fbpx
Trentech.id

Gojek Rugi Puluhan Milyar Gara-gara Bug GPC

Gojek Rugi Puluhan Milyar Gara-gara Bug GPC

Siapa yang tidak kenal Gojek, aplikasi yang menawarkan berbagai macam jasa dan kemudahan mulai dari Gofood, Goride, Gopay, dan sebagainya. Karena banyaknya fitur yang ada pada aplikasi tersebut, gojek sangat digemari dan tercatat sampai artikel ini ditulis, gojek sudah diunduh lebih dari 50 juta kali di Google Playstore. Namun yang namanya buatan manusia pasti lah tidak sempurna dan memiliki kekurangan, termasuk pada aplikasi gojek.

Bug Google Play Card Gojek

Apa itu Bug ? Bug adalah cacat pada suatu program yang membuat program tersebut tidak berjalan sebagaimana semestinya. Hal inilah yang terjadi pada aplikasi Gojek tepatnya pada sistem pembayaran mereka yaitu Gopay. Lantas apa yang terjadi ? Singkatnya dengan menggunakan bug ini seseorang dapat melakukan Top up atau pembelian Google Play Card sebesar 500rb rupiah melalui Gopay dengan hanya membayar sebesar 22ribu rupiah. Sebuah angka yang sangat fantastis bukan.

Bagaimana tidak, hanya dengan 22ribu seseorang bisa mendapat Google Play Card atau GPC senilai 500rb rupiah. Hal ini jugalah yang membuat heboh sosial media terkhususnya grup-grup pemburu gratisan atau gretonger yang ada di Facebook. Dari yang saya lihat sendiri banyak anggota dari grup-grup tersebut yang “memamerkan” screenshoot google play balance mereka setelah sukses menggunakan bug tersebut, mulai dari 500ribu, 2jt hingga ada yang sampai 12jt rupiah. Hal ini tentunya mengundang anggota grup lain untuk melakukan hal yang sama.

  Inilah Cara Aktifkan Instagram Dark Mode untuk Android dan iOS

Satu Orang Bisa Mendapatkan 1,2 Milliar Atau Setara 2.400 Google Play Code Pecahan Rp 500.000

Dengan kata kunci “GPC” yang saya tulis di facebook,saya mendapati banyak orang menjual GPC dengan harga miring, bahkan hingga 50% dari harga aslinya.Terlebih dari itu ada beberapa orang yang ternyata berhasil memanfaatkan bug ini hingga mendapatkan GPC dengan nominal 1,2M.Dan ini baru satu orang, belum diketahui berapa banyak orang yang berhasil mendapatkan hingga nominal milyaran rupiah dari bug ini.

Berapa Perkiraan Kerugian Gojek Dari Bug Ini ?

Jika satu orang berhasil mendapatkan rata-rata 5jt GPC dan bahkan satu orang bisa berhasil mendapatkan hingga milyaran rupiah, maka jika orang yang memanfaatkan bug ini ada misalnya 10 ribu orang, sudah 50 miliar, gimana jika ada beberapa orang yang sampai 2 miliar memanfaatkan bug ini ? mungkin bisa diperkirakan puluhan hingga ratusan miliar kerugian yang di alami oleh pihak gojek.

Akankah Pelaku Penyalahguaan Bug GPC Go-Jek Di Proses Secara Hukum ?

Mengingat Kejadian Bug Google Payment indosat yang terjadi beberapa tahun silam,ada beberapa pelaku penyalahgunaan tersebut rumornya ada beberapa segelintir orang di proses secara hukum akibat memanfaatkan bug indosat google payment.

Mungkinkah hal tersebut akan terjadi juga pada kasus GPC go-jek kali ini ? Jika dilihat dari kerugian yang dialami oleh pihak Go-jek tentunya “mungkin” pihak gojek akan mengusut para pelaku yang memanfaatkan bug tersebut,karena kerugian yang dialami sangat cukup besar dan bukan nominal yang kecil.

Belum Ada Konfirmasi RESMI dari Pihak Go-jek

Jika dilihat dari laman facebook,instagram,twitter dan website go-jek hingga artikel ini diterbitkan belum ada konfirmasi resmi yang menyebutkan tentang kerugian dan kasus bug GPC ini.

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment