Novi Wallet, Tempat Menyimpan Mata Uang Kripto Facebook

Novi Wallet, Tempat Menyimpan Mata Uang Kripto Facebook
5/5 - (3 votes)

Menurut sebuah pengumuman pada hari Selasa, anak perusahaan Facebook dan penyedia dompet crypto (wallet) Libra. Calibra. kini telah diganti nama menjadi Novi – gabungan dari kata-kata latin, “novus” yang berarti baru dan “via” yang berarti cara.

Produk wallet pertama dari perusahaan ini dimaksudkan untuk menampung berbagai mata uang digital Libra, begitu inisiatif yang dipimpin Facebook itu ditayangkan.

Novi juga hadir dengan perombakan desain yang dikatakan mewakili “pergerakan liquid mata uang digital,” tetapi mempertahankan elemen ikon Libra dalam logonya.

Trentech.id Logo

“Meskipun kami telah mengubah nama kami dari Calibra,” kata Novi dalam sebuah pernyataan, “kami belum mengubah komitmen jangka panjang kami untuk membantu orang di seluruh dunia mengakses layanan keuangan yang terjangkau.” Kalau-kalau Anda khawatir tentang itu.

Informasi mengenai Facebook yang dikabarkan segera meluncurkan aset crypto mereka bernama Diem (dulu bernama Libra) semakin santer beredar. Desas-desusnya Diem akan diluncurkan pada awal tahun ini, namun hingga saat ini belum ada waktu pasti kapan aset crypto yang sempat buat bank konvesional meradang itu rilis.

Sambil menunggu gebrakan Facebook dengan Diem, tidak ada salahnya kita mempersiapkan diri untuk bisa menggunakan aset crypto tersebut. Salah satu tahapnya adalah mengenal Novi Wallet atau dompet tempat di mana Diem bisa disimpan sebelum di transaksikan.

Apa itu Novi Wallet

Novi Wallet, Tempat Menyimpan Mata Uang Kripto Facebook

Novi wallet adalah produk dari Novi Financial, sebuah perusahaan keuangan yang diatur dan merupakan anak perusahaan dari Facebook, Inc. Perusahaan ini berkantor pusat di Menlo Park, California.

Wallet ini berguna untuk menyimpan diem, sebelumnya Novi bernama Calibra. Dompet digital ini dijadwalkan untuk rilis musim panas ini. Sayangnya usulan ini ditolak ketika pengembang memutuskan untuk membuat perubahan pada kemampuan dan desainnya.

Sejalan dengan pendekatan inklusif baru Diem, pemegang dompet Novi dapat menyimpan banyak mata uang. Dompet akan mendukung mata uang fiat dan digital utama.

Langkah ini dilihat sebagai cara untuk menenangkan regulator dan menunjukkan bahwa Diem ada untuk mempromosikan seluruh digitalisasi ekonomi dan bukan hanya pengambilalihan dan dominasi Facebook.

Pada 2019, CEO Facebook, Mark Zuckerberg mengatakan perusahaannya, yang memimpin Asosiasi Libra, akan berhenti jika proyek tersebut dirilis sebelum waktunya.

Dalam menghadapi semua tekanan, model asli Asosiasi Libra untuk mata uang digitalnya – stablecoin yang dipatok pada sekeranjang mata uang fiat dan obligasi pemerintah – direstrukturisasi pada pertengahan April.

Proyek ini sekarang akan mengeluarkan sejumlah stablecoin berdasarkan mata uang nasional individu di pasar yang berbeda.

Libra masih memiliki rencana untuk stablecoin multi-mata uang tetapi akan didukung oleh stablecoin baru dan tidak secara langsung oleh mata uang fiat.

Waktu Rilis

Berdasarkan wesbite resmi Novi Wallet belum ada waktu pasti kapan dompet ini akan dirilis, namun bagi kamu yang penasaran dengan update terbaru dari Novi bisa mengisi alamat email di website untuk mendapatkan berita terbaru dari pihak Novi.

Cara Buat Novi Wallet

Novi Wallet, Tempat Menyimpan Mata Uang Kripto Facebook

Jika wallet ini tersedia, kamu cukup menggunakan kartu identitas legal dari pemerintah untuk membuat akun. Verifikasi ini kurang lebih tidak akan sulit dan hampir sama seperti verifikasi yang dilakukan di berbagai bursa crypto atau bahkan lebih sederhana.

Verifikasi ini dibutuhkan untuk mematuhi hukum yang berlaku dan mencegah penipuan.

Unduh Novi Wallet

Wallet aset crypto Diem ini akan bisa didapatkan di App Store dan Google Play. Kamu juga akan dapat menggunakan Novi langsung di aplikasi WhatsApp dan Messenger , sehingga kamu bisa mengirim dan menerima uang semudah mengirim pesan kepada teman, keluarga, dan bisnis.

Kirim Uang ke Seluruh Dunia

Novi dirancang untuk sistem pembayaran Diem. Kamu dapat menggunakan Novi untuk mengirim uang ke seluruh dunia.

Kamu  juga dapat menyimpan mata uang digital Diem di dompet Novi dan menggunakannya untuk membayar transaksi sehari-hari di mana pun Diem bisa diterima.

Berdasarkan keterangan resmi dari website Novi, proses pengiriman Diem tidak akan dikenakan biaya tambahan.

Tujuan Novi Wallet

Tujuan Novi adalah tersedia untuk semua orang, di mana pun di dunia. Pihak Novi sedang berupaya membawa Novi ke sebanyak mungkin negara segera setelah jaringan Diem tersedia.

Novi dirancang untuk sistem pembayaran Diem, jadi ketika kamu mengirim dan membelanjakan uang kamu akan menggunakan mata uang digital Diem. Melalui Novi, kamu bisa menggunakan mata uang lokal untuk membeli Diem, dan juga mengonversi Diem kembali ke mata uang lokal.

Mata Uang yang Didukung Novi

Dalam tahap awal ini sistem pembayaran Diem hanya akan mendukung beberapa mata uang digital, seperti ≋USD, ≋GBP, dan ≋EUR, yang akan memiliki nilai yang sama dengan mata uang masing-masing negara (mis. 1 USD, 1 GBP, 1 EUR).

Sistem pembayaran Diem juga akan mendukung kombinasi mata uang digital ini, ≋XDX. Seiring waktu, sistem pembayaran Diem bermaksud untuk mendukung mata uang digital yang lebih banyak dan beragam.

Pada Juni 2019, perusahaan-perusahaan besar termasuk Uber, PayPal, Visa, Stripe, MercadoLibre, Bookings.com dan Mastercard semuanya dilaporkan mendukung proyek crypto baru Facebook.

Namun, tekanan dari regulator AS dan pembuat undang-undang pada Oktober mendorong Visa, Mastercard dan Stripe untuk menarik afiliasi mereka dengan Libra.

Sejak itu, perusahaan telah menambah anggota baru, termasuk entitas milik negara pertamanya, Temasek. Checkout.com juga bergabung dengan proyek bulan lalu.

Libra secara khusus mempekerjakan mantan pejabat pemerintah AS – mungkin untuk membantu memperlancar jalur regulasi untuk peluncuran – setelah menggaet dua mantan staf di FinCEN dalam beberapa pekan terakhir.


Diem, Mata Uang Kripto Facebook Pengganti Libra

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments