Trentech.id
No Result
View All Result
Login / Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result

4 Kiat Mengetahui Efektivitas Media Sosial untuk Brand yang Kamu Kelola

19 January 2018
in Business
4 Kiat Mengetahui Efektivitas Media Sosial untuk Brand yang Kamu Kelola
1.3k
VIEWS

Daftar Isi

  • Waktu yang paling tepat untuk melakukan engagement
  • Pantau perkembangan follower
  • Ketahui demografis audiensmu
  • Mengetahui reaksi follower
Berikan rating

Teknologi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan kita, termasuk cara kita berinteraksi dengan orang lain. Berkat kehadiran media sosial, kita dapat menggunakan internet untuk mengenal lebih banyak teman atau rekanan bisnis baru, serta menjangkau orang-orang dari seluruh penjuru dunia dengan lebih mudah.

Saking besarnya, media sosial kini menjadi sebuah tool menarik yang dilirik oleh banyak perusahaan untuk menjaring pasar lebih luas. Tetapi kemudian muncul pertanyaan, apakah media sosial bisa benar-benar bekerja dengan brand yang kamu kelola? Bagaimana kamu dapat mengetahui efektivitas dari peranan media sosial tersebut?

 

Meski media sosial dapat dimanfaatkan untuk jenis bisnis apa pun, mungkin kamu bertanya-tanya tentang metrik apa saja yang perlu menjadi sorotan utamamu. Kamu perlu tahu dulu apa saja yang patut diperhatikan di media sosial, sebelum membuat strategi atau campaign untuk menggaet audiens di dunia maya.

Seperti apa brand yang kamu kelola di mata warganet? Berapa banyak orang yang membicarakan brand, perusahaan, produk, atau layanan yang kamu tawarkan? Kapan waktu yang tepat untuk berinteraksi dengan mereka? Beberapa hal berikut akan membantumu untuk mengetahuinya.

 

Waktu yang paling tepat untuk melakukan engagement

Walau beberapa media sosial telah menerapkan linimasa yang tidak bersifat kronologis (bukan berdasarkan urutan waktu), tetap saja kamu tidak akan membuat sebuah konten yang bernuansa kemerdekaan RI di awal tahun seperti ini, bukan?

Mengetahui waktu yang tepat ketika pengguna sedang berinteraksi dengan brand kamu di media sosial adalah sangat penting. Hal ini akan membantumu menyusun strategi, sehingga kamu dapat membuat sebuah konten relevan dengan momen yang sedang terjadi.

Manfaatkan momen-momen yang akan terjadi sepanjang tahun, seperti hari raya dan perayaan-perayaan nasional ataupun internasional. Ini akan membantumu untuk turut serta dalam keramaian yang sedang terjadi.

Manfaatkan setiap momen yang menurutmu layak dan perlu untuk dibahas agar kamu mendapatkan interaksi dari audiens.

Saat Piala Dunia sedang berlangsung, tak ada salahnya kamu membuat konten atau post yang berkaitan dengan perhelatan tersebut. Kamu juga bisa memanfaatkan momen lainnya seperti Hari Ibu, Hari AIDS sedunia, Hari Anak, dan lain sebagainya.

Kamu dapat memanfaatkan momen akhir pekan untuk memberikan konten-konten ringan seperti bacaan inspirasional, tip liburan, atau sekadar menanyakan kepada audiens persiapan apa yang mereka lakukan untuk menyambut kembali hari Senin. Manfaatkan setiap momen yang menurutmu layak dan perlu untuk dibahas agar kamu mendapatkan interaksi dari audiens.

Panel analytics pada media sosial juga dapat membantumu mengetahui waktu yang efektif untuk mengunggah konten. Beberapa cara untuk mengakses tab ini di berbagai media sosial antara lain:

  • Facebook: klik tab Insights yang ada pada profil, kemudian klik Posts di navigasi kiri layar.

  • Instagram: tap ikon Insights (berbentuk diagram batang) pada bagian kanan atas layar profil, tap See More pada bagian Followers, scroll ke bagian bawah, dan tap pada Hours atau Days di bagian Followers.

  • Twitter: klik ikon profil di kanan atas layar, pilih Analytics dan klik Tweets pada bagian atas layar.

Data pengguna ini dapat kamu gunakan untuk menyusun konten yang tepat, pada waktu yang tepat.

 

Pantau perkembangan follower

Semeriah apa pun akun media sosial brand yang kamu kelola, tidak akan berarti apa-apa jika jumlah follower tidak bertambah. Semakin banyak follower dan page like yang kamu miliki, semakin besar pula dampak yang akan kamu hasilkan dari tiap konten atau post yang kamu buat.

Kamu harus membuat sebuah konten yang menarik agar audiens tidak segan membagikannya.

Idealnya, kamu harus menambah jumlah dari follower dan page like secara berkala. Hal ini dilakukan agar seluruh konten yang kamu sajikan dapat bekerja secara efektif sebagai wahana promosi dan pemasaran yang menjangkau banyak pihak. Agar hal ini dapat memungkinkan, kamu harus membuat sebuah konten yang menarik agar audiens tidak segan membagikannya dan mendapatkan respons dari pengguna baru.

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang follower pada akun media sosial yang kamu kelola, cara yang dapat kamu lakukan pada beragam media sosial antara lain:

  • Facebook: akses menu Followers atau Likes di panel Insights yang ada pada bagian atas profil brand.

  • Instagram: akses lewat menu Insights, yang berada di pojok kanan atas layar profil bisnis yang kamu kelola—ini dengan asumsi bahwa akun brand yang kamu kelola telah kamu ubah tipenya menjadi profil bisnis.

 

  • Twitter: kunjungi halaman Twitter Analytics untuk mengetahui tren dan statistik dari follower milikmu. Lakukan dengan mengakses ikon profil di kanan atas profil dan pilih Analytics.

Ketahui demografis audiensmu

Selain untuk dapat mengetahui dari mana saja audiensmu berasal, kamu juga akan membutuhkan data untuk membuat konten yang cocok untuk mereka. Apabila mayoritas pengguna masuk pada golongan millennial (berusia antara 20-35 tahun), buatlah konten yang segar dan dinamis.

Sebaliknya, apabila kebanyakan penggunamu adalah mereka yang tergolong lanjut usia, buatlah agar konten tersebut dapat dicerna dengan mudah serta langsung ke pokok pembahasan. Jangan sampai kamu membuat konten yang memanfaatkan meme, sementara mayoritas audiens kamu adalah para orang tua.

Selain untuk membuat konten, data infografis ini dapat kamu gunakan untuk membuat sebuah iklan yang tepat sasaran. Harapannya, tidak akan ada lagi anggaran iklan yang terbuang percuma, karena kamu telah mengetahui betul siapa yang akan melihat iklan di akun media sosial milikmu.

Untuk mengetahui demografis audiens, langkah yang perlu kamu lakukan adalah:

  • Facebook: akses menu Insights pada profil brand, kemudian klik People untuk mengetahuinya.

  • Instagram: sentuh ikon Analytics di pojok kanan profilmu, kemudian tappada See More di bagian Followers.

  • Twitter: akses menu Analytics di analytics.twitter.com kemudian klik Brand Hub dan Audience insights.

Mengetahui reaksi follower

Mengukur bagaimana audiens merespons konten yang kamu bagikan adalah bagian yang penting dari sebuah strategi marketing. Metrik ini akan membantumu mengetahui apakah audiens menyenangi konten yang kamu bagikan atau tidak.

Apabila konten yang kamu buat hanya berhasil di beberapa topik saja, coba alihkan konten yang kurang efektif tersebut dari kalender editorial media sosial dan unggahlah di kanal yang berbeda. Ini dilakukan dengan harapan agar konten tersebut dapat diterima oleh audiens yang ada di kanal lainnya.

Facebook menyediakan fitur yang lebih komprehensif untuk mengetahui reaksi audiens dibanding dengan media sosial lainnya. Yang perlu kamu lakukan adalah:

  1. Masuk ke halaman Insights
  2. Klik Posts, lalu geser ke bagian bawah dan temukan daftar post yang pernah kamu buat.
  3. Klik salah satunya untuk mendapatkan insight yang lengkap dari masing-masing post.

Twitter dan Instagram tidak memiliki tool selengkap Facebook, karenanya untuk dapat mengecek respons dari pengguna, kamu dapat melihat langsung reply/mention serta kolom komentar dari tiap post. Selain itu, jumlah like/loveyang kamu terima dari sebuah post juga dapat menjadi patokan melihat apakah sebuah post memang menarik atau tidak.

Untuk dapat memaksimalkan fungsi media sosial sebagai wahana untuk meningkatkan kualitas brand yang kamu kelola, terlebih dahulu kamu harus mengenal betul siapa audiens yang kamu hadapi. Dengan menyajikan konten yang tepat di waktu yang tepat, audiens akan merasa bahwa mereka dapat memperoleh nilai tambah tersendiri ketika melihat postbaru darimu.

Kamu memiliki tip lain tentang memaksimalkan efektivitas media sosial untuk brand? Bagikan kepada kami di kolom komentar! [rs/tia

]
Tags: facebookinstagrammanagement sosial media perusahaansosial mediatwitter
Riski Saputra

Riski Saputra

Kontributor Bisnis Trentech.id

Related Posts

fitur baru instagram

Makin Keren! Ini 4 Fitur Instagram Terbaru 2022 yang Perlu Kamu Coba

18 June 2022
1.4k

Instagram masih menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan di dunia. Instagram banyak digemari oleh semua kalangan, dari...

apa itu whatsapp business cloud api

Meta Resmi Memperkenalkan WhatsApp Business Cloud API

22 May 2022
1.4k

WhatsApp adalah aplikasi obrolan paling populer di dunia. Memiliki pengguna loyal yang sangat banyak di seluruh dunia. WhatsApp digunakan tidak...

twitter circle

Fitur Baru, Begini Cara Gunakan Twitter Circle yang Mirip dengan Fitur Close Friend IG

11 May 2022
1.4k

Twitter terus mengembangkan berbagai fitur untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Usai dibeli oleh Elon Musk, kali ini Twitter meluncurkan...

Terpopuler

  • tidak bisa akses whatsapp

    Cek Deretan HP yang Tak Bisa Lagi Akses WhatsApp di Tahun Ini

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • 8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    404 shares
    Share 161 Tweet 101
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    191 shares
    Share 76 Tweet 48
  • Pakai Sensor RGBW Pertama di Dunia, Cek Spesifikasi Tecno Camon 19 Pro

    110 shares
    Share 44 Tweet 28
  • Inilah Kumpulan Co-Working Space di Jakarta yang Wajib Kamu Coba

    124 shares
    Share 50 Tweet 31
  • Cara Ampuh Market Validation untuk Melakukan Validasi Ide Startup

    156 shares
    Share 62 Tweet 39
  • Google Buat Email Lebih Dinamis Dengan AMP Untuk Email

    120 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Manfaat Belajar Bahasa Pemrograman untuk Kehidupan

    140 shares
    Share 56 Tweet 35
  • Pengertian Valuasi Startup dan Cara Hitungnya pada Tahap Awal Bisnis

    133 shares
    Share 53 Tweet 33
  • Inilah 15 Skin Paling Keren di Mobile Legends

    124 shares
    Share 50 Tweet 31

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Login / Register

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
Forgot Password?
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.