Trentech.id

Pemilik Startup Bertanggung Jawab Menciptakan Kepercayaan

Kepercayaan merupakan salah satu komponen paling penting dalam kehidupan startup, dibutuhkan rasa kepercayaan yang tinggi oleh seorang pendiri startup agar bisa menanamkan rasa kepercayaan terhadap keluarga, rekan, tim hingga investor. Namun rasa kepercayaan harus-benar-benar dapat diterapkan kepada calon pelanggan.
Yang perlu diperhatikan adalah ketika orang-orang percaya pada Anda, mereka akan melakukan hal yang lebih dari sekedar membeli produk Anda. Orang-orang tidak akan membela Anda jika mereka tidak percaya pada Anda.

Perusahaan besar seperti Dropbox misalnya memiliki jumlah 100 juta orang yang percaya akan produk yang dibuat, sementara Google memiliki jumlah satu miliar orang yang percaya akan kecanggihan dari produk yang dibuat. Dalam artikelnya, Joseph Walla berbagi tips seputar bagaimana membangun kepercayaan bagi pemilik startup.

Anda sebagai founder harus percaya
Sebagai Founder dan CEO Hellosign di awal kariernya, Joseph sempat mendapatkan kesulitan meraih kepercayaan bukan hanya dari investor namun dari keluarga terdekat. Namun ia tetap percaya akan produk yang dibuat dan berhasil membuktikannya. Semua kembali lagi kepada kepercayaan terhadap produk dan ide bisnis yang dimiliki oleh seorang founder.

“Saya percaya bahwa membedah ide bisnis yang ada bukanlah prioritas, namun membangun rasa kepercayaan yang akan membuat startup hidup, tumbuh dan menciptakan oranng-orang yang percaya lebih banyak lagi,” kata Joseph.

Untuk dapat menghidupkan ide bisnisnya, pendiri dari Airbnb harus menguras semua uang d ikartu kreditnya, kemudian menjual sereal untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Selama 999 hari belum juga didapatkan pemasukan, namun usaha mereka terus berjalan karena mereka tetap percaya.

Buat pelanggan percaya
Kepercayaan kepada pelanggan idealnya wajib ditanamakan secara alami, semua produk yang anda buat tidak akan mampu dijual jika tidak ada rasa kepercayaan dari pelanggan. Sebagai pemilik startup perlu melakukan hal-hal yang lebih dari sekedar menjual produk. Jika produk dapat diterima dengan baik oleh pelanggan artinya adanya tingkat kepercayaan yang tinggi. Hal yang harus diperhatikan adalah, jika Anda telah berhasil menjual sesuatu kepada seseorang, artinya Anda mampu membangun kepercayaan tersebut.

  Cara Ampuh Market Validation untuk Melakukan Validasi Ide Startup

Salah satu contoh produk startup yang sempat mengalami kendala kekurangan biaya ditengah-tengah proses pertumbuhannya adalah Evernote, namun orang-orang yang telah menikmati manfaat dari Evernote tetap mendukung dan percaya, hingga akhirnya Evernote mampu keluar dari masalah keuangan, semua karena rasa kepercayaan yang tinggi oleh pelanggan.

Media harus percaya
Media bisa menjadi salah satu alat untuk menumbuhkan rasa kepercayaan kepada pelanggan. Namun demikian tidak semua produk yang dipercaya oleh media. Hanya produk yang benar-benar memiliki manfaat dan mampu menambah nilai-nilai tertentu yang akan diberitakan oleh media. Contoh sederhana adalah Twitter. Di awal peluncuran Twitter, banyak media yang mempercayai produk ini, hingga akhirnya banyak orang yang diyakinkan untuk ikut percaya oleh media dan akhirnya menjadi pengguna setia.

Investor harus percaya
Tidak semua investor akan langsung mempercayai startup yang ada. Hal ini terjadi untuk mengkompensasi kerugian untuk itu pengembalian investasi harus tinggi demi menciptakan startup yang bernilai miliaran rupiah. Namun jangan khawatir, di antara mereka pasti ada yang mempercayai.

Kurangnya rasa percaya dari investor sempat dialami Dropbox, ketika di saat awal kurang mampu meyakinkan investor. Namun demikian keberuntungan akhirnya datang ketika beberapa investor mulai percaya akan produk yang ada.

Tim harus percaya
Tidak sulit mencari tim yang solid jika produk yang anda buat memiliki nilai lebih dan bermanfaat. Para pengembang, tim pemasaran hingga posisi lainnya akan percaya terhadap produk dan mendukung perkembangan meskipun kendala kerap menghampiri. Seperti yang terjadi oleh Pandora, pada tahun 2001 sempat kehabisan uang sehingga sekitar 50 orang pegawainya tidak mendapatkan gaji selama dua tahun, namun demikian tim tetap percaya dan Pandora bisa keluar dari masalah keuangan hingga saat ini.

  Transformasi SHAREit, dari Transfer File hingga Penyedia Konten Hiburan Digital

Mitra Anda harus percaya
Demi pertumbuhan bisnis Anda diperlukan kepercayaan dan keyakinan dari mitra, selain meningkatkan layanan atau fitur tambahan kepada pelanggan Anda, mitra Anda juga harus diyakinkan bawah startup Anda masih akan eksis untuk beberapa tahun kedepan. Saat bermitra dengan IBM, Bill Gates memegang lisensi IBM hingga akhirnya memilikinya. Hal ini dilakukan karena IBM percaya Microsoft dapat memberikan nilai lebih kepada para pengguna.[ds]

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Kami sedang mengembangkan aplikasi android Trentech.id, silahkan download dan berikan kami masukan berharga untuk pengembangan selanjutnya.

DOWNLOAD

Berikan komentar..

Follow Trentech.id

Cloud Hosting Murah Terbaik
Advertisements