Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Mana yang Efektif? Beriklan di Televisi versus Facebook

14 April 2017
in Business
Mana yang Efektif? Beriklan di Televisi versus Facebook
1.4k
VIEWS
Berikan rating

Konsumsi masyarakat ketika memasuki bulan suci Ramadan biasanya melonjak lebih tinggi dibanding bulan-bulan lainnya. Tingginya permintaan dari pasar membuat banyak perusahaan berlomba-lomba mempromosikan produk masing-masing melalui berbagai cara.

Salah satu cara mempromosikan produk yakni melalui tayangan iklan televisi. Televisi menjadi idola bukan hanya karena jangkauannya yang luas, namun juga karena saat bulan puasa dan menjelang Lebaran banyak orang yang menonton televisi.

Baca lagi

Centang Biru Berbayar di Facebook dan Instagram: Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Meta Resmi Memperkenalkan WhatsApp Business Cloud API

Begini Langkah Mudah Mengamankan Akun Instagram dari Serangan Hacker

Menurut Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati, meski banyak orang menonton televisi saat bulan suci Ramadan dan Lebaran, 95 persen dari mereka melihat konten di media lain. “Dua dari tiga orang yang menonton televisi, mereka juga memainkan mobile phone. Hingga 95 persen dari mereka melihat konten lain,” kata Widowati.

Iklan TV | Ilustrasi

Facebook punya tool lebih lengkap

Perilaku masyarakat yang gemar menggunakan perangkat mobile, baik saat bulan puasa maupun bulan-bulan lainnya, pada akhirnya membuka peluang bisnis baru. Misalnya beriklan di media sosial seperti Facebook.

Saat ini Facebook mengklaim telah memiliki 93 juta pengguna di Indonesia. Sebanyak 89 juta pengguna di antaranya mengakses situs milik Mark Zuckerberg ini melalui perangkat mobile.

Selain memiliki banyak pengguna yang mengakses lewat perangkat mobile, Widowati menjelaskan pihak Facebook memberikan pilihan target bagi perusahaan yang ingin beriklan sehingga bisa lebih spesifik dan efisien. Nantinya, materi iklan akan ditayangkan di lini masa milik para pengguna yang termasuk dalam target tersebut.

“Dan ini yang membuat platform kita menarik. Kita menargetkan orang. Kalau di televisi, (target) ibu-ibu usia 25-35 tahun, semuanya kena. Kalau di Facebook, kita bisa bilang (target) di perumahan ini atau di lingkungan seperti ini,” paparnya.

Satu iklan juga bisa disesuaikan dengan daerah setempat agar relevansinya lebih tinggi. Sebagai contoh, sebuah materi iklan bisa menggunakan bahasa Sunda jika ditayangkan di daerah Bandung. “Itu bisa kita lakukan karena kita menargetkan berdasarkan orang. Ini salah satu kelebihan platform kita, ada algoritme yang membantu melakukan penargetan tersebut,” ucap Widowati.

How to monetize from ads without compromising user experience? | Featured

Televisi masih penting

Facebook mengklaim pihak yang memasang iklan di platformnya bisa memasang target lebih terukur ketimbang beriklan di media lain. Namun keunggulan ini tak serta-merta membuat beberapa perusahaan meninggalkan media lain dan beriklan sepenuhnya melalui media digital.

Seperti NutriSari misalnya. Merek minuman sari buah milik Nutrifood Indonesia ini masih menghabiskan belanja iklan terbesarnya di media televisi. Meski begitu, NutriSari mulai mengombinasikan belanja iklannya dengan memasang iklan di media digital seperti Facebook.

“Tahun lalu pertama kali beriklan di Facebook dan televisi saat Ramadan. Efeknya, ada kenaikan penjualan di masa Ramadan. Besar atau kecil (angka penjualan) itu relatif. Tapi kita merasa happy dengan result yang kita dapatkan,” kata Head of Marketing NutriSari, Susana, saat dikonfirmasi Tech in Asia Indonesia.

target media sosial

Tak hanya NutriSari, PT Mayora Indah Tbk sebagai perusahaan yang menangani puluhan merek makanan juga mulai melirik iklan di platform digital. Namun, mereka tak sepenuhnya meninggalkan media televisi.

Lewat iklan Makan Langsung vs Makan Dingin, Mayora mempromosikan wafer Beng Beng yang ditujukan untuk kalangan remaja dengan menggelar kompetisi dubsmash. Kompetisi ini mengajak konsumen melakukan lip sync guna menirukan adegan dari iklan tersebut.

Video lip sync itu pun tersebar melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, dan YouTube. Hal itu tentu berdampak pada conversation rate Beng-Beng di kalangan netizen. Semua hanya dilakukan berkat bantuan user generated content.

Analisa Media Sosial | Ilustrasi

Kombinasi televisi dan digital

Susana menjelaskan pihaknya tak hanya melihat metrik sosial ketika beriklan di Facebook. Pihaknya juga memperhatikan metrik bisnis, dan menurutnya jangkauan frekuensi yang diharapkan pihaknya bisa tercapai. “Jangkauan frekuensinya mencapai ke sejumlah orang yang memang kita harapkan. Message yang kita sampaikan bisa diterima user Facebook,” jelasnya.

“Kalau secara total, (belanja iklan) masih lebih besar di televisi. Kita enggak bisa meninggalkan televisi sama sekali, tapi kita juga melihat harus masuk ke platform digital, terutama di Facebook mobile,” sambungnya.

Mengapa NutriSari belum bisa meninggalkan media televisi, menurut Susana hal itu disebabkan hingga saat ini masih banyak orang yang menonton televisi. Namun pihaknya menyadari efektivitas orang menonton tayangan televisi sudah berkurang.

“Karena orang nonton TV sambil main perangkat mobile. Pas lagi pergi, mereka enggak nonton TV tapi scroll on mobile. Kombinasi keduanya, TV dan platform digital, paling efektif,” paparnya. [tia/ap]

Tags: facebookiklaniklan di facebookiklan di tviklan efektifiklan murahtv
Previous Post

Bagaimana Saya Menemukan Partner Saat Masih Awam di Dunia Startup

Next Post

3 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Hendak Bekerja Sama dengan Penerbit Game

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

centang biru berbayar

Centang Biru Berbayar di Facebook dan Instagram: Bagaimana Cara Mendapatkannya?

1 March 2023
1.4k

Meta, perusahaan teknologi yang bergerak di bidang verifikasi data, telah mengumumkan fitur verifikasi baru berupa "centang biru berbayar" untuk akun...

apa itu whatsapp business cloud api

Meta Resmi Memperkenalkan WhatsApp Business Cloud API

22 May 2022
1.5k

WhatsApp adalah aplikasi obrolan paling populer di dunia. Memiliki pengguna loyal yang sangat banyak di seluruh dunia. WhatsApp digunakan tidak...

Mengamankan Akun Instagram

Begini Langkah Mudah Mengamankan Akun Instagram dari Serangan Hacker

15 April 2022
1.5k

Sebagai salah satu media sosial populer yang memiliki banyak pengguna di seluruh penjuru dunia, Instagram (IG) kini sudah menjadi hal...

Login
Please login to comment
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1006 shares
    Share 402 Tweet 251
  • Indeed PHK 2.200 Karyawan

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    353 shares
    Share 141 Tweet 88
  • 5 Pokemon Terkuat dan Terfavorit

    166 shares
    Share 66 Tweet 42
  • Zippyshare Tutup Maret 2023: Apa Pelajaran yang Bisa Diambil?

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Hai MAHASISWA, 15 Situs Ini Diam-diam Bisa Bikin Skripsimu Cepat Kelar!

    135 shares
    Share 54 Tweet 34
  • Kalau Mau Kaya Tanpa Jadi Pengusaha, Belajar Coding Bisa Jadi Jawabannya

    127 shares
    Share 51 Tweet 32
  • Kerangka Pitch Deck Bisnis yang Efektif untuk Mempersuasi Investor

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    247 shares
    Share 99 Tweet 62
  • Belajar dari Pitch Deck GoJek Sebelum Menjadi Unicorn

    109 shares
    Share 44 Tweet 27

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
wpDiscuz