Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Founder Startup Sering Melewatkan Ini Saat Pitching

16 June 2022
in Startup
pitching startup

Founder startup sering menyampaikan pitching dengan sukses bisa dianalogikan seperti menyodorkan lembar cek kosong untuk diisi oleh investor. Saking besarnya pengaruh sebuah pitching, banyak startup mempersiapkannya berbulan-bulan demi momen penting yang berlangsung singkat ini.

Tapi, meski sudah mempersiapkan secara matang dan menampilkan performa terbaik, banyakstartup hanya mendapat respons seadanya. Jarang yang akhirnya berujung pada sebuah diskusi lebih jauh. Apa yang salah?

Investor mendengar ratusan pitching setiap bulannya. Jadi, jika pitching yang kamu sampaikan kurang berkesan dan bukan menjadi prioritas di pikiran mereka, maka ide bisnismu bisa terlupakan begitu saja.

[postingan number=3 tag=”startup”]

pitching startup

Banyak pihak akan merekomendasikan kamu untuk mengikuti formula 11-slide pitch deck sebagaimana yang dipopulerkan oleh berbagai VC, yaitu:

  1. Elevator Pitch
  2. Potensi pasar
  3. Masalah
  4. Solusi
  5. Model bisnis
  6. Traksi
  7. Strategi pertumbuhan
  8. Tim
  9. Proyeksi finansial
  10. Persaingan
  11. Dana yang dibutuhkan

Sangat beralasan jika formula tersebut dipakai oleh banyak founder startup. Banyak VC merekomendasikan formula itu karena strukturnya yang solid dan mencakup hampir semua hal yang ingin diketahui investor.

Masalahnya, sebagian besar founder startup terlalu banyak bicara tentang masalah yang ingin mereka pecahkan dan malah melewatkan satu detail penting yang bisa menggugah minat investor: “Kenapa sekarang?”

Why Now | Screenshot

Kenapa kamu yakin bahwa sekarang adalah saat di mana pasar sudah siap untuk produk atau layanan yang kamu tawarkan? Kenapa investor harus berinvestasi di startup kamu saat ini, bukannya nanti?

Investor biasanya akan mengajukan pertanyaan dan mempertimbangkan bisnismu sebelum menggelontorkan dana, tapi jangan biarkan mereka berpikir terlalu lama (meski kadang memang butuh waktu lebih lama tergantung pada berbagai faktor, seperti kurangnya informasi).

Founder startup mencari dana untuk bergerak lebih cepat, untuk mendominasi sebuah industri selagi belum banyak pesaing dan masih menggiurkan. Jika tidak ada urgensi, apa gunanya? Kamu perlu mengingatkan para investor bahwa tawaran bernilai tinggi yang kamu sodorkan ada batas waktunya. Tentu saja, jangan kelihatan terlalu memaksa.

“Investor terjebak di antara dua jenis rasa takut:
1) Takut berinvestasi di startup yang akhirnya gagal, dan
2) Takut melewatkan startup yang melaju dengan sukses”

-Paul Graham, founder – Y Combinator

Daftar Isi

  • Isi dari slide “kenapa sekarang” milikmu sang founder startup
    • Momentum pertumbuhan
    • Peristiwa penting yang terjadi di industri
    • Tren industri yang akan datang
    • Teknologi baru

Isi dari slide “kenapa sekarang” milikmu sang founder startup

Sebenarnya tidak harus dalam bentuk slide, hanya saja kamu perlu memastikan bahwa ini terintegrasi dalam presentasi yang kamu sampaikan. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana kamu memasukkan “kenapa sekarang” dalam presentasimu.

Momentum pertumbuhan

Tidak semua founder startup punya angka ini. Tapi menyebutkan tingkat pertumbuhan mengesankan bisnismu yang terjadi dalam kurun waktu singkat bisa meyakinkan investor. Jika kamu cukup beruntung telah memiliki traksi saat pitching, maka jangan lupa untuk memamerkannya kepada investor.

Mungkin kamu sudah menyebutkan angka tersebut di slide “traksi” kamu. Tapi kamu perlu menekankan bahwa potensi pertumbuhan startup kamu saat ini adalah waktu paling menguntungkan bagi investor untuk ikut bergabung.

Growth Rocket Graphic | Chart

Namun, kamu harus berhati-hati untuk tidak memberikan informasi tentang prediksi atau angka yang menyesatkan.

Banyak founder startup menampilkan traksi pendapatan mereka, tapi hanya sedikit yang mau menampilkan angka laba kecil. Dalam kasus ini, angka pertumbuhan pengguna mungkin lebih bagus untuk mengilustrasikan tingginya potensi pelanggan berbayar.

Jika kamu benar-benar punya angka tersebut, maka ceritakanlah sebuah kisah menarik tentang itu yang membuat investor bertindak secepat mungkin.

Peristiwa penting yang terjadi di industri

Apakah startup kamu siap tumbuh secara eksponensial karena wacana atau kebijakan baru pemerintah di negaramu? Jika ya, maka bagus. Peristiwa seperti ini tidak sering terjadi. Jika kamu mengalami hal ini, maka kamu harus langsung bergerak dengan cepat

Startupindia | founder startup

Contohnya: Kampanye #startupindia yang dicanangkan Perdana Menteri Narendra Modi menyertakan kebijakan-kebijakan yang memudahkan startup untuk mendapatkan hal-hal yang mereka perlukan dan meningkatkan kewirausahaan digital.

Kamu bisa memanfaatkan berita semacam ini untuk menunjukkan urgensi pada investor untuk mengambil keuntungan dari kondisi yang terjadi saat ini, atau mereka akan ketinggalan.

Namun, hati-hati untuk tidak memberi kesan seolah seluruh bisnismu bergantung pada faktor eksternal. Pastikan kamu menunjukkan bahwa model bisnismu cukup gesit bahkan jika kondisi industri berubah.

Tren industri yang akan datang

Executive Pitching | founder startup

Ketika membahas tentang potensi pasar, kamu bisa langsung menyebutkan perkembangan baru atau prediksi tren yang akan mempercepat pertumbuhan di sektor yang kamu masuki.

Contohnya: “Tahun lalu, sekitar 15,5 juta orang Amerika Serikat adalah self-employed(bekerja untuk diri sendiri, bukan untuk individu lain atau perusahaan). Empat tahun mendatang, jumlah ini diprediksi akan naik empat kali lipat menjadi 60 juta orang.”

Dengan berkata demikian, kamu mengilustrasikan bagaimana industri ini baru saja bergerak menuju arah yang bisa dimanfaatkan oleh startup kamu saat ini, sebelum startup lain mulai ikut masuk.

Market Size AirBnB | Chart

Dalam hal ini, alangkah baiknya jika kamu tidak terlalu mengumbar janji karena tidak ada jaminan bahwa kamu bisa menguasai seluruh potensi pasar. Perhitungkan target porsi pasar yang bisa dicapai startup kamu terlebih dahulu untuk memberikan proyeksi realistis.

Teknologi baru

Apakah startup kamu bergerak di ranah baru yang belum ada? (contohnya robot pribadi untuk konsumen) atau memanfaatkan teknologi baru yang akan datang?

Jika tim kamu memenuhi syarat untuk menjalankan bisnis tersebut, maka kamu dapat menjelaskan tentang apa yang bisa dilakukan tim kamu dengan teknologi yang belum diadopsi ini. Yakinkan investor bahwa menjadi yang pertama dalam ranah ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi mereka.

Contohnya: “Kita semua tahu era AI akan datang, tapi belum ada yang menemukan cara untuk menggunakannya dalam hal mendorong penjualan. Solusi kami memungkinkan bisnis memanfaatkan AI untuk mendorong penjualan on-demand.”

Personal Robo | Photo

Setiap orang ingin menjadi bagian dari ”the next big thing”, tapi kebanyakan investor akan berhati-hati terhadap bisnis “baru” karena biasanya disertai dengan risiko. Kamu bisa memberikan contoh model bisnis serupa yang terbukti berhasil di masa lalu untuk meredakan kekhawatiran mereka. Founder startup akan membuat semuanya berjalan dengan baik dan lancar.

Jika industri yang kamu masuki memang benar-benar belum ada, maka ini akan jauh lebih sulit. Tapi kamu harus tetap mempertahankan keyakinanmu dan berusaha menepis semua keraguan investor. Lagi pula, memang tidak ada yang namanya investasi bebas risiko.

Berikut adalah sebuah contoh pitching bagus yang bisa menjawab pertanyaan “Kenapa sekarang?” secara efektif:


Kesalahan yang sering dilakukan founder startup di atas seharusnya menjadi pelajaran berharga untuk kamu yang sedang berjuang sebagai founder startup. Silahkan isi komentar dibawah jika kamu memiliki feedback tentang artikel ini.

[tia/ap]

5/5 - (2 votes)

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: 1000startupfounderfounder startuppitchingstartupstartup founderventure capital
1.8k
VIEWS
Previous Post

58 Persen Pendiri Startup Sukses Bukan Kuliah Jurusan Teknologi

Next Post

Shopee Bakal PHK Besar-besaran di Sejumlah Negara, Indonesia Termasuk?

Related Posts

Mengenal Revenue Stream dan Business Model untuk Startup

24 December 2024
1.9k

Mempelajari tentang startup, maka tak akan terlepas dari belajar tentang berjalannya sebuah proses bisnis. Ada beberapa istilah dan konsep bisnis...

tahapan sebelum mvp

Tahapan Sebelum Mencapai Minimum Viable Product (MVP) dalam Pengembangan Produk

8 May 2024
1.6k

Pengembangan produk adalah proses yang melibatkan serangkaian tahapan penting sebelum mencapai tahap Minimum Viable Product (MVP). Sebelum mencapai MVP, ada...

Coworking Space Di Jakarta

Kumpulan Co-Working Space di Jakarta Terbaru

20 February 2024
2.2k

Coworking Space Jakarta bisa dibilang merupakan salah satu kota terpenting bagi ekosistem startup teknologi di Indonesia. Tidak hanya karena infrastrukturnya yang lebih...

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    2394 shares
    Share 957 Tweet 598
  • 3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

    944 shares
    Share 378 Tweet 236
  • Daftar Gaji di Startup Indonesia

    241 shares
    Share 96 Tweet 60
  • HP Nokia Edge 2022 Mirip Iphone 13, Cek Harga dan Spesifikasi

    296 shares
    Share 118 Tweet 74
  • Bitcoin Naik 1.500% dalam 5 Tahun, IHSG Hanya 35%

    109 shares
    Share 44 Tweet 27
  • Harga Saham GoTo Terjun Bebas (Lagi)

    123 shares
    Share 49 Tweet 31
  • Prompt ChatGPT untuk Designer

    155 shares
    Share 62 Tweet 39
  • Ini Dia 7 Perintah CMD Keren yang Wajib Kamu Coba

    358 shares
    Share 143 Tweet 90
  • Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    566 shares
    Share 226 Tweet 142
  • 16 Jenis Saham: Panduan Lengkap Memahami Dunia Investasi

    572 shares
    Share 229 Tweet 143

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News