Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Karakteristik yang Perlu Kamu Cermati dalam Sebuah Strategi Branding

2 November 2022
in Business
strategi branding
1.6k
VIEWS

Daftar Isi

  • Sebuah brand perlu berani dan radikal
  • Identitas brand harus melekat ke konsumen
  • Sebuah brand harus bisa menerima persaingan kompetitif
5/5 - (2 votes)

Siapapun yang berkecimpung dalam urusan marketing pasti mengetahui bahwa branding merupakan proses panjang yang sangat menyita waktu dan tenaga. Tidak semua kalangan profesional yang memiliki latar belakang marketing menguasai bagaimana trik membentuk strategi branding yang bagus.

Sebaliknya, contoh sukses dari pembentukan brand yang bagus sendiri juga tidak selalu bisa diimplementasikan kepada produk lainnya. Selalu saja karakteristik tertentu yang perlu diikuti pemegang brand agar bisa mencapai pengaruhnya hingga meraih titik maksimal.

Baca lagi

Cara Mengubah Proyek Open Source Menjadi Bisnis Menguntungkan

Game Theory: Analisis Strategi pada Permainan Matematika dan Penerapannya

Rekomendasi Film Belajar Bisnis dari Drama Korea

CEO Snapcart, Reynazran Royono, yang menjabat sebagai CEO Berniaga.com ini membeberkan sejumlah karakteristik penting dalam sebuah strategi branding yang efektif.

Sebuah brand perlu berani dan radikal

strategi branding

Karakteristik berani dalam proses branding sendiri bisa diartikan banyak hal. Berani membuat sesuatu yang berbeda dibandingkan aslinya, atau mungkin berani menciptakan hal baru yang berbeda dari apa yang sebelumnya sudah ada di luar sana.

Di atas panggung, Rey mencontohkan merk minuman berenergi Kratingdaeng dan Red Bull sebagai perbandingan dua model karakteristik branding.

krating daeng vs redbull

Rey menyoroti keberanian Red Bull dalam mengemas sebuah brand yang sedikit lebih “radikal” dibandingkan Kratingdaeng. Dibandingkan minuman aslinya yang berasal dari Thailand, Dietrich Mateschitz berani mengemas “Kratingdaeng” sebagai brand baru yang menyasak pasar berbeda.

Jika Kratingdaeng di negara asalnya identik dengan minuman buruh kelas menengah ke bawah. Sebaliknya Red Bull identik dengan brand olah raga esktrem dan aktivitas kelab malam.

Keberanian ini menciptakan peluang baru yang lebih kuat dan jauh mengalahkan brandsebelumnya. “Sebuah brand yang kuat tidak dibentuk secara tidak sengaja, tetapi ia dibentuk agar terus bertahan lama” ungkap Rey. Keberanian ini membuat Red Bull jauh lebih dikenal luas dibandingkan Kratingdaeng yang bahkan di negara asalnya sendiri sudah tak mendominasi pasar minuman berenergi.

Identitas brand harus melekat ke konsumen

brand equity pyramid

Berangkat dari pengalamannya menjadi CEO Berniaga.com dan Snapcart, Rey menekankan pentingnya brand untuk menghadirkan jarak yang intim kepada konsumen. “Sebuah band harus dinamis tidak boleh kaku, dan harus bisa menyentuh konsumennya lewat berbagai channel,” jelas Rey. “Penerapan strategi branding yang bagus harus berkembang dari ide awal pembuatan brand itu sendiri,” ungkap Rey sambil memperlihatkan piramida “The Brand Equity”.

Dalam gambar diagram tersebut diperlihatkan bagaimana brand awalnya dibentuk dari identitas (Salience), lalu terus dikembangkan melalui beberapa fase hingga akhirnya membekas di benak para konsumennya.”Resonansi brand yang kuat cenderung mendorong konsumen untuk setia, dan menggunakan produk tersebut berulang-ulang,”

Untuk mencapai posisi tersebut Rey mengakui bahwa hal itu merupakan bagian sulit dan juga menantang dalam pengembangan brand. Agar brand tetap relevan, kamu perlu melakukan audit efektifitas brand strategy kamu dengan menganalisis kembali apa dan bagaimana kamu mengkomunikasikan brand tersebut kepada konsumen.

Selama audit brand, kamu akan melihat kembali bagaiaman posisi brand lewat penilaian kualitas yang meliputi bagaimana brand tersebut digambarkan, demografis target audiens, bagaimana strategi brading nya dijalankan, dan lain-lain.

Sebuah brand harus bisa menerima persaingan kompetitif

redbull monster

Terakhir, Rey menjelasakan bagaimana brand yang baik harus bisa menerima keberadaan kompetitor dan menjadikannya sebagai pemicu progres dan inovasi produk yang lebih baik.

Rey sendiri menjelaskan persaingan Red Bull dengan minuman berenergi Monster Drink sebagai contoh positif dalam kompetisi produk. Baik Monster Drink dan Red Bull sama-sama “bermain” dalam pangsa pasar yang sama. Keduanya membidik audiens yang dekat dengan olah raga ekstrem dan kehidupan kelab malam.

Dalam era di mana perkembangan produk serba sangat dinamis seperti sekarang ini, produsen dituntut selalu mengikuti tren dan terus-menerus mengembangkan produk dan brand mereka. “Inovasi produk inilah yang kelak akan terus membuat brand tersebut bertahan di tengah derasnya persaingan industri dari waktu ke waktu.

“Pastikan kamu menyegarkan strategi branding tersebut dari waktu ke waktu karena ia harus fleksibel dengan perkembangan tren” tutup Rey..


Demikianlah strategi branding yang bisa kamu terapkan pada bisnis kamu. Jika kamu memiliki strategi branding lain silahkan bagikan pengalamanmu.

Tags: brandbrandingbusinessceo snapcartkrating daeng vs red bullmarketingReynazran Royonostrategi brandstrategi branding
Previous Post

Mengenal Revenue Stream dan Business Model untuk Startup

Next Post

5 Laporan Bisnis yang Harus Dibuat Startup Tahap Awal agar Tetap Bertahan di Tahun 2023

Mochamad Khoiron

Mochamad Khoiron

Contributor TrenTech.id | Cak Khoiron

Related Posts

open source

Cara Mengubah Proyek Open Source Menjadi Bisnis Menguntungkan

7 March 2023
1.4k

Banyak orang menganggap bahwa proyek open source tidak dapat menghasilkan keuntungan yang signifikan, namun kenyataannya, ada banyak perusahaan teknologi yang...

Game Theory dan penerapannya

Game Theory: Analisis Strategi pada Permainan Matematika dan Penerapannya

17 February 2023
1.4k

Game Theory adalah cabang ilmu matematika yang mempelajari interaksi antar pemain dalam situasi permainan. Permainan dalam Game Theory tidak hanya...

rekomendasi film belajar bisnis drama korea

Rekomendasi Film Belajar Bisnis dari Drama Korea

28 October 2022
1.7k

Belajar bisnis bisa dari mana saja. Tak bisa dipungkiri bahwa drama Korea saat ini tengah menjadi tontonan yang cukup dinantikan...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1137 shares
    Share 454 Tweet 284
  • Saham Kapal Induk: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

    176 shares
    Share 70 Tweet 44
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    271 shares
    Share 108 Tweet 68
  • Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    121 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    402 shares
    Share 161 Tweet 101
  • Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding? Apa Kata Dunia?

    183 shares
    Share 73 Tweet 46
  • Bekerja di Bidang Otomotif, Menjanjikan Penghasilan Besar! Berminat?

    147 shares
    Share 59 Tweet 37
  • Perbedaan Mic Condenser dan Dynamic Mic Serta Cara Merawatnya Agar Awet

    247 shares
    Share 99 Tweet 62
  • Ternyata Beginilah Cara Kerja Powerbank

    187 shares
    Share 74 Tweet 47
  • Yuk Ketahui Sejarah Perkembangan Aplikasi Chat di Seluruh Dunia

    164 shares
    Share 66 Tweet 41

About . Contact . Partnership . Google News

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In