fbpx
Trentech.id

Ketahui Bahasa Pemrograman Apa yang Paling Tidak Disukai

Sudah beberapa kali Stack Overflow merilis hasil analisis data bahasa pemrograman yang mereka miliki. Topik yang baru-baru ini mereka rilis ialah tentang bahasa pemrograman yang paling banyak di disliked. Jadi penasaran kan kira-kira bahasa-bahasa apa yang menempati posisi atas tidak disukai di Stack Overflow.

Data yang digunakan oleh Stack Overflow merupakan data dari Developer Storyuntuk Stack Overflow Jobs. Salah satu opsi saat membuat Developer Story adalah tag teknologi yang ingin digunakan dan tidak ingin digunakan. Dari tag ini pengguna bisa menuliskan nama bahasa pemrograman, library, atau nama suatu aplikasi (internet explorer, chrome, atau firefox).

Bahasa Pemrograman yang Paling Banyak di Disliked

Dalam analisisnya, Stack Overflow membandingkan seberapa sering ia muncu di tag liked atau dislike (ada perbandinganna). Untuk mengetahui teknik lengkapnya, kunjungi halaman ini.

Berikut ini bahasa pemrograman paling banyak di disliked yang semuanya sudah di-tag setidaknya 2000 kali di Developer Stories.

Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa bahasa yang paling banyak di disliked secara berurutan adalah Perl, Delphi, VBA (Visual Basic for Application), PHP, Objective-C, Coffeescript, dan Ruby.

Dari hasil di atas kita juga bisa lihat bahwa bahasa yang paling sedikit di dislikedkebanyakan merupakan bahasa-bahasa yang sedang tumbuh berkembang seperti R, Python, Typescript, Go, dan Rust.

Untuk melihat lebih dalam lagi perbandingan antara jumlah disliked dengan persentase kunjungan ke Stack Overflow berdasarkan bahasa-bahasa tersebut di dapatlah hasil:

Secara umum dapat kita lihat bahwa bahasa dengan jumlah stories yang men-dislike-nya lebih dari 3% memang memiliki jumlah kunjungan lebih jarang dibanding yang lebih dari 3% (kecuali VBA yang meskipun jumlah dislike-nya banyak tapi tetap ramai). Tiga bahasa dengan jumlah disliked paling sedikit R, Rust, Typescript dan Kotlin merupakan tag dengan jumlah persentase kunjungan paling tingi selama 2 tahun terakhir (apalagi beberapa waktu yang lalu Kotlin resmi menjadi bahasa Android selain Java).

  Tips SEO: Maksimalkan Potensi Bisnismu di Dunia Digital

Tag Lain yang Banyak di Disliked

Dari tag teknologi lain yang banyak di disliked ternyata ada beberapa teknologi dari Microsoft diantaranya Internet Explorer, Visual Basic, ASP Classic, VB6, ASP, Windows, dll. Bahasa-bahasa jadul seperti COBOL, Fortran, dan Pascal juga muncul.

Tag Lain yang Banyak di Liked

Bagaimana tag lain yang banyak di liked? Di sini kita lihat tag-tag yang paling banyak di liked yang setidaknya sudah lebih dari 10.000 kali di mention oleh Developer Stories.

Rivalitas

Dari analisis yang dilakukan, Stack Overflow juga menghitung berapa persen kemungkinan jika seseorang me-liked X maka dia akan men-disliked Y.

Analisis yang dilakukan oleh Stack OVerflow ini semata-mata dilakukan hanya untuk mengetahui teknologi/bahasa apa yang banyak disukai untuk dipakai bekerja atau yang tidak disukai untuk bekerja.


Apabila ada bahasa yang pembaca sukai namun ternyata nomor satu di bahasa yang tidak disukai, keep calm and keep coding guys. [cp/ap]

Berikan rating

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment