fbpx
Trentech.id

Tahukah Kamu? 498 Dari 500 Superkomputer Tercepat Di Dunia Menggunakan Linux

Top500 telah mengungkapkan daftar terbaru dari superkomputer tercepat yang ada di planet bumi ini. Superkomputer yang berjalan menggunakan linux ternyata sangat mendominasi dari daftar yang telah dikeluarkan Top500 tersebut. Jika kamu membaca 25 fakta unik tentang linux ini, berita ini seharusnya tidak mengejutkan kamu lagi.Awal tahun ini, super komputer TaihuLight merupakan super komputer tercepat yang mengalahkan saudaranya Tianhe-2. dalam daftar terbaru ini, cina telah berhasil mempertahankan supremasinya dengan Sunway TaihuLight di 93 Petaflops dan Tianhe-2 di 34 Petaflops. Bagi kamu yang belum mengetahui Petaflops, Petaflops adalah 1000 Teraflops atau 1 Kuadriliun operasi floating-point per detik. Wow kira-kira berapa kali ratus atau ribu dari PC yang kita punya yaa.

Dari 500 system yang ada, 498 mesin berjalan di atas System Linux. Sisa dua mesin berjalan diatas IBM AIX, sebuah varian Unix. Sejak datangnya Linux di tahun 1998, secara konsisten linux terus tumbuh dan mendominasi super komputer tercepat di dunia.China dan US keduanya mengklaim memiliki 171 super komputer pada daftar, Perhitungannya mencapai 2/3 dari daftar keseluruhan yang ada. Jerman menempati posisi ke tiga dengan 31 super komputer, diikuti dengan jepang 27 buah, perancis 20 buah, Inggris 13 buah. Berdasarkan peforma Linpack, AS memiliki 33,9 persen mengalahkan cina dengan 33,3 persen.

Jika kita melihat tahun lalu, AS adalah pemenang yang sangat jelas dengan 200 superkomputer, diikuti cina 108 buah, jepang 37 buah, dan Inggris serta perancis keduanya dengan 18 buah. Jumlah total peforma dari seluruh daftar super komputer yang ada saat ini 672 Petaflops, yang mana 60% lebih besar dibandingkan dengan kinerja tahun lalu.Dan juga, mesin yang lebih cepat dari 1 petaflops menempati posisi 117 pertama. Tahun lalu jumlah ini terbatas pada 81 buah. Apa pendapatmu tentang dominasi linux pada super komputer di dunia? dapatkah menguasai semua 500 sistem di 2017?

  Lakukan 5 Hal ini Agar Kehidupanmu Berubah Lebih Baik

Sumber : CD

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements