Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Yuk Simak Media Besar di Tanah Air Bagikan Tip Media Relations untuk Startup

8 June 2017
in News

Setiap perusahaan, termasuk startup, memerlukan media relations, yaitu aktivitas menjalin hubungan baik dengan media untuk mendapat publikasi positif yang berdampak pada reputasi perusahaan.

Sayangnya, masih banyak startup yang belum tahu bagaimana caranya untuk menjalin hubungan yang benar dengan media. Bahkan masih banyak startup Indonesia yang belum memahami pentingnya fungsi media relations sebagai salah satu sarana untuk mengenalkan produknya ke masyarakat.

Lalu, bagaimana cara membangun hubungan dengan media (media relations) yang tepat?

Baru-baru ini, iPrice berkolaborasi dengan sebelas media besar di tanah air untuk mengetahui tip menjalin hubungan dengan media yang benar dari sudut pandang mereka. Kesebelas media tersebut adalah Tech in Asia Indonesia, Dailysocial, Pikiran Rakyat, Sindonews, Kompas, BBC Indonesia, Jalan Tikus, The Jakarta Post, Merdeka, Metrotvnews, dan CNN Indonesia.

Berikut ringkasan tip media relations yang dipelajari startup:


Daftar Isi

  • Tech in Asia ID: Pastikan produk sudah siap digunakan
  • Dailysocial.id: Media Relations adalah investasi
  • JalanTikus.com: Kenali latar belakang jurnalis secara personal
  • Pikiran Rakyat: Media Relations adalah “menjual” konten ke media
  • Sindonews.com: Tidak mengerti media relations adalah kerugian
  • BBC Indonesia: Startup memerlukan edukasi tentang media relations 
  • Metrotvnews.com: Jalinlah relasi media hingga ke level pertemanan
  • Merdeka.com: Media relations yang baik diawali dengan email yang baik
  • CNN Indonesia: Buatlah konten yang memiliki impak ke Masyarakat
  • The Jakarta Post: Pahami karakteristik audiens media

Tech in Asia ID: Pastikan produk sudah siap digunakan

 

 

Beberapa media memiliki kriteria masing-masing saat memutuskan untuk mempublikasikan berita seputar startup. Inilah bocoran dari media teknologi terbesar di Asia, Tech in Asia Indonesia, mengenai kriteria startup yang memiliki nilai plus dan lebih mudah mendapat publikasi:

  • Startup tersebut sudah memiliki produk yang sudah jadi, tidak hanya sebatas ide. Ketika produk sudah jadi, maka media bisa mengulasnya.
  • Startup tersebut sudah pernah mengikuti dan lolos dalam kompetisi. Ini menandakan bahwa ide dan eksekusi bisnis startup tersebut sudah terkurasi dengan baik dibandingkan startup lain.
  • Sumber pendanaan startup juga menjadi salah satu pertimbangan media untuk memberikan publikasi atau tidak.

Bagi media, membangun hubungan dengan media amatlah penting untuk mengenalkan produk startup kepada masyarakat. Sangat disayangkan bila produk yang bagus dan bermanfaat bagi masyarakat tidak terekspos media. Nah, salah satu cara untuk memperkenalkan produkmu kepada masyarakat adalah dengan mempublikasikan konten kepada media.

Tech in Asia Indonesia juga membagikan beberapa tip konten yang menarik bagi media:

  • Konten tersebut memberikan insight dan dilengkapi dengan data pendukung yang diperlukan media.
  • Jangan terlalu memaksakan produk startup untuk dipublikasikan di media.
  • Pintar-pintarlah mengemas konten agar tidak terkesan “berjualan”.
  • Biarkan media mencoba fitur produk tersebut dan mengulasnya.

Dailysocial.id: Media Relations adalah investasi

 

 

Banyak perusahaan startup yang kurang memahami bahwa media relations adalah salah satu bentuk investasi yang harus dipupuk terus-menerus. Media seharusnya bisa menjadi sebagai partner yang bisa memberikan mutual relationship antar dua pihak.

Startup memberikan informasi yang dibutuhkan oleh media, berupa informasi teknologi, produk, dan data pendukung. Sebaliknya, media bisa memberikan publikasi untuk konten tersebut. Hubungan baik dengan media adalah hubungan terbuka yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

Hubungan baik dengan media adalah hubungan terbuka yang harus dilakukan secara berkelanjutan.


JalanTikus.com: Kenali latar belakang jurnalis secara personal

 

 

Media relations merupakan sebuah seni bagaimana menjalin hubungan dengan orang lain. Tentunya kedekatan hubungan secara personal dengan jurnalis dapat memudahkanmu untuk menyampaikan konten-konten yang berhubungan dengan startup kamu.

Pada dasarnya setiap media sangat terbuka dan mau membantu mempublikasikan startup baru, terutama startup lokal, asalkan produk yang disajikan merupakan produk final, matang, dan siap dipakai.

Tip mencuri perhatian jurnalis: jalinlah hubungan personal dengan mengetahui latar belakang dan spesialisasi jurnalis tersebut. Misalnya, memberikan konten teknologi kepada jurnalis yang khusus menulis berita teknologi. Kamu bisa punya kesempatan lebih besar untuk mendapat publikasi.


Pikiran Rakyat: Media Relations adalah “menjual” konten ke media

 

 

Banyak perusahaan startup yang tidak tahu bahwa publikasi media itu tidak berbayar, kalau berbayar namanya iklan. Alih-alih membayar media untuk mendapatkan publikasi, sebenarnya startup dapat memberikan konten yang bermanfaat bagi pembaca seperti informasi mengenai e-commerce, teknologi, dan sebagainya.

Banyak perusahaan startup yang tidak tahu bahwa publikasi media itu tidak berbayar, kalau berbayar namanya iklan.

Bagaimana caranya?

Perusahaan startup harus proaktif mendekatkan diri ke media dengan memberikan insight mengenai produk mereka. Ini dilakukan untuk meyakinkan media bahwa produk tersebut adalah sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi masyarakat.

Pelaku startup pun perlu mengetahui waktu yang tepat saat mengirim konten atau siaran pers kepada media, yakni pada pagi hari sekitar pukul 9 hingga 11 untuk mendapatkan prioritas untuk penerbitan.


Sindonews.com: Tidak mengerti media relations adalah kerugian

 

 

Tidak memahami media relations merupakan suatu kerugian bagi startup, lo! Sebab, tujuan utama dari media relations adalah untuk mengenalkan core bisnis startup, sehingga masyarakat mengetahui manfaat dari produk kamu. Tanpa media relations, kamu masih tertinggal beberapa langkah dibanding pesaing yang sudah maju di depan.

Bagaimana caranya?

Mulailah dengan mengirimkan press release yang berisi core bisnis startup kamu. Pastikan bahwa informasi produk dikemas dengan baik. Nilai plus bila konten yang kamu berikan bermanfaat bagi pembaca dan berhubungan dengan isu hangat yang ada di Indonesia, misalnya masalah angkutan online.

Selain memberikan press release dalam bentuk hard copy (biasanya diberikan saat event berlangsung), media ternyata lebih senang bila kamu memberikan siaran pers dalam bentuk soft copy. Tentunya, kamu perlu melengkapinya dengan data pendukung, seperti infografis atau data relevan lainnya.

Bagaimanapun, startup harus lebih aktif menghubungi media terlebih dahulu. Jika sempat, sesekali berkunjunglah ke kantor media agar hubungan baik tetap terjaga.


BBC Indonesia: Startup memerlukan edukasi tentang media relations 

 

 

Menurut BBC Indonesia, pelaku startup memerlukan edukasi tentang media relations, karena masih banyak startup yang kurang paham bagaimana cara memberikan konten menarik agar media mau mempublikasikannya.

Padahal, fungsi media relations sangat penting untuk mendorong awareness masyarakat tentang startup, apalagi bila startup tersebut unik dan memberikan solusi bagi masalah masyarakat.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh perusahaan startup adalah memberikan konten belum siap untuk dipublikasikan. Misalnya, memberikan informasi produk yang masih prototipe, sehingga belum bisa dijajal oleh masyarakat.


 

 

Penting bagi startup untuk memahami seberapa besar nilai berita (news value) dari konten yang mereka suguhkan ke media. Kompas.com membocorkan empat  kriteria konten dengan nilai berita tinggi: menginspirasi, relevan untuk pembaca, membanggakan, dan aktual.

Startup juga harus memberikan kesan pertama yang baik di setiap email yang dikirimkan ke media, misalnya menulis subjek email yang menarik, menulis dua paragraf pertama dengan baik agar mampu menggugah media.


Metrotvnews.com: Jalinlah relasi media hingga ke level pertemanan

 

 

Menurut Metrotvnews.com, media relations yang baik adalah menjalin hubungan manusiawi dengan jurnalis hingga level pertemanan. Dengan pertemanan ini, startup dapat belajar sudut pandang media tersebut dalam membuat berita.

Memiliki teman jurnalis juga bisa menjadi partner diskusi yang baik. Kamu bisa meminta saran dan kritik mengenai konten-konten yang ingin kamu publikasikan ke media.


Merdeka.com: Media relations yang baik diawali dengan email yang baik

 

 

Jalinan hubungan dengan media bisa sesederhana komunikasi dua arah melalui email. Hubungan ini merupakan simbiosis yang saling menguntungkan, tidak hanya menguntungkan salah satu pihak saja.

Buatlah email secara personal yang ditujukan kepada jurnalis yang bersangkutan. Jurnalis atau media lebih menyukai email personal seperti ini daripada email blast. Selain email yang dipersonalisasi, media juga lebih menyukai konten yang informatif, bermanfaat, dan tidak menggunakan bahasa yang bertele-tele.


CNN Indonesia: Buatlah konten yang memiliki impak ke Masyarakat

 

 

CNN Indonesia lebih menyukai konten-konten yang mengedepankan hal-hal yang bersentuhan dengan masyarakat umum dan kehidupan sehari-hari mereka. Konten yang baik juga memiliki sisi unik, baru, dan bisa berdampak ke pembaca.

Pelaku startup harus mengerti bagaimana sudut pandang jurnalistik dalam membuat berita, seperti memberikan informasi penting pada paragraf-paragraf awal dan mengurangi kata-kata pendahuluan yang tidak penting. Hal ini memudahkan media dalam menyaring inti sari dari siaran pers yang kirim.


The Jakarta Post: Pahami karakteristik audiens media

 

 

Selain membuat konten yang berhubungan dengan isu-isu yang sedang hangat, penting bagi startup untuk mengidentifikasi media yang ingin mereka tuju sebagai sarana publikasi konten mereka.

Cara mengidentifikasinya adalah dengan memahami demografi dan karakteristik pembaca dari media tersebut. Pastikan pula bahwa konten yang akan dikirim memiliki manfaat bagi pembaca mereka. Misal kamu ingin memiliki konten tentang gaya hidup, maka kirimkan konten tersebut ke media-media yang membahas gaya hidup. [tia/ap]

Berikan rating

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: cnndailysocialkompasmedia sharingmerdekatechinasiatip media
1.4k
VIEWS
Previous Post

3 Strategi Baznas Tingkatkan Penerimaan Zakat di Era Digital

Next Post

Apple Beri Kursus Online Untuk Yang Ingin Membuat Apps

Related Posts

mata uang digital won

Bank Sentral Korea Selatan Uji Coba Won Digital untuk 100 Ribu Warga

24 March 2025
1.4k

Bank of Korea (BOK), bank sentral Korea Selatan, siap menggebrak dunia keuangan dengan uji coba Central Bank Digital Currency (CBDC)...

zakat dengan kripto

Malaysia Negara Pertama Terima Zakat dengan Crypto

11 March 2025
1.4k

Malaysia mencatat sejarah sebagai negara pertama di dunia yang menerima zakat melalui cryptocurrency. Pusat Pengumpulan Zakat-Majelis Agama Islam Wilayah Federal...

trump bitcoin

Trump Teken Perintah Eksekutif Cadangan Bitcoin Strategis: Langkah Besar AS di Dunia Kripto

7 March 2025
1.4k

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, resmi menandatangani perintah eksekutif untuk membentuk Cadangan Bitcoin Strategis pada Kamis, 6 Juni 2025. Keputusan...

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    2388 shares
    Share 955 Tweet 597
  • 3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

    939 shares
    Share 376 Tweet 235
  • 16 Jenis Saham: Panduan Lengkap Memahami Dunia Investasi

    570 shares
    Share 228 Tweet 143
  • HP Nokia Edge 2022 Mirip Iphone 13, Cek Harga dan Spesifikasi

    294 shares
    Share 118 Tweet 74
  • Strategi Zalora Sukses Raih Profit

    126 shares
    Share 50 Tweet 32
  • Ini Dia Cerita di Balik Para Hero Mobile Legends

    167 shares
    Share 67 Tweet 42
  • Daftar Emiten Saham Kapal Induk

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Inilah 15 Skin Paling Keren di Mobile Legends

    325 shares
    Share 130 Tweet 81
  • Cara Menentukan Scale Up Produk Secara Tepat

    122 shares
    Share 49 Tweet 31
  • Ini Dia 7 Perintah CMD Keren yang Wajib Kamu Coba

    356 shares
    Share 142 Tweet 89

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News