Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Founder Startup Sering Melewatkan Ini Saat Pitching

16 June 2022
in Startup
pitching startup
1.6k
VIEWS
5/5 - (2 votes)

Founder startup sering menyampaikan pitching dengan sukses bisa dianalogikan seperti menyodorkan lembar cek kosong untuk diisi oleh investor. Saking besarnya pengaruh sebuah pitching, banyak startup mempersiapkannya berbulan-bulan demi momen penting yang berlangsung singkat ini.

Tapi, meski sudah mempersiapkan secara matang dan menampilkan performa terbaik, banyakstartup hanya mendapat respons seadanya. Jarang yang akhirnya berujung pada sebuah diskusi lebih jauh. Apa yang salah?

Baca lagi

Analisis Pitch Deck Zomato: Bagaimana Pitch Deck Zomato Berhasil Mencuri Perhatian Investor

Bagaimana Mengatur Timing Fundraising yang Tepat untuk Bisnis Startup di Era Gig Economy

Airbnb Catat Pertumbuhan Pendapatan 40 Persen di Tahun 2022, 2023?

Investor mendengar ratusan pitching setiap bulannya. Jadi, jika pitching yang kamu sampaikan kurang berkesan dan bukan menjadi prioritas di pikiran mereka, maka ide bisnismu bisa terlupakan begitu saja.

[postingan number=3 tag=”startup”]

pitching startup

Banyak pihak akan merekomendasikan kamu untuk mengikuti formula 11-slide pitch deck sebagaimana yang dipopulerkan oleh berbagai VC, yaitu:

  1. Elevator Pitch
  2. Potensi pasar
  3. Masalah
  4. Solusi
  5. Model bisnis
  6. Traksi
  7. Strategi pertumbuhan
  8. Tim
  9. Proyeksi finansial
  10. Persaingan
  11. Dana yang dibutuhkan

Sangat beralasan jika formula tersebut dipakai oleh banyak founder startup. Banyak VC merekomendasikan formula itu karena strukturnya yang solid dan mencakup hampir semua hal yang ingin diketahui investor.

Masalahnya, sebagian besar founder startup terlalu banyak bicara tentang masalah yang ingin mereka pecahkan dan malah melewatkan satu detail penting yang bisa menggugah minat investor: “Kenapa sekarang?”

Why Now | Screenshot

Kenapa kamu yakin bahwa sekarang adalah saat di mana pasar sudah siap untuk produk atau layanan yang kamu tawarkan? Kenapa investor harus berinvestasi di startup kamu saat ini, bukannya nanti?

Investor biasanya akan mengajukan pertanyaan dan mempertimbangkan bisnismu sebelum menggelontorkan dana, tapi jangan biarkan mereka berpikir terlalu lama (meski kadang memang butuh waktu lebih lama tergantung pada berbagai faktor, seperti kurangnya informasi).

Founder startup mencari dana untuk bergerak lebih cepat, untuk mendominasi sebuah industri selagi belum banyak pesaing dan masih menggiurkan. Jika tidak ada urgensi, apa gunanya? Kamu perlu mengingatkan para investor bahwa tawaran bernilai tinggi yang kamu sodorkan ada batas waktunya. Tentu saja, jangan kelihatan terlalu memaksa.

“Investor terjebak di antara dua jenis rasa takut:
1) Takut berinvestasi di startup yang akhirnya gagal, dan
2) Takut melewatkan startup yang melaju dengan sukses”

-Paul Graham, founder – Y Combinator

Isi dari slide “kenapa sekarang” milikmu sang founder startup

Sebenarnya tidak harus dalam bentuk slide, hanya saja kamu perlu memastikan bahwa ini terintegrasi dalam presentasi yang kamu sampaikan. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana kamu memasukkan “kenapa sekarang” dalam presentasimu.

Momentum pertumbuhan

Tidak semua founder startup punya angka ini. Tapi menyebutkan tingkat pertumbuhan mengesankan bisnismu yang terjadi dalam kurun waktu singkat bisa meyakinkan investor. Jika kamu cukup beruntung telah memiliki traksi saat pitching, maka jangan lupa untuk memamerkannya kepada investor.

Mungkin kamu sudah menyebutkan angka tersebut di slide “traksi” kamu. Tapi kamu perlu menekankan bahwa potensi pertumbuhan startup kamu saat ini adalah waktu paling menguntungkan bagi investor untuk ikut bergabung.

Growth Rocket Graphic | Chart

Namun, kamu harus berhati-hati untuk tidak memberikan informasi tentang prediksi atau angka yang menyesatkan.

Banyak founder startup menampilkan traksi pendapatan mereka, tapi hanya sedikit yang mau menampilkan angka laba kecil. Dalam kasus ini, angka pertumbuhan pengguna mungkin lebih bagus untuk mengilustrasikan tingginya potensi pelanggan berbayar.

Jika kamu benar-benar punya angka tersebut, maka ceritakanlah sebuah kisah menarik tentang itu yang membuat investor bertindak secepat mungkin.

Peristiwa penting yang terjadi di industri

Apakah startup kamu siap tumbuh secara eksponensial karena wacana atau kebijakan baru pemerintah di negaramu? Jika ya, maka bagus. Peristiwa seperti ini tidak sering terjadi. Jika kamu mengalami hal ini, maka kamu harus langsung bergerak dengan cepat

Startupindia | founder startup

Contohnya: Kampanye #startupindia yang dicanangkan Perdana Menteri Narendra Modi menyertakan kebijakan-kebijakan yang memudahkan startup untuk mendapatkan hal-hal yang mereka perlukan dan meningkatkan kewirausahaan digital.

Kamu bisa memanfaatkan berita semacam ini untuk menunjukkan urgensi pada investor untuk mengambil keuntungan dari kondisi yang terjadi saat ini, atau mereka akan ketinggalan.

Namun, hati-hati untuk tidak memberi kesan seolah seluruh bisnismu bergantung pada faktor eksternal. Pastikan kamu menunjukkan bahwa model bisnismu cukup gesit bahkan jika kondisi industri berubah.

Tren industri yang akan datang

Executive Pitching | founder startup

Ketika membahas tentang potensi pasar, kamu bisa langsung menyebutkan perkembangan baru atau prediksi tren yang akan mempercepat pertumbuhan di sektor yang kamu masuki.

Contohnya: “Tahun lalu, sekitar 15,5 juta orang Amerika Serikat adalah self-employed(bekerja untuk diri sendiri, bukan untuk individu lain atau perusahaan). Empat tahun mendatang, jumlah ini diprediksi akan naik empat kali lipat menjadi 60 juta orang.”

Dengan berkata demikian, kamu mengilustrasikan bagaimana industri ini baru saja bergerak menuju arah yang bisa dimanfaatkan oleh startup kamu saat ini, sebelum startup lain mulai ikut masuk.

Market Size AirBnB | Chart

Dalam hal ini, alangkah baiknya jika kamu tidak terlalu mengumbar janji karena tidak ada jaminan bahwa kamu bisa menguasai seluruh potensi pasar. Perhitungkan target porsi pasar yang bisa dicapai startup kamu terlebih dahulu untuk memberikan proyeksi realistis.

Teknologi baru

Apakah startup kamu bergerak di ranah baru yang belum ada? (contohnya robot pribadi untuk konsumen) atau memanfaatkan teknologi baru yang akan datang?

Jika tim kamu memenuhi syarat untuk menjalankan bisnis tersebut, maka kamu dapat menjelaskan tentang apa yang bisa dilakukan tim kamu dengan teknologi yang belum diadopsi ini. Yakinkan investor bahwa menjadi yang pertama dalam ranah ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka.

Contohnya: “Kita semua tahu era AI akan datang, tapi belum ada yang menemukan cara untuk menggunakannya dalam hal mendorong penjualan. Solusi kami memungkinkan bisnis memanfaatkan AI untuk mendorong penjualan on-demand.”

Personal Robo | Photo

Setiap orang ingin menjadi bagian dari ”the next big thing”, tapi kebanyakan investor akan berhati-hati terhadap bisnis “baru” karena biasanya disertai dengan risiko. Kamu bisa memberikan contoh model bisnis serupa yang terbukti berhasil di masa lalu untuk meredakan kekhawatiran mereka. Founder startup akan membuat semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

Jika industri yang kamu masuki memang benar-benar belum ada, maka ini akan jauh lebih sulit. Tapi kamu harus tetap mempertahankan keyakinanmu dan berusaha menepis semua keraguan investor. Lagi pula, memang tidak ada yang namanya investasi bebas risiko.

Berikut adalah sebuah contoh pitching bagus yang bisa menjawab pertanyaan “Kenapa sekarang?” secara efektif:


Kesalahan yang sering dilakukan founder startup di atas seharusnya menjadi pelajaran berharga untuk kamu yang sedang berjuang sebagai founder startup. Silahkan isi komentar dibawah jika kamu memiliki feedback tentang artikel ini.

[tia/ap]

Tags: 1000startupfounderfounder startuppitchingstartupstartup founderventure capital
Previous Post

58 Persen Pendiri Startup Sukses Bukan Kuliah Jurusan Teknologi

Next Post

Shopee Bakal PHK Besar-besaran di Sejumlah Negara, Indonesia Termasuk?

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

pitch deck zomato

Analisis Pitch Deck Zomato: Bagaimana Pitch Deck Zomato Berhasil Mencuri Perhatian Investor

3 March 2023
1.4k

Zomato, perusahaan layanan pengiriman makanan dan reservasi restoran terkemuka di India, dikenal karena pitch deck-nya yang sukses. Pitch deck adalah...

pitching startup

Bagaimana Mengatur Timing Fundraising yang Tepat untuk Bisnis Startup di Era Gig Economy

21 February 2023
1.4k

Platform penyedia layanan jasa, baik dalam bidang keuangan maupun pengiriman barang, terus tumbuh dan berkembang pesat di era digital ini....

airbnb 2022

Airbnb Catat Pertumbuhan Pendapatan 40 Persen di Tahun 2022, 2023?

20 February 2023
1.4k

Airbnb adalah salah satu platform pemesanan akomodasi online terbesar di dunia. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2008 ini telah berevolusi...

Login
Please login to comment
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1011 shares
    Share 404 Tweet 253
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    354 shares
    Share 142 Tweet 89
  • Mengenal Lean Product Development dan Berbagai Keunggulannya

    139 shares
    Share 56 Tweet 35
  • Yuk Ketahui Sejarah Perkembangan Aplikasi Chat di Seluruh Dunia

    153 shares
    Share 61 Tweet 38
  • Inilah 15 Skin Paling Keren di Mobile Legends

    171 shares
    Share 68 Tweet 43
  • Google Buat Email Lebih Dinamis Dengan AMP Untuk Email

    138 shares
    Share 55 Tweet 35
  • Ternyata Beginilah Cara Kerja Powerbank

    172 shares
    Share 68 Tweet 43
  • Bekerja di Bidang Otomotif, Menjanjikan Penghasilan Besar! Berminat?

    139 shares
    Share 56 Tweet 35
  • Apa Itu Bisnis Model Kanvas dan Pentingnya untuk Sebuah Startup?

    130 shares
    Share 52 Tweet 33
  • EV Hive dan Pemprov DKI Jakarta Luncurkan Co-Working Space JSCHive

    111 shares
    Share 44 Tweet 28

About . Contact . Partnership

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
wpDiscuz