fbpx
Trentech.id

Yuk Belajar Bikin Game dengan 10 Aplikasi Membuat Game Tanpa Perlu Bisa Coding

Belajar membuat game

Kamu ingin belajar bikin game tapi tidak memahami bahasa pemrograman? Tidak perlu berkecil hati, karena saat ini sudah ada banyak aplikasi yang dapat membantumu membuat game secara mandiri meski tanpa memiliki kemampuan coding.

Memang, kamu tidak akan bisa membuat game dengan kompleksitas tinggi seperti Final Fantasy XV. Namun setidaknya lewat beragam aplikasi di bawah ini, kamu bisa mengerjakan proyek game “pilot” cukup dengan mempersiapkan aset grafis dan suara buatanmu sendiri.

Siapa tahu, proyek sampingan ini bisa menjadi prototipe batu lompatan kecil sebelum terjun ke industri video game sesungguhnya. Selamat mencoba.


TyranoBuilder Visual Novel Studio

 

TyranoBuilder Visual Novel Studio adalah salah satu aplikasi pembuatan visual novel paling populer saat ini. Dengan TyranoBuilder, membuat visual novel jadi semudah drag and drop aset dan teks di layar, layaknya menyusun slide presentasi di Microsoft PowerPoint. Karena tidak butuh proses coding, kamu jadi bisa fokus pada pembuatan cerita sebagus mungkin.

Meski bisa digunakan dengan drag and drop saja, TyranoBuilder juga menyediakan fitur scripting bernama TyranoScript untuk pengguna mahir. Kamu bisa melakukan compile dan merilis visual novel karyamu di Windows, MacOS, iOS, Android, serta browser web yang mendukung HTML5.


Construct 

 

Bila kamu ingin membuat game yang seru namun tidak terlalu rumit, Construct adalah pilihan tepat. Construct merupakan aplikasi pembuat gameyang secara khusus fokus pada game 2D, seperti platformerpuzzle, atau shooter. Seluruh objek dan perilakunya di layar bisa kamu atur dengan antarmuka drag and drop yang intuitif dan mudah digunakan.

Kelebihan utama Construct dibanding aplikasi lain adalah kamu bisa menggunakannya secara gratis untuk keperluan nonkomersial. Tapi bila ingin membuat game untuk dijual, kamu harus membayar lisensi tergantung dari berapa banyak keuntungan yang kamu dapat.

Per Februari 2018, Construct sudah memasuki versi ketiga dengan beberapa pembaharuan baru untuk memperluas kreativitas penggunanya.


GG Maker

 

GG Maker cocok untuk kamu yang belum pernah melakukan codingsebelumnya, namun ingin bisa coding suatu saat nanti. Aplikasi ini bisa membantumu membuat beragam game, mulai dari platformer sederhana, sampai RPG 3D yang rumit. Seluruh perilaku objek di layar bisa kamu atur menggunakan editor visual yang canggih, sesuai dengan desain permainan yang kamu mau.

Fitur menarik dalam GG Maker adalah alat yang disebut Graphically Assisted Scripting. Dengan fitur ini, logika yang biasanya harus diketik dengan bahasa pemrograman bisa kamu implementasikan secara visual dalam bentuk diagram alir. Penguasaan logika di Graphically Assisted Scripting akan membantumu memahami cara kerja coding sungguhan.


Clickteam Fusion 2.5

Mirip dengan GG Maker, Clickteam Fusion juga menyediakan editor drag and drop untuk membuat game 2D ataupun 3D. Bila GG Maker menggunakan diagram alir untuk implementasi logika, Clickteam Fusion memiliki fitur editor event frame-by-frame layaknya pembuatan animasi dengan Adobe Flash.

Clickteam Fusion sudah banyak digunakan untuk membuat game komersial populer, contohnya Five Nights at Freddy’sThe Escapists, dan Angry Video Game Nerd Adventures. Tersedia juga Clickteam Fusion versi gratis dengan fitur terbatas untuk kamu coba.


RPG Maker MV

Meneruskan seri RPG Maker yang sudah berusia dua puluh tahun lebih, Enterbrain kembali mengajak kita membuat RPG 2D sendiri lewat RPG Maker MV. Tidak peduli apakah kamu pemula yang sedang iseng, atau developer profesional yang ingin membuat RPG dengan cerita epik, RPG Maker MV bisa memenuhi kebutuhanmu.

Versi terbaru RPG Maker ini menyajikan fitur Side View Battle layaknya seri Final Fantasy era SNES. Tampilan visual pun dirombak, dengan ukuran spritelebih besar dan dukungan resolusi HD.

Tersedia juga editor sprite dan ilustrasi, jadi kamu bisa membuat sebuah RPG utuh tanpa menggambar satu aset pun. Namun untuk tampilan yang lebih unik dan menarik, kamu tetap disarankan membuat aset sendiri.


GameSalad

 

GameSalad diklaim sebagai program pembuatan game tanpa coding terbaik dengan dukungan output mulai dari iOS, Android, hingga permainan web berbasis HTML5. Apa yang membuat GameSalad menonjol adalah jumlah atribut pemrograman tanpa kodenya yang begitu beragam. Lewat keberadaan atribut ini, kamu bisa mengatur perilaku game yang buatanmu dengan metode drag-and-drop yang begitu simpel.

Dengan beragam kemudahan yang ditawarkan, GameSalad cocok digunakan sebagai platform untuk mempelajari konsep pemrograman game, desain permainan, dan sebagainya.

GameSalad diklaim telah digunakan oleh ribuan programmer yang telah merilis game masing-masing secara independen di platform mobile. Adapun beberapa game mobile yang dikerjakan menggunakan program GameSalad antara lain Get_Fiquette, Mazes of Karradash, dan lain-lain.

Situs resmi: GameSalad Basic, biaya berlangganan US$199 (sekitar Rp2,7 juta) per tahun


GameMaker Studio 2

Mirip dengan GameSalad, GameMaker 2 menawarkan proses pembuatan game mobile secara ringkas dengan memanfaatkan sistem desain antarmuka drag-and-drop. GameMaker dirancang secara khusus agar programmerpemula dapat membuat game tanpa perlu mempelajari aneka deretan bahasa pemrograman yang kompleks.

Tak hanya itu saja, program ini juga dilengkapi toolset untuk kebutuhan animasi, pembuatan aset gambar, dan tiling level, sehingga memfasilitasi segala kebutuhanmu dalam menyelesaikan game.

Apabila kamu tertantang untuk memulai proses pembelajaran coding, kamu bahkan juga bisa mengedit kode yang telah disediakan GameMaker untuk lebih memahami seluk beluk pemrograman game secara mendasar. Dengan menggunakan alur workflow pengembangan GameMaker Studio 2, kamu bisa mengekspor hasil ciptaanmu langsung ke desktop Windows, Mac OS X, Ubuntu, Android, iOS, Android TV, HTML5, PlayStation 4, dan Xbox One.

Beberapa game indie terkenal yang turut memanfaatkan tool GameMaker Studio antara lain Hyper Light DrifterCrashlandsdan Spelunky.

Situs resmi: Gamemaker Studio, paket berlangganan mulai dari US$39 (sekitar Rp530 ribu) per tahun


Stencyl

Stencyl awalnya merupakan program untuk pembuatan game berformat Flash yang sempat populer di era 2000-ansebelum terancam punah oleh keberadaan HTML5. Meskipun demikian, toolset pembuatan game simpel berbasis pemasangan jaringan node ini tetap digunakan beberapa kalangan programmer sebagai platform untuk membuat karya simpel tanpa perlu pemahaman kode yang rumit.

Output dari game yang kamu hasilkan lewat Stencyl dapat diekspor sebagai game untuk desktop yang ringan dengan dukungan Adobe AIR. Kamu bahkan bisa mengekspornya ke iOS dan Android.

Situs resmi: Stencyl, berlangganan mulai dari US$99 (sekitar Rp1,3 juta) per tahun


GDevelop

GDevelop | Screenshot

GDevelop adalah tool open-source yang memungkinkan kamu berkreasi membuat game secara lebih sederhana. Yang membuat GDevelop unik dan mudah digunakan adalah fitur Events, yaitu panel khusus untuk menampilkan logika permainan yang kamu buat secara real-time tanpa perlu belajar bahasa pemrograman.

Sama seperti beberapa platform di atas, arsitektur GDevelop yang fleksibel memungkinkan kamu untuk memilih platform dari game buatanmu, mulai dari HTML5 yang dapat dimainkan di browser web hingga iOS dan Android.

Situs resmi: GDevelop, gratis


Buildbox

Dari sekian banyak pilihan toolset untuk membuat game tanpa coding di daftar ini, Buildbox merupakan pilihan favorit saya berkat desain antarmukanya yang terasa lebih intuitif. Untuk memudahkan para programmer pemula, Buildbox memperkenalkan fitur radial drag-and-drop yang semakin memperjelas alur pemasangan aset ke dalam game.

Program ini bisa menciptakan berbagai macam game 2D yang kamu pilih dari beragam kategori genre berbeda. Buildbox juga mengizinkan kamu merangkai gameplay terunik dengan mengedit dan menggabungkan beragam preset yang telah disediakan.

Di samping itu, kamu juga diberikan akses ke dalam galeri aset di mana ribuan gambar, musik, dan efek suara bisa kamu pilih untuk memoles hasil akhir game buatanmu. [tia/ap]

Situs resmi: Buildbox, berlangganan US$99 (sekitar Rp1,3 juta) per bulan

Berikan rating

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment