fbpx
Trentech.id

Branding dan Marketing Mana Yang Lebih Penting?

branding vs marketing

Branding dan Marketing adalah dua istilah yang tidak asing di dalam dunia bisnis. Para pebisnis sudah akrab dengan kedua istilah ini, para calon-calon pebisnis pun sebaiknya mengakrabkan diri dengan kedua istilah ini. Mengapa? Karena kedepannya para calon-calon pebisnis akan banyak berkutat dengan kedua istilah ini.

Marketing dan branding merupakan salah satu upaya yang dilakukan para pebinis untuk menumbuh kembangkan bisnisnya. Bagi pebisnis pemula harus mengetahui perbedaan antara marketing dengan branding. Hal tersebut akan membantu kita dalam mengambil langkah tepat dalam berbinis.

Marketing merupakan salah satu bagian penting dalam perusahaan ataupun bisnis yang sedang dibangun. Bagian ini memiliki fungsi sentral untuk mencari, mempertahankan, mendapatkan, dan meningkatkan konsumen. Semakin banyak konsumen maka akan semakin banyak keuntungan bisnis kita.

Namun sehebat apapun marketing yang dilakukan suatu perusahaan tidak akan pernah sukses jika hanya berdiri sendiri. Artinya marketing yang bagus harus didukung oleh produk berkualitas, sumber daya manusia yang produktif dan manajemen yang tepat. Selain itu marketer harus mampu menciptakan dan menjaga hubungan baik dengan konsumen. Kepuasaan konsumen terhadap produk yang kita jual harus diutamakan.

branding vs marketing

Branding merupakan suatu kegiatan usaha dalam sebuah bisnis untuk membangun brand atau merk-nya. Branding harus mampu memberikan asumsi kepada masyarakat bahwa produk bisnis kita merupakan solusi bagi masalah mereka. Sehingga branding harus diterapkan dalam membangun bisnis atau perusahaan. Tujuan dari brading adalah mengenalkan produk kita, menciptakan kesetiaan dan kerja sama dengan pelanggan dan memotivasi konsumen. Sehingga pelanggan akan kembali lagi membeli produk kita.

  Beberapa Cara Melakukan Branding Untuk Produk Anda

Jika kita memiliki sebuah bisnis yang sukses maka antara branding dan marketing tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Namun keduanya harus berdampingan, antara marketer dan brander harus bersatu dan memiliki visi misi yang sama. Bekerja sama untu kesuksesan bisnis yang akan dibangun.

Manfaatkan perkembangan teknologi dan komunikasi untuk mencapai tujuan branding dan marketing. Satukan keduanya dalam satu action yang nyata. Branding dan marketing adalah modal dalam mensukseskan suatu bisnis. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda, target yang tak sama namun keduanya memiliki tujuan sama, yaitu membangun kesuksesan dalam bisnis dan menciptakan bisnis yang bertahan lama.

Soal mana yang lebih penting dari keduanya, jawabannya adalah masing-masing memiliki peran yang penting dalam mengembangkan bisnis dan menentukan seberapa lama sebuah bisnis dapat bertahan. Karena itu tidak ada suatu yang menitik berat pada marketing, atau pada branding saja. Masing-masing sama pentingya untuk dilakukan karena kemudian akan menciptakan sebuah chain reaction yang positif.

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments