fbpx
Trentech.id

5 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati!

Kamu seorang gamer sejati? Maka hal-hal di bawah ini harus kamu lakukan saat berkunjung ke Jepang!

Bagi seorang gamer, kamu tentu memiliki ceklis hal-hal yang harus kamu lakukan. Termasuk mengunjungi Jepang yang merupakan salah satu kiblat game dunia. Yap, banyak perusahaan game yang lahir dari negeri Sakura ini, seperti Sony, Nintendo, SEGA hingga Square Enix.

Berbicara mengenai Jepang, mungkin kamu sudah memiliki rencana untuk mengunjunginya suatu saat nanti. Sebagai seorang gamer, tentu kamu ingin pengalaman maksimal saat berkunjung ke sana bukan? Nah, melalui artikel ini Duniaku.net ingin memberikan lima ceklis hal yang harus kamu lakukan di Jepang jika kamu gamer sejati.

Ngaku gamer sejati? Jangan lewatkan untuk melakukan hal-hal di bawah ini ya!

1. Main VR di VR Zone Shinjuku

Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati
VR Zone Shinjuku. Dokumentasi Duniaku.net

Sebagai salah satu tempat hiburan yang tergolong baru (baru dua bulan dibuka), fasilitas milik Bandai Namco ini sudah pasti wajib masuk dalam ceklismu. Dari namanya saja sudah bisa dilihat, bahwa ini adalah tempat untuk menikmati berbagai pengalaman Virtual Reality (VR).

Di sini, anggap saja kamu datang ke Dunia Fantasi, namun hampir semuanya kamu nikmati dalam teknologi VR. Atraksi dalam tempat ini dibedakan menjadi tiga, VR Activity (yang terdiri dari 12 atraksi), Field VR Activity (1 atraksi) dan Activity (2 atraksi).

Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati
Dokumentasi Duniaku.net

Untuk masuk ke tempat ini, kamu bisa membeli tiketnya seharga 4.400 yen (sekitar Rp530 ribu) untuk satu hari. Dengan membayar sebesar ini, kamu bisa mendapatkan satu tiket masuk plus empat tiket yang bisa kamu gunakan untuk merasakan empat atraksi.

2. Mencicipi Berbagai Mesin Arcade

Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati!
Dokumentasi Duniaku.net

Sebagai salah satu kiblat dunia game, Jepang dipenuhi dengan pusat arcade. Arcade yang disediakan pun berbagai macam. Bahkan di ada beberapa pusat arcade yang khusus menyediakan claw machinedan UFO Catcher (mirip claw machine tapi hanya dua tangan) dengan hadiah yang beragam. Yap, satu gedung isinya claw machine semua!

Di luar claw machine dan UFO Catcher, beberapa arcade center juga menyediakan berbagai game menarik. Ada beberapa game yang (hampir) tersedia di semua arcade center yang sempat dikunjungi tim Duniaku.net seperti Mario Kart dan Taiko no Tatsujin.

Hal yang Harus Kamu Lakukan di Jepang Jika Kamu Gamer Sejati
Sumber foto: IGN

Distrik terbaik untuk berburu arcade center? Tentu di Akihabara. Di sana kamu bisa menemukan banyak pusat arcade dengan berbagai macam game, seperti SEGA Tower, TAITO dan Super Potato. Cukup keluar dari stasiun Akihabara, kamu akan mudah menemukan tempat-tempat ini.

Oiya, biasanya di arcade center juga tersedia berbagai mesin gacha. Jaga dompetmu ya!

3. Makan di Restoran Bertema Game

Dokumentasi Duniaku.net

Lapar? Tidak lengkap jika kamu tidak makan di restoran bertema game. Ada banyak restoran bertema game yang tersebar di seluruh penjuru Jepang. Salah satunya adalah Square Enix Cafe yang juga terletak di Akihabara yang sempat dikunjungi tim Duniaku.net saat liputan TGS 2017 kemarin.

Di Square Enix Cafe, kamu tidak hanya bisa menikmati menu-menu bertema game. Seperti Potion yang sebenarnya sih cuma minuman rasa lemon saja. Hehehe. Atau untuk makanan, kamu juga bisa memesan pancake dengan wajah moogle yang tercetak di atasnya.

Dokumentasi Duniaku.net

Di sini kamu bukan hanya makan dan minum saja. Setengah dari kafe ini sendiri merupakan tempat “jualan” merchandise Square Enix. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam merchandise eksklusif (dengan harga yang cukup eksklusif pula).

Oiya, untuk makan dan minum di kafe ini kamu tidak bisa masuk dan langsung duduk saja. Kamu harus reservasi terlebih dahulu di website resminya, atau menanyakan ketersediaan waktu kepada pelayannya. Terkadang di depan kafe juga terpampang waktu tunggu sebelum kamu bisa duduk dan makan di dalamnya. Yang antri pun tidak sedikit!

Meskipun tidak sempat duduk dan mencicipi makanan di kafe ini, kamu tetap bisa kok berkeliling dan “menghabiskan uang” dengan membeli merchandise Square Enix di sini. Hehehe.

4. Belanja Game dan Aksesorisnya

Sumber foto: Dannychoo

Mumpung di Jepang, saatnya kamu menambah koleksi game atau aksesorismu. Dibandingkan di Indonesia, harga konsol, game dan aksesoris di Jepang tentu lebih murah dan lebih bervariasi.

Untuk berbelanja game, kamu bisa mendatangi beberapa toko game terkenal di Jepang. Ada Yodobashi di Akihabara yang menjual berbagai game, konsol dan aksesoris serta mainan-mainan dengan harga murah. Atau jika kamu ingin pengalaman yang lebih berkesan, kamu bisa berkunjung ke Super Potato yang banyak menjual konsol dan game klasik seperti Famicom dan Dreamcast. Menarik bukan?

5. Mengunjungi Tokyo Game Show

Dokumentasi Duniaku.net

Dan sebagai gamer sejati, tentu tidak lengkap jika kamu tidak mengunjungi salah satu event game terbesar di dunia ini. Yap, Tokyo Game Show adalah “ultimate checklist” bagi gamer sejati jika pergi ke Jepang. Jadi disarankan kamu mengunjungi Jepang pada bulan September sekaligus mengunjungi Tokyo Game Show ini.

tips gamer sejati ke Jepang
Dokumentasi Duniaku.net

Meskipun nama acaranya Tokyo Game Show, namun sebenarnya acara ini tidak digelar di Tokyo Sih. Tepatnya digelar di Makuhari Messe di Chiba, Jepang. Acara yang terdiri dari kurang lebih 10 hall ini bakal memuaskanmu dengan berbagai demo game baru yang ditampilkan. Plus, kamu juga bisa bertemu dengan beberapa developer idolamu dan jika beruntung bisa langsung berinteraksi dengan mereka. [dk/ap]

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment