fbpx
Trentech.id

Dibalik Perjalanan Sebuah Startup Taiwan Dalam Meraih Indonesia Best Brand Awards 2018

Baru-baru ini, sebuah perusahaan tempat saya bekerja, Tagtoo, baru saja membawa pulang penghargaan Indonesia Best Brand Award 2018 yang diberikan oleh CMO Asia, sebuah komunitas marketing bergengsi di Asia dalam perhelatan World Brand Congress ke-27 yang diselenggarakan di Jakarta pada bulan Oktober lalu.

Merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk menjadi salah saksi dari perjalanan Tagtoo dalam dunia periklanan digital. Mulai dari tahun-tahun pertama kami ketika masih berjuang dalam pasar Taiwan yang sangat dewasa dan kompetitif, hingga kami akhirnya dapat melebarkan sayap menuju ke negara-negara lainnya di Asia Tenggara.

Penghargaan yang kami dapatkan hari itu tentu tidak langsung jatuh dari langit. Setelah menitih serangkaian perjuangan dan jatuh bangun, kami akhirnya dapat berpijak dengan tegak sampai hari ini. Penghargaan ini membayar semua kerja keras tim kami dan kesiapan dalam menjalani segala tantangan kedepan.

Oleh karena itu, saya ingin merangkum beberapa poin pembelajaran yang kami lalui dalam perjalanan kami di dalam industri periklanan digital mulai dari langkah awal sebagai startup hingga hari ini. Semoga artikel dapat membantu para startup lain yang juga sedang berjuang di fase yang sama.

Pola Pikir Berpusat Pada Klien

Menyamakan perspektif dengen klien bukan merupakan hal yang mudah. Hal ini juga dialami oleh Tagtoo. Kami bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk benar-benar memahami apa yang dibutuhkan oleh klien dari dalam hati mereka.

Ternyata hal yang dicari oleh para marketers adalah apakah budget yang mereka keluarkan akan membuahkan hasil yang positif dalam bisnis mereka, khususnya dalam peningkatan omzet. Inilah yang akhirnya mendorong kami untuk meluncurkan berbagai macam solusi yang sesuai dengan performance yang dibutuhkan, seperti cost-per-click atau cost-per-order. Kami juga siap untuk menerima kampanye yang berdasarkan performa ROI, sebuah model pemasaran yang berisiko dan sering ditolak oleh kebanyakan agensi lainnya.

Laporan yang akurat juga sangat berarti bagi klien. Untuk memastikan bahwa data yang digunakan transparan dan dapat dipercaya, kami menggunakan data dari pihak ke-3, yaitu Google Analytics, untuk menjaga dan memberikan performa terakurat kepada klien serta menghindari adanya trust issue.

“Kami percaya bahwa hanya dengan memecahkan permasalahan yang paling mengakar dalam klien, kami dapat bertumbuh menjadi semakin kuat.” Ujar Teddy Yang, CEO sekaligus pendiri Tagtoo. “Kami berani untuk menanggung risiko bahkan hingga rugi sekalipun untuk membantu klien menyelesaikan permasalahan mereka dan tetap fokus pada inti bisnis mereka”.

Teknologi terbaru serta desain banner yang indah tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan klien. Namun, seberapa signifikan nilai yang bisa Anda berikan pada bisnis mereka adalah hal yang terpenting bagi mereka. Belajar dari pelajaran berharga ini kami kemudian terus berusaha untuk memberikan solusi yang lebih kompetitif dari hari ke hari.

Lokalisasi Total

Strategi lokalisasi tidak hanya berarti mencari talent yang berasal dari lokal juga menerjemahkan website sesuai dengan bahasa lokal. Namun sesuai dengan pengalaman kami, hal ini berarti membiarkan segala keputusan untuk dikelola oleh tim manajemen lokal di setiap kantor cabang.

Tagtoo telah menggunakan strategi ini semenjak kami melakukan ekspansi ke Asia Tenggara di tahun 2015. Kami menghormati penuh segala strategi dan membiarkan tim bisnis lokal untuk mengambil alih penuh atas segala operasi bisnis. Meskipun sering dianggap berisiko, namun pada kenyataannya lokalisasi seperti inilah yang dapat memacu pertumbuhan yang pesat.

Beberapa meragukan bahwa tenaga kerja lokal tidak memiliki pemahaman yang jelas mengenai inti bisnis perusahaan dan arah pertumbuhan kedepannya. Kritik lainnya juga menambahkan bahwa perlu adanya supervisor untuk memantau kegiatan di setiap cabang bisnis.

  Raih Indonesia Best Brand Awards 2018, Tagtoo Siap Matangkan Periklanan Digital Indonesia

Sebenarnya, masalah diatas dapat dihindari dengan pelatihan yang utuh diawal, pembiasaan komunasi yang baik dari dua arah, hingga manajemen peningkatan insentif yang efektif. Gagasan untuk menempatkan supervisor tidak kami nilai sebagai langkah yang tepat karena akan menimbulkan kesenjangan pendapat hingga pembatasan hak oleh kedua belah pihak.

“Tim lokal pasti tahu langkah terbaik yang dapat mereka ambil dibandingkan kami yang berada di kantor pusat. Jika kita terus menempatkan ide-ide idealis dan mengekang cara mereka berkembang, hal ini mempersulit mereka” lanjut Teddy Yang “Contohnya pada tim kami di Indonesia, berbagai solusi promosi yang mereka tawarkan bahkan tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh kantor pusat.”

Ternyata hasilnya jauh melebihi apa yang kita bayangkan. Tim lokal kami tidak hanya sukses bertahan di negara lain tapi juga semakin melangkah kedepan dalam persaingan yang semakin kompetitif ini.

Teknologi Terkemuka dan Tepat

Untuk menjadi yang terkemuka dalam industri periklanan digital, menggunakan strategi yang tepat dan memiliki tim yang kompeten tentu saja tidak cukup. Resep rahasia kami tetap berpegang pada bagaimana mempergunakan teknologi setepat mungkin untuk memasarkan ribuan produk dan servis kepada konsumen yang tepat.

Hal ini kemudian yang menjadi strategi utama kami dalam pengembangan teknologi di bidang periklanan digital. Solusi kami diperkuat dengan teknologi berbasis data yang membantu marketers memasarkan iklan secara lebih efektif pada channel periklanan digital utama seperti Facebook dan Google. Dengan mengumpulkan lebih dari USD 6 miliar data transaksi pada e-commerce, kami dapat memberikan periklanan yang akuratbahkan pada mereka yang baru saja memulai periklanan digital dan mengumpulkan lebih banyak konsumen yang berpotensi. Marketers dapat memilih dan mencoba semua channel tanpa ada tambahan biaya apapun demi mencari jalur terefektif untuk pemasaran mereka.

  Aplikasi Mobile dan Revolusi Industri 4.0

Atas akurasi dan inovasi yang kami usahakan, kami juga mendapatkan penghargaan sebagai agensi terbaik dalam kampanye Google Shopping yang diberikan oleh Google minggu lalu. Setelah mengalahkan ratusan agensi lain, kami akhirnya mendapatkan kepercayaan untuk menjadi penyedia Best Google Shopping Award di wilayah Hongkong dan Taiwan.

Menangani kesenjangan pemahaman akan periklanan digital di Asia Tenggara juga menjadi sebuah motivasi untuk Tagtoo untuk menghadirkan layanan yang lebih baik, khususnya untuk para UKM di Indonesia. Berbagai inovasi produk dan seminar yang pernah kami lakukan semata-mata untuk membantu para UKM agar mereka dapat juga merasakan pengaruh dan kekuatan periklanan digital di era ini.

Kesimpulannya, segala penghargaan yang kami terima merupakan sebuah bukti bahwa Tagtoo telah selangkah lebih dekat untuk mewujudkan mimpi kami di Asia Tenggara. Kami sangat menghargai segara jerih payah dan pelajaran pahit yang telah kami lalui sebelumnya karena hal itulah yang membentuk pribadi kami hari ini.

Advertisements

Sisylia Angkirawan

Please Login to comment
Advertisements