fbpx
Trentech.id

Cara Menambah View Youtube Kamu dengan Efektif

Ketika akan mencari berbagai informasi di internet, biasanya kita akan mencarinya terlebih dahulu pada mesin pencari, seperti Google dan Bing. Namun di era di mana konten video tutorial lebih menarik ketimbang artikel how-to yang terbilang panjang, kini YouTube telah menjadi sebuah mesin pencari alternatif yang menjadi pilihan para warganet. Rasa-rasanya ungkapan YouTube lebih dari TV sedikit banyak ada benarnya.

Lewat YouTube, pengguna dapat mencari hampir semua informasi yang mereka butuhkan melalui konten video yang tersaji. YouTube memiliki berbagai kanal yang digunakan oleh para kreator konten untuk berpromosi, menghibur serta mengedukasi audiens mereka — sambil mengeruk view dan subscriber yang kemudian akan menjadi pendapatan tambahan bagi mereka. Kini pertanyaannya, bagaimanakah cara agar seorang kreator dapat menambah view YouTube mereka dan meraup keuntungan darinya?

Semua orang bisa menambah view YouTube dengan gratis dan efektif, namun prosesnya tidak akan mudah. Tetapi jika kamu melakukannya dengan benar, kamu akan mendapatkan view organik yang lebih banyak serta berkesempatan untuk dapat mengembangkan konten yang kamu buat kepada audiens yang lebih besar lagi. Seperti apa sih cara menambah viewYouTube yang efektif dan efisien? Simak pembahasannya berikut ini.

Melakukan optimalisasi hasil pencarian YouTube

Menambah View YouTube | Menonton YouTube

Sumber: Pexels

Sama seperti algoritme yang ada pada mesin pencari Google, YouTube juga memiliki algoritmenya sendiri untuk menampilkan berbagai video terbaik dan relevan untuk para pengguna. Untuk membuat kontenmu bersinar di antara ratusan bahkan ribuan video lain yang sejenis — sekaligus menambah viewYouTube — kamu harus memaksimalkan eksposur video kamu di hasil pencarian.

Gunakan kata kunci pencarian yang relevan dengan konten yang kamu sajikan. Di sinilah peranan riset keyword yang telah kamu lakukan akan bekerja. Judul yang menarik, deskriptif serta mengandung kata kunci akan membawa konten yang kamu buat untuk lebih dekat kepada pengguna, karena kontenmu akan muncul pada halaman pertama hasil pencarian. Untuk melakukan riset kata kunci, kamu dapat menggunakan tool seperti keywordtool.io.

Menambah View YouTube | Deskripsi Video

Contoh deskripsi yang ada pada sebuah video

Selain itu, agar konten mendapat perhatian dari audiens, sebaiknya konten tersebut memiliki deskripsi yang jelas, yang dapat memberikan informasi tambahan tentang video yang sedang audiens putar. Deskripsi ini juga akan membantu mesin pencari untuk mengetahui konten apa yang tersaji lewat videomu. Untuk membantu agar videomu mudah ditemukan pengguna, kamu juga dapat menggunakan fitur tag yang ada di YouTube. Tag — bersama dengan deskripsi serta judul video yang telah melalui proses optimalisasi — akan memperlihatkan pengguna tentang apa yang sebenarnya videomu berusaha sajikan. Dan ini baik untuk SEO video tersebut.

  Menkominfo: Indonesia Siap Jadi Negara Ekonomi Digital Terbesar

Kamu juga dapat melakukan beberapa penyesuaian lain, seperti menggunakan gambar berkualitas tinggi untuk thumbnail video atau membuat transkrip video. Seluruh upaya ini akan mempermudah pengguna untuk dapat mencerna seluruh video yang kamu buat — yang pada akhirnya akan berdampak pada eksposur serta menambah view YouTube yang kamu raup.

Bagaimana menambah view YouTube dengan konten

Menambah View YouTube | Membuat Konten

Sumber: Pexels

Bagaimanapun konten dalam video yang kamu buat adalah faktor terpenting yang akan menentukan jumlah view yang kamu dapat. Konten yang baik akan mendapatkan respon positif dari audiens — yang akan berdampak pada algoritme pencarian YouTube terhadap videomu.

Untuk mencapai hal tersebut, kamu harus mampu untuk menyajikan konten yang memberikan nilai tersendiri kepada penonton. Konten tersebut bisa berupa video edukasi, tutorial, atau bisa juga video yang sifatnya menarik serta menghibur. Ketika penonton menemukan bahwa video yang kamu buat ternyata memiliki nilai tambah bagi mereka, penonton pasti akan kembali datang dan menambah peluang view yang lebih banyak lagi di masa depan.

Menambah View YouTube | Viral React

Dengan mendompleng viralitas, kamu dapat membuat sesuatu yang lebih segar

Kamu juga harus peka terhadap tren yang sedang viral di tengah-tengah masyarakat. Dengan mengikuti tren viral, kamu tidak perlu lagi menebak-nebak jenis konten apa yang akan populer, karena konten yang sedang viral pasti akan membantumu untuk mendapatkan lebih banyak view dari audiens.

Beberapa orang mungkin akan sedikit kesulitan untuk dapat mengorelasikan video mereka dengan konten yang sedang viral, tetapi apabila kamu berhasil menemukan cara yang tepat untuk melakukannya, kamu akan mendapatkan view lebih banyak dari audiens yang penasaran terhadap kontenmu yang relevan dengan topik viral.

Bila dirasa perlu, kamu dapat melibatkan bintang tamu atau influencer dalam video yang kamu buat. Kehadiran mereka berpotensi untuk meningkatkan view dari konten yang kamu buat. Selain itu, dengan hadirnya bintang tamu pada konten yang dibuat, kamu juga akan membuka kesempatan untuk mengenal berbagai talenta terbaik dalam industri. Tawarkan mereka untuk menyematkan tautan videomu bersamanya pada website, akun media sosial, atau blog pribadinya. Ini juga akan membangun hubungan yang saling menguntungkan antara kamu dan influencer tersebut.

Meningkatkan jumlah view dari platform YouTube

Menambah View YouTube | Optimalisasi YouTube

Sumber: Pexels

YouTube ingin agar pengguna tetap berada di platform mereka. YouTube mengambil keuntungan dari iklan dan dari setiap pengguna yang melihat video yang diunggah di sana. Semakin banyak pengguna yang menonton video, semakin besar pula keuntungan YouTube. Karenanya, sebagai seorang kreator konten, agar YouTube “mencintaimu”, kamu harus proaktif di platform YouTube dengan meningkatkan jumlah pengguna lewat subscriber di channelkamu dan view dari videomu.

  Ini Dia 10 Film Tentang Hacker Ini yang Wajib Kamu Tonton

Untuk mendapatkan lebih banyak view dan subscriber, kamu harus membuat konten yang “mereplikasi” nuansa dari kreator lain yang telah lebih dulu sukses. Saya tidak menyarankan kamu untuk melakukan plagiarisme atau menjiplak konten orang lain, tetapi kamu mungkin dapat terinspirasi dari cara penyajian Suggested Videos yang ada pada bagian kanan layar. Dengan mengoptimalisasi video buatanmu agar relevan dengan video populer lainnya, kamu akan menambah peluang bagi audiens baru untuk melihat videomu dan berlangganan ke akun YouTube kamu.

Menambah View YouTube | Card

Kamu dapat memilih di detik berapa card tersebut akan muncul

Kamu juga dapat menggunakan fitur card (kartu) untuk mempromosikan konten buatanmu yang lain di dalam video yang sedang ditonton oleh audiens. Card yang kamu buat dapat kamu gunakan untuk:

  • Mempromosikan konten video lain
  • Mendapatkan subscriber lebih banyak
  • Berdonasi kepada organisasi non-profit
  • Mengirimkan traffic kepada website kamu
  • Mengajak audiens untuk berpartisipasi di dalam sebuah jajak pendapat

Card juga dapat digunakan untuk mendapatkan view video lebih banyak. Gunakan fitur ini untuk mengajak audiens mengunjungi videomu yang kurang mendapat banyak view dan ajak mereka berlangganan pada channel kamu.

Cara lainnya untuk menambah view YouTube adalah dengan melakukan desain ulang pada akhir videomu. Di sini, kamu dapat memberikan rekomendasi kepada audiens tentang video lainnya yang mungkin akan menarik untuk mereka, channel atau playlist lainnya, bahkan kamu dapat merekomendasikan website kamu atau sekadar meminta donasi dari audiens agar channel kamu dapat terus berjalan.

Maksimalkan juga penggunaan playlist untuk semua video yang telah kamu unggah. Dengan hadirnya playlist, video-video buatanmu yang relevan akan dimainkan secara otomatis satu persatu — yang akan menambah view dari videomu secara keseluruhan. Tidak hanya untuk menambah viewplaylistjuga akan membantu audiens untuk menyaksikan deretan konten yang relevan dengan preferensi mereka. Ini adalah solusi win-win bagimu dan audiens.

Agar pelanggan setiamu tidak kabur, kamu harus mampu hadir secara nyata di tengah-tengah mereka. Bagaimana caranya? Dengan menjawab setiap pertanyaan yang hadir di kolom komentar. Saat awal channel dirintis, mungkin menjawab setiap pertanyaan audiens belum menjadi perkara besar, tetapi seiring dengan perkembangan channel, kamu harus mampu untuk lebih selektif dalam memilih pertanyaan yang penting untuk kamu jawab. Cobalah untuk menjadi seorang pribadi yang menyenangkan — kamu akan berterima kasih karena upayamu ini akan berbuah kepada peningkatan jumlah subscriber serta view.

Optimalisasi di luar YouTube

Menambah View YouTube | Optimalisasi SEO

Sumber: Pexels

YouTube memiliki kemampuan unik untuk dapat hadir di berbagai dimensi dunia maya. Video yang kamu unggah di YouTube dapat disematkan di media sosial dan di berbagai media lain — seperti blog. Ini yang menjadikan setiap video yang diunggah di YouTube berpotensi viral hanya dengan beberapa klik.

  Buka Dana Menjadi Dompet Virtual Terbaru Bukalapak

Selain melakukan optimalisasi di platform YouTube sendiri, SEO tradisional ternyata juga mengambil peranan besar untuk meningkatkan jumlah view dari videomu. Pada beberapa kasus bahkan video YouTube berhasil melampaui situs web di hasil pencarian Google. Eksposur video dari mesin pencari dapat menjadi sumber traffic yang menarik apabila dapat dimanfaatkan dengan baik.

Menambah View YouTube | Embed Youtube

Bahkan video YouTube melampaui situs web yang menyematkan video tersebut.

Video yang disematkan ke dalam sebuah halaman web akan dihitung sebagai sebuah backlink dan dalam kasus ini, tautan tersebut akan mengarah kepada video YouTube buatanmu, yang akan menjadi nilai tambah bagi peringkat SEO video tersebut. Dengan ini, kamu akan mendapatkan dua eksposur besar yang secara drastis akan menambah view YouTube.

Selain lewat SEO, media sosial adalah sebuah wahana lain yang dapat meningkatkan view dari video YouTube buatanmu. Hal ini dimungkinkan berkat fitur promosi cross-platform yang dimilikinya. Lewat media sosial, kamu akan mampu untuk menjangkau jutaan pengguna yang memiliki relevansi dengan konten yang kamu buat. Bagikan tautan pada media sosialmu dan dapatkan view — bahkan share — tambahan dari upayamu ini. Media sosial juga akan mendongkrak SEO konten yang kamu buat karena Google akan mendeteksi banyaknya sesi baru yang mengakses konten tersebut. Ini akan membuat videomu semakin berpeluang besar untuk muncul di hasil pencarian teratas — baik di YouTube maupun di Google.

Kamu merasa belum cukup dengan berbagai upaya di atas? Kamu dapat menggunakan jasa orang ketiga seperti influencer untuk membantumu mendapatkan eksposur yang lebih luas dari audiens yang dimiliki oleh para influencer tersebut. Selain itu, kamu juga dapat melakukan berbagai sayembara dan promosi untuk menambah view YouTube — walau upaya ini tidak sepenuhnya bebas biaya (Protip: Kamu dapat menggaet sponsor sebagai rekanan untuk memberikan audiens hadiah — jika kamu sudah cukup dikenal di dunia maya.)

Tetap sabar dan tawakal

Membangun sebuah identitas digital dengan menggunakan YouTube sebagai wahananya bukanlah sebuah keajaiban layaknya Candi Prambanan yang dapat dibangun dalam waktu semalam. Kamu harus mengenal betul platform tersebut serta membuat konten yang betul-betul berkualitas. [tia/ap]


Tetaplah konsisten dan jangan berhenti untuk berinovasi terhadap
dengan apapun konten yang kamu buat, kamu akan mendulang hasilnya di kemudian hari. Percayalah.

Advertisements

Angga Permana

Kontributor Trentech.id dan technical lead Trentech.id

Please Login to comment
Advertisements