Trentech.id

Selagi Masih Muda, Coba Kuasai 5 Software Ini

Dunia teknologi itu tidak ada matinya sama sekali, saat kamu berpikir bahwa kamu sudah bisa suatu hal dan tidak mau mencoba untuk belajar hal lainnya, maka bisa saja kamu akan tertinggal.

Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi yang saat ini begitu cepat, saking cepatnya tidak berasa bahwa sudah lahir berbagai teknologi yang dulunya enggak ada sekarang jadi ada, contohnya? Enggak usah jauh-jauh, kamu baca artikel ini lewat apa? Dulu kalau mau baca artikel kan hanya bisa dilakukan lewat media cetak.

Nah sekarang udah tahu kan betapa cepatnya teknologi itu berkembang? Kalau kamu ingin bercita-cita menjadi seorang IT handal dalam bekerja, kamu sebaiknya mempelajari hal berbagai software ini selagi masih muda, jadi ilmunya akan lebih banyak dan bisa kamu aplikasikan pada dunia kerja nantinya.

Apa saja software-softwarenya? Ini dia list-listnya:

 

1. Software Desain Grafis

Biasanya software desain grafis cukup mudah dipelajari, karena dengan berbagai tutorial yang sudah bertebaran di google ataupun youtube bisa kamu pelajari. Jangan salah, profesi seorang Graphic Designer itu sekarang banyak dicari lhooo….

Apalagi kalau kamu orangnya suka gambar, suka dengan estetika, & hal-hal detail lainnya, sebaiknya coba belajar desain grafis. Kayanya ini bisa jadi hobi baru buat kamu. Ada banyak beberapa software yang bisa kamu coba seperti Photoshop, Corel Draw, Adobe Illustrator, 3D Max, dan masih banyak lagi.

Bahkan kalau kamu sudah jago nanti, walaupun kamu masih sekolah kamu bisa lhoo ikut kontes lomba untuk event-event tertentu, bahkan jika udah expert, mungkin kamu bisa saja dapet penghasilan sendiri dengan menjadi freelance.

 

 

2. Software Editing Video

Sebaiknya kalau kamu sudah belajar software desain grafis enggak lengkap kalo kamu juga enggak nyoba belajar buat editing video. Soalnya zaman sekarang itu industri film banyak butuh tenaga-tenaga ahli yang punya “sense” kreatif untuk membuat film mereka jadi lebih apik.

  Belajar Konsep Wireframe Pada Website

Siapa tahu ketika kamu akan bekerja, kamu jadi salah satu orang yang mungkin terlibat dalam pembuatan film-film besar. Kalo kamu  pernah denger, mungkin nama Andre Surya adalah salah satunya yang bisa kamu contoh.

Beberapa software editing video yang bisa kamu coba diawal adalah Camtasia, Adobe Premiere Pro, Sony Vegas Pro, Pinnacle Studio dan lainnya. Kalau kamu sudah merasa butuh sesuatu yang lebih untuk memperdalam ilmu kamu, kamu bisa cari software editing video lainnya di mbah google.

 

3. Software Bahasa Pemrograman

Nah buat yang satu ini memang agak-agak sulit sih, tapi yakin deh kalau kamu bisa menguasai beberapa software bahasa pemrograman seperti software C++, visual basic, bluefish editor, notepad ++, dsb.

Memang sih bahasa pemrograman itu cukup banyak yang harus kamu pelajari, seperti Java, HTML, PHP dan teman-temannya yang lain 😀

Tapi percayalah kalau kamu udah bisa menguasai bahasa pemrograman, ketika lulus bekerja nanti kamu bakalan mudah dapat pekerjaan karena memang tujuan belajar bahasa pemrograman adalah menjadi seorang programer.

 

4. Software Akuntansi

Bagi kamu yang memang suka sama hitung-hitungan, dan mau mengambil kuliah jurusan akuntasi kamu bisa mencoba belajar beberapa accounting software yang ada saat ini. Beberapa software yang bisa kamu coba seperti Accurate, Zahir, DealPOS, dan lain-lain.

Tentunya ketika kamu sudah mahir dengan software akuntansi dari sekarang, ketika sudah bekerja nantinya, kamu akan lebih mudah beradaptasi di perusahaan tempat kamu bekerja. Jurusan akuntansi saat inipun juga mulai banyak diminati, jadi persiapkan diri kamu dengan baik ya kalau berminat terjun di bidang ini.

 

5. Software Jaringan Komputer

Pada pilihan terakhir ini, kamu sebaiknya coba deh kuasain berbagai software jaringan komputer.

  Ini Dia 5 Trik Mudah Agar Blog Diterima Google Adsense

Kenapa demikian?

Soalnya sekarang itu kita udah masuk ke era internet super cepat. Jadi para generasi muda kita dituntut untuk mengerti soal dunia jaringan. Sebaiknya kamu mempelajari Linux OS, Mikrotik dan beberapa software seperti packet tracert yang bisa mensimulasikan aktivitas jaringan yang telah dibangun.

Jangan lupa untuk belajar mengenai IP address, firewall, konsep routing dan hal yang terkait dunia jaringan. Kalau masih belum tahu bisa bertanya pada si mbah google lagi hehehehe.

Dengan belajar software jaringan dan berbagai konsep serta praktiknya, peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan terbuka lebar karena saat ini tentu banyak perusahaan yang mencari seseorang yang memiliki pengetahuan yang luas dan kemampuan troubleshooting  yang baik dalam dunia teknologi yang mulai kita masuki.

Nah sekarang udah tahu kan kenapa selagi muda harus belajar banyak hal?

Sebenernya kamu enggak harus kuasain semua software-software di atas kok, tapi itu beberapa bidang yang saat ini memang banyak dibutuhkan. Kalau kamu bisa menguasai salah satunya itu udah bagus.

Tapi kalau bisa semua kenapa enggak dicoba? Kan kamu belum tahu kalau enggak mencobanya J. Terlepas dari itu semua, kamu harus tetep fokus pada satu bidang untuk bener-bener kamu kuasai secara mendalam nantinya. Selagi muda enggak apa dong, coba berbagai hal yang bisa membuat kemampuan kamu berkembang dengan baik.

Advertisements

ruslan aditya

Halo, nama saya ruslan aditya, biasa sih dipanggil sama temen-temen Adit. Sekarang mahasiswa semester 6 Jurusan IT di salah satu Univ. Swasta di Jakarta. Hobi nulis, gaming, Linux maniac User & kepo sama teknologi-teknologi baru. Kalau ada yang mau berdiskusi bisa PM aja yahh :)

1
Berikan komentar..

Please Login to comment
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
Angga Permana Recent comment authors
terbaru terlama favorit
Angga Permana

menginspirasi sekali

Follow Trentech.id

Advertisements