fbpx
Trentech.id

BLANJA.com Bangkrut Terkena Efek Pandemi

Blanja.com Bangkrut

Blanja.com akhirnya bangkrut terkena dampak pandemi corona ini. E-commerce yang terbilang jarang dibicarakan meski digandeng oleh eBay dan korporasi karpet merah ini menjadi satu dari sekian banyak startup yang tutup karena efek pandemi di tahun 2020.

Sebelum Blanja.com bangkrut ternyata hanya berusia 6 tahun. Mulai 1 September PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) akan menutup layanan e-commerce ini. Hal ini sampaikan manajemen Blanja.com melalui situs perusahaan. Dalam pengumumannya, manajemen mengatakan akan menghentikan semua kegiatan pembelian di Blanja.com mulai 1 September 2020. Alasan penghentian ini karena adanya perubahan strategi.

Manajemen pun menghimbau pengguna untuk melakukan penarikan saldo pada Dompet Blanja, dompet digital, sebelum tanggal 30 September 2020. Alasan penutupan Blanja.com belum terungkap dengan jelas. CNBC Indonesia sudah menghubungi Vice President Corporate Communications Telkom Arif Prabowo, namun belum direspons.

Blanja.com Bangkrut

Blanja.com merupakan marketplace pantungan antara Telkom dan eBay, e-commerce asal Amerika Serikat. Blanja.com didirikan pada 2014. Komposisinya Telkom 60% dan eBay 40%. Keunikan dari Blanja.com adalah pembeli bisa menemukan langsung barang-barang yang dijual di eBay. Dalam perjalanannya nama Blanja.com memang kurang terdengar ketimbang Tokopedia, Bukalapak atau Shopee.

“Telkom Group menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan masyarakat serta stakeholder yang selama ini bergabung dan memanfaatkan fasilitas transaksi retail Blanja.com, terutama para pelaku bisnis di seluruh Indonesia,” ujar Fajrin melalui keterangan tertulisnya, Rabu (2/9/2020).

Selanjutnya Blanja.com akan menyelesaikan hal-hal yang terkait penyelesaian kemitraan bisnis retail sesuai dengan kesepakatan dan ketentuan yang berlaku dengan menjamin kenyamanan serta hubungan baik kepada semua pihak.

Cara Penarikan Saldo Dompet Blanja.com

Dilansir dari website resmi Blanja.com berikut cara penarikan Saldo dari Dompet Blanja.com baik dari versi desktop maupun mobile. Blanja.com menjelaskan bahwa penarikan dana artinya mentransfer dana di Dompet Blanja ke rekening Bank. Penarikan dana dapat menggunakan rekening dari Bank apa saja. Minimal penarikan dana adalah Rp10.000 dan biaya transfer merupakan tanggungan buyer/seller.

Pertama, masuk ke “Akun Saya” – “Saldo dan Penarikan Dana”, atau masuk ke “My blanja” – “Dashboard” untuk menemukan fitur penarikan dana. Kedua, masuk ke “Saldo dan Penarikan Dana” dan klik “Penarikan dana”.

Ketiga, masukkan informasi rekening bank Anda. Keempat, konfirmasi sisa saldo Anda, lalu klik “Selanjutnya”. Pengguna tidak bisa mengedit jumlah, dan harus menarik semua sisa saldo yang ada di Dompet Blanja.

Kelima, konfirmasi rekening Bank Anda dan jumlahnya, masukkan password Dompet Blanja Anda dan kode verifikasi ponsel, dan klik “Konfirmasi”.

Adapun, untuk penarikan saldo di Dompet Blanja di atas 30 September bisa dengan mengirimkan email ke support@blanja.com dengan email yang terdaftar dan melampirkan file identitas diri (KTP dan salinan buku rekening).

Penyebab Blanja.com Tutup

Informasi dari laman Blanja.com, penutupan layanan Blanja.com disebabkan karena adanya adanya perubahan strategi bisnis yang dilakukan oleh Blanja.com. “Dengan adanya perubahan strategi bisnis yang dilakukan oleh Blanja.com, maka kami sampaikan bahwa terhitung mulai 1 September 2020, seluruh kegiatan pembelian di Blanja akan dihentikan,” kata Tim Blanja.com.

Lebih lanjut disebutkan pula, kegiatan pembelian, penjualan, pembayaran, dan pengiriman yang berada dalam proses, masih dapat diselesaikan. Blanja.com juga mengimbau para pengguna dan pemilik akun melakukan penarikan penarikan saldo yang ada di Dompet Blanja sebelum 30 September 2020.

Sekadar informasi, Blanja.com merupakan sebuah kerja sama antara Telkom Indonesia dengan eBay. Kerja sama ini diwujudkan dengan konsep online-marketplace dengan ribuan merchant dan jutaan produk dalam berbagai kategori. Blanja.com berada di bawah perusahaan joint venture antara Telkom Indonesia dan eBay, PT Metra Plasa. Komposisi kepemilikan adalah 60 persen Telkom, sisanya eBay dengan opsi bisa meningkatkan kepemilikan saham.

Blanja.com memiliki merchant atau penjual yang terdiri dari pebisnis individu, UKM, dan brand ritel. Situs ini memiliki sejumlah kategori produk utama, seperti fashion dan gadget.

Blanja.com sebenarnya telah ada sejak pertengahan 2014, tapi kehadirannya baru diresmikan pada Senin, 8 Desember 2014.

Angga Permana

Angga Permana

Maju terus sampai TUNTASSS!

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments