Trentech.id
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Kamu Wajib Tahu, 7 Tip untuk Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

1 October 2017
in News
Kamu Wajib Tahu, 7 Tip untuk Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial
1.4k
VIEWS
Berikan rating

Jika konten adalah raja, maka konten viral adalah kaisarnya. Semua orang berusaha memecahkan rahasia di balik sebuah konten yang viral. Bagaimana tidak, konten jenis ini dianggap menjadi salah satu pendorong pertumbuhan yang efektif bagi startup maupun perusahaan.

Masalahnya, ada 2,5 kuintiliun byte data yang dibuat setiap hari di dunia saat ini. Seperti yang diungkapkan Christel Quek, Vice President Asia Pacific Brandwatch.

Baca lagi

Pelajari Empat Cara Tepat Mengelola Akun Media Sosial Bisnis

Lalu bagaimana startup, dengan bujet dan sumber daya terbatas, menyaring dan memanfaatkan lautan data tersebut?

Christel dan Raj Sunder (Founder dan CEO Wootag, aplikasi video engagement) memaparkan beberapa aturan sederhana untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari media sosial:

Opini lebih penting daripada buzz

Jika startup kamu menggunakan beberapa platform media sosial sekaligus, kamu akan mendapat berbagai komentar dalam segala bentuk. Christel menyarankan startup untuk berfokus pada opini pengguna dibanding buzz yang dihasilkan. “Alih-alih bertanya berapa kali disebut, lihat bagaimana konsumen mendeskripsikan produkmu. Apa yang dikatakan orang ketika mereka menyebut produk atau layananmu?”

female-coding | Image

Sumber: The Daily Dot

Temukan satu pesan

Raj menyarankan startup untuk menentukan objektif tunggal yang ingin mereka capai saat mendistribusikan video atau konten lainnya. Membuat orang lain menyukai merekmu dan membuat mereka membeli merekmu adalah dua hal yang berbeda. Oleh karena itu, saluran yang digunakan pun berbeda.

Jika ingin merekmu disukai, kamu bisa memasang konten di Facebook, dan meminta temanmu untuk membagikannya. Setelah itu, kamu bisa meningkatkan jumlah viewdengan memanfaatkan layanan iklan di platform tersebut.

Ukur dengan metrik yang lebih luas

“Data yang dioperasikan secara terisolasi tidak akan pernah bekerja,” ungkap Christel. Itu berarti kamu tidak akan bisa menggunakan data secara maksimal jika hanya melihat metrik yang sempit, atau bahkan jika kamu hanya melihat metrik Twitter dan Facebook kamu sendiri. Cobalah mengetahui apa yang dilakukan pesaingmu dan cari tahu apa yang diinginkan pelanggan dari industri secara keseluruhan.

holistic | image

Sumber: alan9187

Jangan menghamburkan uang

Perangkat yang mahal tidak lantas membuat konten atau video menjadi viral. “Gunakan kamera ponsel untuk membuat video pertamamu dan sebarkan,” kata Raj. “Lakukan cara gratis ini berulang-ulang. Pelajari, dan kemudian [setelah tahu praktik terbaiknya] kamu bisa mulai menggunakan layanan iklan berbayar. Jangan menghabiskan uang untuk mempelajarinya [jika kamu bisa melakukan ini dengan gratis]. ”

Strategi terencana lebih penting daripada kampanye bombastis

Christel menganalogikan dua kecenderungan ini dengan sinar matahari dan sambaran petir. Sambaran petir mungkin lebih mencolok, tetapi sinar matahari lebih bertahan lama. Ini untuk menggambarkan bagaimana sebuah kampanye yang sengaja dibuat bombastis bekerja.

Kampanye seperti ini memang bisa menarik beberapa pengguna baru relatif singkat, tetapi strategi terencana lah yang pada akhirnya memenangkan pengguna setia.

custom | Image

Sumber: maxxyutas

Pergunakan metrik dengan hati-hati

Christel memperingatkan startup untuk tidak terobsesi dengan sentimen. “Setiap klien suka bertanya tentang sentimen, tapi jangan terlalu khawatir tentang hal itu,” kata Christel. Sebuah brand bisa saja mendapat sentimen negatif di media sosial, tapi ketimbang panik startup lebih baik mencari tahu kenapa itu terjadi dan siapa yang bereaksi terhadap sentimen tersebut.

Jangan panik menghadapi komentar negatif

“Jika ada orang yang berbicara buruk tentang brand kamu secara online, bukan berarti bosmu akan secara otomatis memecatmu,” katanya. “Ada banyak troll di dunia ini – orang-orang yang tampaknya sangar di internet tapi sebenarnya tidak demikian di dunia nyata.” [tia/ap]

Tags: media sosialmemaksimalkanpenggunaan mediawajib tahu
Previous Post

Ini Dia Tip Mendapatkan Pengguna Setelah Kamu Membuat Produk

Next Post

CEO Google Sundar Pichai yang Hobi Bangun ‘Siang’

Trentech.id

Trentech.id

Tren Teknologi Indonesia

Related Posts

Pelajari Empat Cara Tepat Mengelola Akun Media Sosial Bisnis

Pelajari Empat Cara Tepat Mengelola Akun Media Sosial Bisnis

20 October 2017
1.4k

Media sosial sudah menjadi salah satu tools yang sangat populer untuk berpromosi, membina relasi dan memberikan informasi kepada publik. Terutama jika startup...

Please login to join discussion

Terpopuler

  • contoh pitch deck

    8 Contoh Pitch Deck Startup yang Bisa Kamu Pelajari

    1137 shares
    Share 454 Tweet 284
  • Saham Kapal Induk: Apa Itu dan Apa Keuntungannya?

    176 shares
    Share 70 Tweet 44
  • Upgrade XAMPP? Beginilah Caranya

    271 shares
    Share 108 Tweet 68
  • Apa Saja Fitur Flipper Zero?

    121 shares
    Share 48 Tweet 30
  • Bekerja di Bidang Otomotif, Menjanjikan Penghasilan Besar! Berminat?

    147 shares
    Share 59 Tweet 37
  • Perbedaan Mic Condenser dan Dynamic Mic Serta Cara Merawatnya Agar Awet

    247 shares
    Share 99 Tweet 62
  • Kumpulan Materi Kuliah Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer

    402 shares
    Share 161 Tweet 101
  • Sarjana Komputer Tidak Bisa Coding? Apa Kata Dunia?

    183 shares
    Share 73 Tweet 46
  • Ternyata Beginilah Cara Kerja Powerbank

    187 shares
    Share 74 Tweet 47
  • Founder Story, Indrasto Budisantoso Ciptakan Jojonomic Berdasarkan Pengalaman Sendiri

    121 shares
    Share 48 Tweet 30

About . Contact . Partnership . Google News

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Partnership
  • Panduan Penulis
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In