fbpx
Trentech.id

Tips Memulai Pembicaraan Saat Menjalin Relasi Pada Suatu Event

Menjalin relasi atau yang lebih dikenal dengan istilah networking merupakan hal yang paling umum ditemui dari sebuah konferensi. networking bisa menjadi sesi yang paling menyenangkan dan menyulitkan di saat bersamaan.

Bila kamu berhasil melakukan networking dengan rekan yang tepat, kamu bisa mendapatkan mitra profesional atau bahkan suntikan dana segar dari investor! Belum melakukan networking? Segera lakukan atau kamu akan kehilangan banyak peluang.

Memulai sebuah percakapan sebenarnya mudah, semudah mengulurkan tangan untuk berjabat. Namun, sebenarnya kamu perlu sedikit kerja keras ketimbang sekadar basa basi menanyakan kabar atau kondisi jalanan hari ini. Kamu bisa menyontek empat pertanyaan berikut ini agar sesi networking kamu tidak canggung dan tidak dicap basa-basi.


Apa pendapatmu tentang acara ini?

Pertanyaan ini umumnya dianggap sebagai pertanyaan jitu untuk memulai sebuah percakapan. Pertanyaan ini tepat bila kamu tahu siapa lawan bicaramu dan apa yang dia lakukan sebelumnya. Tapi, jika kamu tak punya informasi apa pun tentang lawan bicaramu, satu hal yang kamu tahu adalah kehadirannya di acara yang sama denganmu. Kamu bisa memulainya dengan menanyakan tanggapannya mengenai acara atau segmen tersebut.

Bagaimana perkembangan startupmilikmu?

Ada kemungkinan kamu bertemu langsung dengan pengusaha dari industri yang berbeda. Jadikan ini kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang industri tersebut, bagaimana mereka bisa masuk ke industri itu, serta apa prediksi mereka mengenai industri tersebut di masa depan. Sama halnya kamu yang tidak mengetahui industri mereka, lawan bicaramu bisa jadi juga tidak memahami industri bisnis yang kamu geluti saat ini. Topik ini bisa jadi kesempatan belajar bagi kalian berdua, lo!

  BLANJA.com Bangkrut Terkena Efek Pandemi

Sebaliknya, bila kamu berbincang dengan lawan bicara dari industri yang sama, tanyakan tentang karier mereka, bagaimana pekerjaan mereka saat ini, dan bagaimana cara mereka menggapai kesuksesan. Gali sebanyak mungkin wawasan dan tip dari mereka, karena siapa tahu ada satu atau dua hal yang bisa kamu implementasikan pada bisnis atau kariermu saat ini.

Saat tidak sedang bekerja, aktivitas apa yang kamu senangi?

Networking tidak harus selalu berkaitan dengan bisnis. Kadang, obrolan ringan justru bisa membuat percakapan terus mengalir. Topik santai seperti rekomendasi buku, tim olahraga favorit, dan nasihat umum mengenai kehidupan justru membuat obrolan lebih hidup. Bahasan ringan seperti ini dapat membantumu lebih akrab dengan lawan bicara sehingga obrolan  serius selanjutnya bisa mengalir dengan lebih santai.

Apa kita tetap bisa berkomunikasi setelah acara ini?

Akan ada situasi di mana kamu harus mengakhiri percakapanmu dan mulai menjalin relasi dengan yang lainnya. Di momen tersebut, pertanyaan ini adalah cara yang baik untuk menyelesaikan percakapan. Pastikan kamu saling bertukar informasi kontak atau kartu nama dan merencanakan pertemuan selanjutnya. Kamu tentu tidak ingin kehilangan kontak dari kenalan barumu, bukan?


Networking di salah satu konferensi terbesar

Salah satu keuntungan dari sesi networking adalah membantu kamu menjalin relasi yang tidak mungkin dilakukan di kesempatan lain. Apapun tujuan awalmu dalam menghadiri sesi networkingstartup atau bertukar pikiran dengan mitra bisnis baru – menjalin relasi adalah kemampuan berharga yang mutlak harus kamu miliki. [tia/ap]

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments