Teknologi sudah berkembang sedemikian canggih, menurut Gordon Moore pendiri Intel, setiap 20–24 bulan teknologi akan berkembang dua kali lipat, teori ini disebut dengan Moore’s Law. Begitu juga dengan dunia marketing, selalu berkembang dari tahun ke tahun, dengan berbagai macam produk baru dan inovasi baru. Dari banyak startup digital yang berdiri belakangan ini, mereka semua mengadopsi digital marketing.
Persoalannya adalah, apakah semua strategi dan kanal digital marketing yang dipilih adalah yang terbaik dan paling tepat untuk mencapai growth? Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi tentang tujuh macam strategi digital marketing. Semoga setelah membaca tulisan ini kamu akan dapat mengetahui channel dan strategi mana yang cocok untuk diterapkan di startup kamu.
Email Marketing
Email merupakan salah satu channel marketing tertua. Email pertama muncul di tahun 1971, spam pertama bahkan terdeteksi hadir di tahun 1978. Kemudian emailberkembang terus hingga sekarang kita mengenal yang dinamakan email marketing.
Tool ini merupakan investasi terbaik yang bisa kamu gunakan untuk meraih growth. Mulai dari welcome email series, penawaran khusus, newsletter, dan semua kegiatan untuk growth dan retention. Menurut DMA, email marketing mempunyai ROI (return of investment) sebesar 122 persen. Siapa yang enggak mau mempunyai ROI sebesar itu?
Hal terbaik yang bisa didapat dari email marketing adalah biayanya yang tidak menghabiskan tabungan kamu. Ya, ekonomis sekali. Bahkan kamu bisa menggunakan penyedia layanan email marketing lokal untuk memenuhi kebutuhan itu.
Walaupun email marketing sangat efektif, masih banyak yang belum dapat memaksimalkan tool dan strategi ini. Berikut saya berikan contoh email marketingyang saya dapat dari Tokopedia, unicorn dari Indonesia:
Mereka mengemas email ini dengan sangat baik, simpel, dan mudah dibaca. Hasilnya? Saya menggunakan promo ini untuk gratis ongkir. Efektif bukan?
Tip untuk melakukan email marketing campaign:
- Lakukan personalisasi, dengan memanggil nama.
- Mobile optimized, berdasarkan data dari MailTarget 75 persen membuka email via mobile phone. Artinya: isi email kamu jangan terlalu banyak. Satu pesan per email. Isi yang terlalu banyak akan membuat jenuh.
- Video meningkatkan engagement. Memang video belum bisa disematkan di body email. Tapi sekarang ini dengan mudah kita dapat mengonversi video ke bentuk .gif agar tampak lebih atraktif melalui.
Social media Marketing
Media sosial merupakan channel yang sangat powerful sekarang ini. Menurut Statista, sembilan puluh persen pemasar mengamini bahwa media sosial penting untuk bisnis mereka, dan 89 persen marketer mengatakan bahwa media sosial turut membantu mendongkrak popularitas perusahaan mereka.
Keuntungan yang kita dapatkan dari menggunakan media sosial:
- Menciptakan loyal customer
- Meningkatkan traffic dan exposure yang bagus untuk web
- Berpengaruh terhadap SEO dan hasil search di Google
- Meningkatkan sales
Namun, dalam melakukan social media marketing ini terkadang ada kesalahan-kesalahan fatal yang dilakukan para pemasar seperti:
- Kurang sabar
- Tidak melakukan segmentasi terhadap audiens
- Memilih channel yang salah
- Overspending
Tidak semua media sosial perlu kita gunakan. Apabila bisnis lain sukses menggunakan Twitter, belum tentu hal itu berlaku untuk bisnis kamu. Asah pisau selalu dari sisi yang tajam. Coba semua, fokus di channel yang membawa hasil, tinggalkan yang tidak membawa hasil.
Google AdWords
Google AdWords ini bisa juga dibilang dengan PPC atau Pay-per-Click marketing.Sebuah metode melalui search engine Google untuk membawa banyak visitor ke website kita. PPC marketing ini berguna untuk menghasilkan hot lead atau calon customer yang sudah siap untuk membeli barang kita. Begini hasilnya ketika saya mencari “toko bunga di Jakarta”:
Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan PPC marketing ini adalah:
- Dapat menjangkau customer yang tepat di waktu yang tepat dengan iklan yang tepat
- Kamu bisa mengatur bujet pengeluaran
- Analytics yang didapat untuk mempertajam strategi berikutnya
- Bisa menargetkan hanya khusus untuk orang yang memang sedang mau membeli
Satu hal yang perlu diingat adalah PPC ini dapat menghabiskan biaya dalam waktu sekejap, itu sebabnya diperlukan pengetahuan dan tujuan yang spesifik dalam setiap penggunaan PPC marketing.
Search engine optimization (SEO)
Banyak startup yang berpikir dengan membuat web yang keren maka visitor akan datang dengan sendirinya. Ini adalah pemikiran yang salah besar. Begitu banyak web sejenis dengan web kamu di area yang sama dan mereka juga membuat website yang tidak kalah bagusnya.
Tantangannya adalah bagaimana cara membuat web kamu berada di urutan teratas ketika visitor atau calon customer mencari tentang kita. Di sini peran SEO atau search engine optimization penting bagi strategi digital marketing kamu.
SEO bukan hanya meningkatkan traffic ke web kita tetapi juga membangun kepercayaan dari user. SEO sendiri merupakan proses dan bergantung banyak kepada konten yang ada di web kamu.
Content marketing
Content marketing menjadi suatu keharusan bagi para startup, bukan hanya karena biayanya yang ekonomis. Menciptakan konten bagus itu sama seperti bagaimana kamu menceriterakan tentang startup kamu ke semua orang yang kamu temui. Selain itu, content marketing sifatnya dapat bertahan lama.
Misalnya artikel ini, adalah termasuk salah satu dari content marketing. Data membuktikan bahwa sembilan puluh persen B2C marketing menggunakan content marketing dengan sangat gencar. Sedangkan 88 persen dari B2B marketer setuju bahwa content marketing sangat penting dalam usaha mereka.
Kenapa menggunakan content marketing? Karena kita dapat menyalurkan konten ini ke audiens yang berbeda-beda. Kita mengenal bahwa ada tiga macam audiens di dunia marketing yaitu:
- Cold audience, yaitu audiens yang belum mengenal brand kamu tetapi mempunyai permasalahan yang sama.
- Warm audience, yaitu audiens yang sudah mengenal brand kamu tetapi belum memutuskan untuk menggunakan layananmu.
- Hot audience, yaitu audiens yang sudah dalam tahap memutuskan untuk membeli produk atau layanan yang kamu tawarkan.
Ketiga audiens ini harus diberikan strategi konten yang berbeda-beda. Misalnya untuk cold audience kita dapat memberikan konten yang lebih membahas tentang “masalah” yang dihadapi. Sedangkan untuk hot audience, kamu bisa memberikan konten tentang perbandingan.
Keuntungan menggunakan content marketing adalah:
- Meningkatkan brand awareness dan engagement dengan user
- Membangun kredibilitas
- Bertahan lama
- SEO friendly
Influencer marketing
Influencer marketing adalah salah satu cara tercepat untuk menaikkan popularitas startup kamu, termasuk dengan mempromosikan web atau produk yang dilakukan. Riset membuktikan bahwa 84 persen pemasar memasukkan influencer marketing campaign dalam rencana tahunan mereka. Adanya Instagram dan YouTube membuat tren influencer marketing ini naik daun.
Keuntungan dari influencer marketing ini adalah:
- Hal baru di dunia pemasaran di mana kebanyakan pengguna sudah kebal dengan metode pemasaran yang kuno.
- Mudah untuk diterapkan.
- Word of mouth merupakan strategi yang ampuh untuk meningkatkan growth.
Tantangan menggunakan influencer marketing ini adalah biayanya yang lumayan tinggi. Semakin berpengaruh orang yang hendak kamu ajak kerja sama tentunya semakin tinggi fee yang harus kamu bayarkan kepada mereka setiap kali mempromosikan produkmu.
Sebagai startup pemula, saya bukannya tidak menyarankan hal ini, tetapi alangkah baiknya jika dimulai dari jejaring yang kita punya dulu. Jika direncanakan dan dieksekusi dengan baik, strategi influencer marketing ini bisa menghasilkan hasil yang luar biasa untuk pertumbuhan bisnismu.
Retargeting Ads
Sebagai penutup dari tulisan ini, retargeting ads sekarang sedang populer di kalangan growth marketers. Sebagai startup, kita mulai membangun usaha kita dengan keyakinan bahwa produk atau layanan ini memecahkan masalah yang ada sekarang.
Tantangannya adalah bahwa sesungguhnya calon pelanggan kita di luar sana masih berharap untuk diyakinkan melalui satu atau dua penjelasan sebelum mereka menjadi pelanggan kita.
Retargeting ads akan melakukan itu semua. Retargeting ads adalah memberikan iklan yang relevan dengan audiens kamu kepada orang-orang yang sebelumnya sudah mengunjungi situsmu. Ketika calon pelanggan mengunjungi situsmu (yang sudah ditanamkan Facebook Pixel code atau Google Analytics code), maka mereka secara tidak langsung sudah ditanamkan cookies.
Kita bisa membuat iklan yang relevan bahkan sesuai dengan web pages mana yang sudah mereka kunjungi. Contoh: kita bisa membuat dan melakukan kampanye untuk orang-orang yang mengunjungi pricing page di situs kita.
Membangun startup merupakan satu hal yang mengasyikan diawal, tetapi ini hanyalah sebuah langkah pertama dari perjalanan panjang startup kamu. Saya percaya bahwa produk yang baik itu berdiri di atas marketing yang baik juga. [tia/ap]