fbpx
Trentech.id

Traveloka Bersiap Menjadi Unicorn Indonesia Setelah Mendapat Pendanaan dari Expedia

Pada 27 Juli 2017 lalu, startup pemesanan tiket pesawat dan hotel Traveloka mengumumkan kalau mereka telah mendapat pendanaan sebesar US$350 juta (sekitar Rp4,6 Triliun) dari Expedia. Selain memberikan investasi, perusahaan travelonline besar asal Amerika Serikat tersebut juga akan membantu Traveloka dalam menghadirkan layanan pemesanan hotel di seluruh dunia.

Expedia merupakan pemilik dari beberapa situs travel online seperti Expedia, Trivago, hingga Hotels.com. Dengan pendanaan ini, maka Traveloka secara total telah menerima investasi sebesar US$500 juta (sekitar Rp6,6 triliun) selama setahun terakhir. East Ventures, Hillhouse Capital Group, Sequoia Capital, dan e-commerceasal Cina JD berpartisipasi dalam dua pendanaan terakhir mereka.

Saling menguntungkan

“Kerja sama ini memungkinkan pengguna kami untuk mendapat akses terhadap akomodasi internasional. Kami pun akan bekerja sama dengan Expedia untuk mengembangkan layanan kami di Asia dan wilayah lainnya,” ujar Ferry Unardi, co-founder dan CEO Traveloka, dalam siaran pers yang diterima Tech in Asia Indonesia.

Ferry-Unardi-Traveloka

Ferry Unardi, CEO Traveloka

Di sisi lain, Expedia pun bisa memanfaatkan pengetahuan Traveloka di pasar Asia Tenggara demi mengembangkan bisnis mereka. Saat ini Traveloka telah bekerja sama dengan seratus maskapai penerbangan, serta melayani pengguna di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Kiprah Traveloka sejauh ini

Berdiri sejak tahun 2012, Traveloka kini telah menghadirkan banyak layanan selain pemesanan tiket pesawat dan hotel. Mereka telah menghadirkan layanan pemesanan tiket kereta api dan tiket masuk lokasi wisata, hingga paket data. Di Indonesia sendiri, mereka bersaing dengan beberapa travel online lain yang ada seperti Tiket.com yang pada Juni 2017 lalu baru diakuisisi oleh Blibli, serta PegiPegi.

Demi menggaet pengguna, Traveloka cukup sering menghadirkan iklan, baik di internet, televisi, serta reklame. Mereka pun menjadi sponsor dari beberapa kompetisi, mulai dari Liga 1 hingga Asia’s Got Talent. Menarik untuk ditunggu bagaimana pengaruh investasi dan bantuan Expedia ini dalam membantu perkembangan mereka di Asia Tenggara. [tia/ap]

  Buat Kamu yang Merasa Sulit Lulus Kuliah di Jurusan IT
Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements