Trentech.id Logo
No Result
View All Result
  • Login
  • Register
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget
Logo Trentech.id
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Berita
  • Startup
  • Bisnis
  • Learn
  • Games
  • Blockchain
  • Gadget

Kamu Wajib Tahu, 7 Tip untuk Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial

6 August 2020
in News

Jika konten adalah raja, maka konten viral adalah kaisarnya. Semua orang berusaha memecahkan rahasia di balik sebuah konten yang viral. Bagaimana tidak, konten jenis ini dianggap menjadi salah satu pendorong pertumbuhan yang efektif bagi startup maupun perusahaan.

Masalahnya, ada 2,5 kuintiliun byte data yang dibuat setiap hari di dunia saat ini. Seperti yang diungkapkan Christel Quek, Vice President Asia Pacific Brandwatch.

Lalu bagaimana startup, dengan bujet dan sumber daya terbatas, menyaring dan memanfaatkan lautan data tersebut?

Christel dan Raj Sunder (Founder dan CEO Wootag, aplikasi video engagement) memaparkan beberapa aturan sederhana untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari media sosial:

Daftar Isi

  • Opini lebih penting daripada buzz
  • Temukan satu pesan
  • Ukur dengan metrik yang lebih luas
  • Jangan menghamburkan uang
  • Strategi terencana lebih penting daripada kampanye bombastis
  • Pergunakan metrik dengan hati-hati
  • Jangan panik menghadapi komentar negatif

Opini lebih penting daripada buzz

Jika startup kamu menggunakan beberapa platform media sosial sekaligus, kamu akan mendapat berbagai komentar dalam segala bentuk. Christel menyarankan startup untuk berfokus pada opini pengguna dibanding buzz yang dihasilkan. “Alih-alih bertanya berapa kali disebut, lihat bagaimana konsumen mendeskripsikan produkmu. Apa yang dikatakan orang ketika mereka menyebut produk atau layananmu?”

female-coding | Image

Sumber: The Daily Dot

Temukan satu pesan

Raj menyarankan startup untuk menentukan objektif tunggal yang ingin mereka capai saat mendistribusikan video atau konten lainnya. Membuat orang lain menyukai merekmu dan membuat mereka membeli merekmu adalah dua hal yang berbeda. Oleh karena itu, saluran yang digunakan pun berbeda.

Jika ingin merekmu disukai, kamu bisa memasang konten di Facebook, dan meminta temanmu untuk membagikannya. Setelah itu, kamu bisa meningkatkan jumlah viewdengan memanfaatkan layanan iklan di platform tersebut.

Ukur dengan metrik yang lebih luas

“Data yang dioperasikan secara terisolasi tidak akan pernah bekerja,” ungkap Christel. Itu berarti kamu tidak akan bisa menggunakan data secara maksimal jika hanya melihat metrik yang sempit, atau bahkan jika kamu hanya melihat metrik Twitter dan Facebook kamu sendiri. Cobalah mengetahui apa yang dilakukan pesaingmu dan cari tahu apa yang diinginkan pelanggan dari industri secara keseluruhan.

holistic | image

Sumber: alan9187

Jangan menghamburkan uang

Perangkat yang mahal tidak lantas membuat konten atau video menjadi viral. “Gunakan kamera ponsel untuk membuat video pertamamu dan sebarkan,” kata Raj. “Lakukan cara gratis ini berulang-ulang. Pelajari, dan kemudian [setelah tahu praktik terbaiknya] kamu bisa mulai menggunakan layanan iklan berbayar. Jangan menghabiskan uang untuk mempelajarinya [jika kamu bisa melakukan ini dengan gratis]. ”

Strategi terencana lebih penting daripada kampanye bombastis

Christel menganalogikan dua kecenderungan ini dengan sinar matahari dan sambaran petir. Sambaran petir mungkin lebih mencolok, tetapi sinar matahari lebih bertahan lama. Ini untuk menggambarkan bagaimana sebuah kampanye yang sengaja dibuat bombastis bekerja.

Kampanye seperti ini memang bisa menarik beberapa pengguna baru relatif singkat, tetapi strategi terencana lah yang pada akhirnya memenangkan pengguna setia.

custom | Image

Sumber: maxxyutas

Pergunakan metrik dengan hati-hati

Christel memperingatkan startup untuk tidak terobsesi dengan sentimen. “Setiap klien suka bertanya tentang sentimen, tapi jangan terlalu khawatir tentang hal itu,” kata Christel. Sebuah brand bisa saja mendapat sentimen negatif di media sosial, tapi ketimbang panik startup lebih baik mencari tahu kenapa itu terjadi dan siapa yang bereaksi terhadap sentimen tersebut.

Jangan panik menghadapi komentar negatif

“Jika ada orang yang berbicara buruk tentang brand kamu secara online, bukan berarti bosmu akan secara otomatis memecatmu,” katanya. “Ada banyak troll di dunia ini – orang-orang yang tampaknya sangar di internet tapi sebenarnya tidak demikian di dunia nyata.” [tia/ap]

Berikan rating

Follow Trentech.id di Google News, Klik DI SINI

Tags: media sosialmemaksimalkanpenggunaan mediawajib tahu
1.4k
VIEWS
Previous Post

Ini Dia Tip Mendapatkan Pengguna Setelah Kamu Membuat Produk

Next Post

CEO Google Sundar Pichai yang Hobi Bangun ‘Siang’

Related Posts

mata uang digital won

Bank Sentral Korea Selatan Uji Coba Won Digital untuk 100 Ribu Warga

24 March 2025
1.4k

Bank of Korea (BOK), bank sentral Korea Selatan, siap menggebrak dunia keuangan dengan uji coba Central Bank Digital Currency (CBDC)...

zakat dengan kripto

Malaysia Negara Pertama Terima Zakat dengan Crypto

11 March 2025
1.4k

Malaysia mencatat sejarah sebagai negara pertama di dunia yang menerima zakat melalui cryptocurrency. Pusat Pengumpulan Zakat-Majelis Agama Islam Wilayah Federal...

trump bitcoin

Trump Teken Perintah Eksekutif Cadangan Bitcoin Strategis: Langkah Besar AS di Dunia Kripto

7 March 2025
1.4k

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, resmi menandatangani perintah eksekutif untuk membentuk Cadangan Bitcoin Strategis pada Kamis, 6 Juni 2025. Keputusan...

Terpopuler

  • Message Automation: Kunci Meningkatkan Engagement Pelanggan

    Message Automation: Kunci Meningkatkan Engagement Pelanggan

    115 shares
    Share 46 Tweet 29
  • HP Nokia Edge 2022 Mirip Iphone 13, Cek Harga dan Spesifikasi

    357 shares
    Share 143 Tweet 89
  • 3 Cara Memutus Koneksi Orang Lain dari Jaringan Wi-Fi Anda

    1102 shares
    Share 441 Tweet 276
  • Inilah 5 Hacker Indonesia Level Dewa yang Diakui dan Ditakuti Dunia

    285 shares
    Share 114 Tweet 71
  • Dinamika Perilaku Belanja Online di Indonesia Tahun 2024

    140 shares
    Share 56 Tweet 35
  • [Video] Belajar GIT dan Github Bersama Sandhika Galih

    149 shares
    Share 60 Tweet 37
  • Ini Dia 10 Film Tentang Hacker Ini yang Wajib Kamu Tonton

    126 shares
    Share 50 Tweet 32
  • 8 Bisnis yang Masih Diragukan, Bahkan Kamu yang Menggelutinya pun Dianggap Pengangguran

    122 shares
    Share 49 Tweet 31
  • Tidak Setiap Startup Selalu Butuh Dukungan Venture Capital

    118 shares
    Share 47 Tweet 30
  • Mengapa Orang yang Memiliki Mindset Jangka Panjang Lebih Selamat di Market?

    111 shares
    Share 44 Tweet 28

About . Contact . Partnership . Google News . Telegram

Trentech.id adalah situs yang menyajikan konten tentang startup, bisnis, game, event, hingga informasi pekerjaan. Trentech berusaha memberikan konten yang berkualitas untuk para pembacanya agar dapat menjadi rujukan utama mengenai dunia teknologi pada khususnya. Tim trentech terdiri dari orang – orang yang berkompeten dibidangnya, dan akan selalu mendukung karya – karya terbaik anak bangsa dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk para startup agar dapat publish karyanya di trentech.

Trentech ID

  • About
  • Contact
  • Advertising
  • Privacy Policy
  • Sitemap

Tools

  • Harga Crypto Terbaru
  • Cek Ongkir
  • Cek Resi
  • Cek Domain

Welcome Back!

Sign In with Facebook
Sign In with Google
OR

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Sign Up with Facebook
Sign Up with Google
OR

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
  • Login
  • Sign Up
About . Contact . Partnership . Google News