto yang bisa digunakan di tempat lain karena foto Anda perlu memperkuat citra Anda dan bukan sembarang orang. Tidak seperti video, tetap saja, gambar memungkinkan pengguna untuk fokus pada momen tertentu pada waktunya, memungkinkan kontemplasi dan menciptakan tautan yang langgeng

Membuat situs nirlaba yang menarik secara visual tidak memerlukan anggaran yang signifikan. Namun, memperbaiki situs Anda, jika anggaran Anda mengizinkannya, adalah tujuan yang mungkin memerlukan biaya. Pertimbangkan beberapa tip berikut ini sebagai titik awal untuk membantu Anda mengevaluasi situs web Anda yang ada dan cara yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki bagaimana Anda menceritakan kisah nirlaba Anda dengan visual yang menarik. [tnw/rs]

Berikan rating

Riski Saputra

Kontributor Bisnis Trentech.id

Please Login to comment