Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

3 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Hendak Bekerja Sama dengan Penerbit Game

15 April 2017
in Games
3 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Hendak Bekerja Sama dengan Penerbit Game
1.4k
VIEWS
Berikan rating

Pada bulan Maret 2017 lalu TIA Indonesia kembali menyelenggarakan Gametalk yang diselenggarakan di kantor Garena Indonesia. Acara Gametalk ketiga di tahun 2017 tersebut mengangkat topik seputar penerbitan game, lewat sesi diskusi bersama Wilson Tjandra (Mintsphere) dan Rudy Rachman Indrawanto (Vifth Floor). Keduanya diajak berbagi pengalaman go international yang mereka miliki dengan menerbitkan game melalui penerbit luar negeri.

Wilson merupakan sosok yang dikenal sudah malang melintang di industri game Indonesia selama belasan tahun. Ia mendirikan studio Mintsphere yang dalam waktu dekat akan merilis game terbarunya, Fallen Legion, di PS4 dan PS Vita.

Baca lagi

Daftar Lengkap Cheat GTA 5 untuk Xbox, Playstation, dan PC

Teknologi Canggih Dibalik Game The Last of Us yang Wajib Kamu Tahu

Cara Dapatkan Skin Mobile Legends Gratis

Berbeda dengan Wilson, Rudy dari Vifth Floor tergolong sosok yang cukup baru di industri game tanah air. Meski demikian, game visual novel buatan studionya, Just Deserts, yang dirilis Agustus 2016 lalu sukses menembus pasar global dan konon telah terjual lebih dari tujuh ribu kopi di Steam.

Dari perbincangan kedua narasumber, terungkap bahwa proses menerbitkan game bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi bila terkait dengan relasi bisnis bersama penerbit sebagai pihak ketiga. Berikut adalah beberapa poin yang perlu developer ketahui saat akan mempertimbangkan kerja sama distribusi game melalui jalur penerbit, baik lokal maupun luar negeri.


Pelajari reputasi penerbit yang bersangkutan

Riset Game | Illustration

Melalui jasa penerbit, sebuah studio game pastinya berharap agar karya mereka bisa menjangkau audiens yang lebih luas dibanding bila dirilis sendiri. Namun, perlu diketahui pula bahwa tidak semua penerbit bisa memberikan apa yang sesuai developer harapkan. Developer perlu melakukan riset lebih untuk mengetahui reputasi penerbit yang mengajak kerja sama.

Apakah penerbit tersebut cocok atau tidak salah satunya dapat dilihat dari penanganan distribusi game yang mereka kerjakan sebelumnya. Hal ini dilakukan oleh Rudy dan studionya, Vifth Floor, saat hendak bekerja sama dengan Sekai Project yang merupakan penerbit game asal Amerika Serikat.

Dengan reputasi Sekai Project sebagai penerbit yang cukup aktif menerbitkan game bergenre visual novel, Rudy meyakini penerbitnya memiliki kredibilitas yang bisa dimanfaatkan untuk lebih memahami model game visual novel seperti apa yang disukai pasar.

Gametalk | Photo 2

Senada dengan Rudy, Wilson juga mengungkapkan bahwa reputasi dan rekam jejak penerbit cukup penting untuk dijadikan sebagai pertimbangan awal bagi developer. Wilson menyinggung ada beberapa jenis penerbit yang umumnya ditemukan dalam industri game independen. Jenis-jenis penerbit yang dapat ditemukan secara umum antara lain:

  1. Penerbit yang sekadar melakukan tugasnya di bidang distribusi,
  2. Penerbit yang bersedia membantu developer menyelesaikan game hingga siap dirilis, atau
  3. Penerbit yang menjadi tak hanya menjadi distributor, tapi juga investor bagi developer.

Dengan memahami tipikal masing-masing jenis penerbit ini, harapannya developer dapat mengenal penerbit seperti apa yang mereka butuhkan untuk menjangkau para konsumen.


Pilih penerbit yang memberikan manfaat lebih

musik game | featured image

Sebagai pihak rekanan, beberapa penerbit tidak hanya menawarkan bantuan terbatas pada aktivitas distribusi saja. Penerbit yang baik juga tak segan menawarkan kelebihan lainnya seperti pendampingan kualitas, pemberian masukan, hingga dukungan teknis lain seperti penyertaan Development Kit. Penawaran benefit semacam ini merupakan keunggulan yang membedakan satu penerbit dengan yang lain.

Wilson menjelaskan beberapa manfaat yang ia dapatkan selama bekerja sama dengan pihak penerbit luar negeri bernama YummyYummyTummy. Ia mengungkapkan bahwa selain urusan distribusi, penerbit asal Amerika Serikat itu juga memberikan manfaat lain seperti koneksi ke sejumlah pihak penting, akses ke distributor, media, insight seputar pasar, dan lainnya.

Berkat kerja samanya dengan YummyYummyTummy, Mintsphere bakal menjadi developer dari Indonesia pertama yang merilis game mereka di platform PlayStation.

Gametalk | Photo 1

Manfaat lebih juga dirasakan oleh Rudy saat ia merampungkan game Just Deserts di tahun 2016. Selain dukungan inisiatif pemasaran yang ia peroleh dari pihak Sekai Project, Rudy juga mendapatkan bantuan lain berupa Quality Assurance yang jelas sangat berguna bagi penyelesaian game mereka, mulai dari urusan pemilihan teks terjemahan dengan tepat, pencarian bug, dan masukan lain-lain.

Dari penjelasan masing-masing, kedua narasumber Gametalk ini juga sepakat menyebut manfaat lain yang paling krusial dalam proses kerja sama dengan pihak penerbit, yaitu ikut terangkatnya nama perusahaan. Dengan kerja sama telah mereka lakoni, Rudy dan Wilson optimis bahwa kelak hal tersebut akan membuat nama studio mereka makin dikenal di kemudian hari.


Pastikan produkmu memiliki standar kualitas yang tinggi

Game Design Document | Featured

Produk yang terpoles dengan baik memiliki pertimbangan yang lebih di mata penerbit. Hal ini disampaikan oleh Wilson ketika ia ditanya perihal kiat apa yang perlu dipersiapkan saat akan mendekati pihak penerbit. “Pada saat kita membuat produk (game) buatan yang bagus, penerbit, investor, maupun media pastinya akan memperhatikan dan mencari kita,” ujar Wilson.

Dari prinsip soal kualitas yang dipegang oleh Wilson tadi, Mintsphere sempat dilirik dua penerbit luar ketika memamerkan salah satu karya mereka, Trigger Princess, di acara Casual Connect Asia 2014. Dari dua penerbit yang mendekatinya, Wilson lalu memilih YummyYummyTummy yang membantu memberi akses kepada Development Kit untuk mengembangkan game di platform PlayStation.

Jadi apabila kamu berniat menggaet pihak tertentu untuk menerbitkan game karyamu, pastikan kualitas menjadi hal yang paling dioptimalkan terlebih dahulu sebelum terburu-buru untuk dilempar ke pasaran.
[tia/ap]

Tags: BekerjadengangamegamesgametalkHalHendakhobi gamehobi main gameKamuPenerbitPerhatikanPerluSaatSamatrentech gamesyang
Previous Post

Mana yang Efektif? Beriklan di Televisi versus Facebook

Next Post

Yuk Simak Visi Yang Wajib Dimiliki Startup

Naufal Siddiq

Naufal Siddiq

Gamer yang senang browsing :D

Related Posts

cheat GTA 5

Daftar Lengkap Cheat GTA 5 untuk Xbox, Playstation, dan PC

9 March 2023
1.4k

Grand Theft Auto V atau yang lebih dikenal dengan sebutan GTA 5 merupakan game action-adventure yang dikembangkan oleh Rockstar North...

game the last of us

Teknologi Canggih Dibalik Game The Last of Us yang Wajib Kamu Tahu

28 February 2023
1.4k

The Last of Us adalah salah satu game video paling populer di seluruh dunia. Sejak rilis pertamanya pada tahun 2013,...

skin mobile legends gratis

Cara Dapatkan Skin Mobile Legends Gratis

9 February 2023
1.4k

Mobile Legends adalah salah satu game MOBA paling populer saat ini, dengan jutaan pemain aktif setiap hari. Salah satu hal...

Login
Please login to comment
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1006 shares
    Share 402 Tweet 251
  • Indeed PHK 2.200 Karyawan

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    353 shares
    Share 141 Tweet 88
  • Zippyshare Tutup Maret 2023: Apa Pelajaran yang Bisa Diambil?

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • 5 Pokemon Terkuat dan Terfavorit

    166 shares
    Share 66 Tweet 42
  • Kalau Mau Kaya Tanpa Jadi Pengusaha, Belajar Coding Bisa Jadi Jawabannya

    127 shares
    Share 51 Tweet 32
  • Kerangka Pitch Deck Bisnis yang Efektif untuk Mempersuasi Investor

    108 shares
    Share 43 Tweet 27
  • Hai MAHASISWA, 15 Situs Ini Diam-diam Bisa Bikin Skripsimu Cepat Kelar!

    135 shares
    Share 54 Tweet 34
  • Belajar dari Pitch Deck GoJek Sebelum Menjadi Unicorn

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    247 shares
    Share 99 Tweet 62

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
wpDiscuz