fbpx
Trentech.id

Whatsapp Luncurkan Fitur Baru Group Video Call

Menggunakan Whatsapp sebagai aplikasi untuk berkomunikasi saat ini menjadi lebih nyaman. Setelah sebelumnya Whatsapp mengeluarkan fitur berupa komunikasi dengan grup atau Group Calling untuk para beta tester, saat ini fitur tersebut sudah dapat dirasakan oleh semua pengguna Whatsapp.

Per tanggal 30 Juli 2018, Whatsapp pun secara resmi mengeluarkan fitur group call untuk suara dan video ke semua penggunanya. Seperti biasa, para pengguna Whatsapp tidak perlu melakukan update karena fitur ini langsung diberikan dari server-nya. Akan tetapi, jika versi Whatsapp Anda terlalu lama, kemungkinan besar fitur ini tidak bisa digunakan dan tetap harus melakukan updatemelalui Google Play atau App Store.

Sebelumnya, para pengguna iPhone kesulitan dalam melakukan akses fasilitas yang satu ini. Tidak seperti Android yang selalu disediakan APK beta di website resmi Whatsapp dan bisa di-downloadkapan saja, iPhone tidak memiliki fasilitas yang sama. Dan hari ini, para pengguna iPhone pun sudah bisa dengan leluasa menggunakannya karena sudah tersedia secara resmi.

Whatsapp mengklaim bahwa panggilan grup ini akan aman dari tangan jahil. Hal tersebut dikarenakan Whatsapp sudah menggunakan end to end encryption yang terjadi pada saat panggilan dilakukan. Hal ini bahkan membuat Whatsapp sendiri tidak bisa mendengarkan suara kita pada saat melakukan panggilan.

Fasilitas panggilan grup ini bisa dinikmati oleh maksimal empat orang pengguna. Selama menggunakan saat masih beta, panggilan grup justru terasa lebih baik dan lebih lancar dibandingkan dengan video call antar dua pengguna. Hal tersebut pun juga terasa saat melakukan panggilan suara dengan grup yang jeda suaranya lebih kecil daripada melakukan panggilan suara biasa pada aplikasi tersebut.

Walaupun begitu, saat melakukan panggilan suara dan video, usahakan agar koneksi internet Anda ada dalam keadaan yang prima. Gunakan jaringan 4G LTE agar arus data lebih lancar dan kencang. Hal tersebut tentu saja untuk menghindari agar tidak terjadi lag dan video yang terpotong-potong. [ds/ap]

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment