fbpx
Trentech.id

Intip Strategi Jitu Toyota Ciptakan Mobil Khusus Disabilitas

Toyota Concept i-Ride (Tempo.co)

Konsep Mobil bertenaga listrik dengan inovasi terbaru ini telah dirancang khusus untuk membantu aktivitas penyandang disabilitas

Para pabrikan mobil sekarang ini sedang adu berkompetisi untuk menciptakan mobil dengan memiliki tingkat kecanggihan yang menakjubkan dan desain yang keren agar dapat memikat hati konsumen. Hal ini sangat berbeda jika kita lirik ke salah satu pabrikan mobil asal Jepang ini, yaitu Toyota, pihak Toyota baru saja meluncurkan sebuah mobil dengan memiliki tenaga listrik yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas yang belum lama ini ditampilkan dalam ajang Tokyo Motor Show 2017 silam yang diberi nama Concept i-Ride.

Toyota Concept i-Ride memiliki varian 2 type (Republika.co.id)

Selama ini, pabrikan mobil asal negara teknologi ini memang tidak pernah absen dalam berpartisipasi untuk bersaing di dunia industri otomotif dunia dengan mengandalkan inovasi terbaru dan kreatifitas yang unik. gebrakan inovasi demi inovasi selalu dilakukan hingga tak heran jika perusahaan ciptaan Kiichiro Toyoda ini selalu bertengger pada posisi di paling atas dalam daftar brand terlaris.
Toyota memiliki kepercayaan diri yang penuh dalam mengenalkan Concept i-Ride pada ajang Tokyo Motor Show 2017 beberapa waktu yang lalu. Mobil ini sengaja dirancang dengan memiliki konsep untuk membantu kaum disabilitas agar lebih mudah ketika ingin memasuki mobil ini. Hal tersebut didukung dengan ruang kursi roda yang terletak pada bagian roda belakang. Tentu saja, hal ini merupakan salah satu Concept i-Series yang telah dijanjikan oleh pihak Toyota untuk segera diluncurkannya dalam beberapa tahun mendatang.

Berikut ini penjelasan secara singkat bagaimana kecanggihan dari mobil ini untuk para penyandang disabilitas:

#1 Penggunaan “Joystick” Untuk Pengendali Mobil

Penggunaan Joystick sebagai pengendali mobil (Source: Leftlanenews.com)

Mempunyai konsep dengan tampilan yang cukup menarik perhatian ini menggambarkan sebuah konsep selayaknya mobil yang ada dalam film Tron dan Robocop. Selain itu, keunikan lainnya yang terdapat pada mobil ini adalah tidak adanya sebuah roda kemudi seperti mobil pada umumnya, sehingga untuk mengemudikannya, si pengendara hanya menggunakan sebuah “joystick” sebagai alat pengendaliannya. Hal ini juga yang membuktikan bahwa Toyota memiliki kreatifitas dan inovasi yang unik. Dalam hal pengembangan mobil ini, Toyota memiliki alasan yang cukup baik dikarenakan tidak adanya roda kemudi ini sehingga menjadikan kabin i-RIde pada mobil ini terasa lapang sehingga pandangan dari seseorang penumpang menjadi terbuka dan lebih luas ke depan.

#2 Penggunaan Kursi yang Fleksibel dan Bisa Digeser

Letak Jok kursi diposisikan secara diagonal demi mendapatkan ruang yang lebih lapang (Source: Kumparan.com)

Tujuan dalam perancangan konsep mobil seperti ini untuk digunakan para penyandang disabilitas, dengan melakukan penerapan pintu gullwing menjadi salah satu pemikiran yang inovatif untuk memudahkan akses masuk penumpang. Dari pertama dilakukan pengonsepan, sebenarnya letak jok pengemudi telah diposisikan di tengah jika tidak ada penumpang. Namun, ketika ada penumpang lain, maka jok kursi nya itu dapat diposisikan secara diagonal demi mendapatkan ruang yang lebih luas dan lapang.

#3 Memiliki Fitur Artificial Intelligence Untuk Memudahkan Pengemudi dalam Kesulitan Parkir

Penggunaan Fitur Artificial Intelligence tak lupa disematkan pada mobil ini (Source: palingbaru.com)

Seperti Tren mobil “Jaman Now” lainnya, mobil konsep ini memiliki pendukung teknologi kecerdasan buatan atau yang biasa dikenal dengan Artificial Intellegence (AI). Teknologi AI ini disematkan oleh Toyota dengan tujuan dijadikan sebagai alat bantu yang sangat berguna dalam berkendara. Teknologi ini dapat membantu pengemudi yang sulit memarkirkan kendaraanya. Teknologi tersebut akan mengambil alih sehingga pengemudi yang memiliki keterbatasan dapat berkendara dengan lebih baik dan aman.

Salah seorang Business Development dari Carsome Indonesia yang menjadi salah satu perusahaan yang bergerak di bidang otomotif ini yang juga berperan dalam dunia teknologi inovasi sebagai platform penjualan mobil secara online, mengutarakan pendapatnya bahwa inovasi terbaru ini sangatlah menarik perhatian guna memicu perkembangan teknologi otomotif khususnya di Indonesia. Pendapat ini juga disampaikan sekaligus dengan memiliki harapan bahwa mobil ini dapat dipasarkan di Indonesia dan dapat berguna untuk penumpang yang memiliki kebutuhan secara khusus atau penyandang disabilitas.

Menggunakan Teknologi Inovasi dan Kreatifitas yang Unik (Autoexpress.co.uk)

WOW! Teknologi yang disematkan pada mobil ini tentunya akan berguna sekali untuk para penyandang disabilitas yang ingin berkendara dalam menjalankan segala aktivitasnya. Bagaimana pendapat kamu?

Source: www.carsome.id

Karen natalia

Karen natalia

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments