fbpx
Trentech.id

Yuk Desain Bot LINE Tanpa Koding Dengan LINE Bot Designer

Membuat chatbot LINE memang membutuhkan sedikit keterampilan ngoding. Agar user bisa berinteraksi secara interaktif dan chatbot LINE bisa merespon keinginan user, kita perlu memprogram chatbot tersebut menggunakan beberapa pilihan bahasa diantaranya JavaScript, PHP, Java, atau Python. Jika pembaca memiliki ide untuk membuat chatbot LINE tapi terkendala dengan kodingannya yang memusingkan, berbahagialah karena LINE Bot Designer akan memungkinkan kita membuat protipe chatbot LINE tanpa koding.

Apa Itu LINE Bot Designer

LINE Bot Designer adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk membuat prototipe sebuah chatbot untuk aplikasi perpesanan LINE dengan mudah tanpa memerlukan pengetahuan ngoding sedikitpun. Kita diberikan opsi untuk mendesain chatbot dalam skenario-skenario yang diinginkan.

Namun perlu diingat bahwa produk yang dihasilkan oleh LINE Bot Designer hanya bersifat prototipe dan belum bisa dijadikan chatbot sungguhan (yang bisa berinteraksi dengan pengguna lain). Tapi, prototipe ini bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses pembuatan bot aslinya atau untuk menunjukkan konsep bisnis yang ingin dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi LINE dan layanan chatbot.

Mendukung Semua Jenis Template Pesan LINE

Jika pernah menggunakan LINE, pembaca pasti sudah pernah melihat beberapa jenis pesan yang ada di dalamnya. Pesan-pesan LINE dapat berupa teks biasa, teks dengan gambar, teks dengan tombol konfirmasi, teks dengan gambar carousel, dan sebagainya. Semua jenis template pesan yang ada di LINE bisa dipakai di dalam Bot Designer. Pesan yang didesain oleh aplikasi ini akan menghasilkan kode-kode JSON yang bisa dipakai di chatbot yang sesungguhnya.

Pengujian Bot Seperti Aslinya

Dengan menggunakan LINE Bot Designer, kita bisa memanfaatkan berapan konfigurasi dan menu yang tersedia untuk menguji bot yang didesain. Kita bisa menguji beragam layanan chatbot melalui chatting room LINE juga bsia mengujinya di emulator dengan berbagai resolusi layar.

Membuat Layanan Bisnis dengan Berbagai Skenario

LINE Bot Designer dibuat untuk membantu pebisnis yang ingin merilis bisnis baru memanfaatkan aplikasi perpesanan LINE dengan chatbot, ingin membuat layanan chatbot baru, atau sekedar mendesain pesan-pesan yang menarik minat calon konsumen.

Unduh LINE Bot Designer

LINE Bot Designer sudah dapat diunduh untuk sistem operasi mac OS dan Microsoft Windows di sini. Cobalah untuk mendesain chatbot LINE kamu sekarang tanpa koding! [cp/ap]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements