fbpx
Trentech.id

Lakukan 5 Hal ini Agar Kehidupanmu Berubah Lebih Baik

Perubahan memang tidak semudah yang kita fikirkan. Semakin besar perubahan yang akan kita lakukan maka akan sulit untuk kita memulainya. Namun, Anda harus tahu bahwa belajar merubah diri ke yang lebih baik adalah salah satu syarat untuk mengambil sebuah kesuksesan, baik dalam kehidupan pribadi Anda dan dalam bisnis.

Kunci untuk meningkatkan diri Anda adalah mendekati proses secara metodis, daripada berharap bahwa kesuksesan akan jatuh ke pangkuan Anda. Dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang mengapa perubahan bisa menjadi hal yang positif. Kemudian kita akan membahas lima pendekatan yang dapat Anda gunakan untuk mengubah diri menjadi lebih baik.

Cara Mengubah Diri Anda Menjadi Lebih Baik (5 Pendekatan)

Masalah terbesar ketika berbicara tentang perbaikan diri adalah mudah percaya bahwa Anda hanya perlu tetap positif. Sementara pandangan positif sangat penting jika Anda ingin membuat perubahan pribadi, kesadaran diri dan motivasi jauh lebih penting untuk keseluruhan proses.

Karena itu, mari kita lihat lima pendekatan untuk mengubah dan meningkatkan diri Anda.

Ayo pergi!

1. Akui Kesalahan Anda dan Cermati Masa Depan

Kemungkinan ada aspek-aspek tertentu dari kepribadian Anda yang ingin Anda ubah. Mungkin juga Anda telah membuat kesalahan dalam kehidupan pribadi atau bisnis Anda, dan mencari cara untuk memperbaiki perilaku yang membawa Anda ke titik itu.

Dengan itu dalam pikiran, jika Anda ingin belajar bagaimana mengubah,

Tentu, mungkin Anda telah melewati promosi atau peluang karena hal-hal di luar kendali Anda, tetapi itu tidak selalu terjadi. Demi argumen, katakan saja situasi buruk yang Anda coba perbaiki sepenuhnya berada dalam kendali Anda. Ini juga berarti bahwa itu sepenuhnya dalam kekuatan Anda untuk mengubahnya, selama Anda berusaha.

Proses ini, tentu saja, lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, dan itu juga bisa menguras emosi. Apa yang kami sarankan adalah duduk dengan kepala yang jernih dan coba yang berikut:

  • Pikirkan tentang keadaan kehidupan pribadi dan profesional Anda saat ini.
  • Catat hal-hal yang tidak Anda puasi dan ingin diubah.
  • Pertimbangkan situasi mana yang berada dalam kendali Anda untuk berubah.
  • Pikirkan tentang apa yang ada di dalam kekuatan Anda untuk memengaruhi, dan Anda dapat lakukan untuk membuat perubahan itu terjadi.

Dalam banyak kasus, itu ada di dalam kendali kita sendiri untuk memperbaiki kesalahan yang telah kita buat. Namun, ini sering merupakan proses yang panjang, dan itu bisa jadi tidak nyaman, jadi penting bagi Anda untuk tetap fokus pada tujuan akhir di sepanjang jalan untuk memotivasi Anda.

2. Keluar dari Zona Nyaman Anda

Situasi yang tidak menyenangkan adalah sesuatu yang kita semua coba hindari. Misalnya, jika Anda menunda berolahraga selama bertahun-tahun, beberapa kali Anda pergi jogging akan sangat sulit.

Masalahnya, perbaikan diri hampir tidak pernah menjadi proses yang menyenangkan. Ini mengharuskan Anda untuk melihat lebih dekat pada diri Anda sendiri, mengakui kelemahan Anda, membuat upaya sadar untuk mengubahnya, dan kemudian benar-benar mempraktekkannya.

Dalam banyak kasus, proses itu sedang berlangsung, jadi selalu ada ketidaknyamanan untuk ditangani. Sebagai contoh, ketika datang untuk berolahraga, otot-otot Anda akan sakit dan Anda mungkin tidak melihat kemajuan segera. Namun, jika Anda terus melakukannya secara teratur, Anda akan segera melihat hasilnya, seperti peningkatan stamina dan kekuatan.

Dengan mengingat hal itu, penting sekali bahwa setelah Anda mengidentifikasi apa yang perlu Anda lakukan, berarti tidak kembali ke pola lama bahkan jika Anda tidak nyaman atau jika prosesnya berantakan.

Itu terlalu normal untuk kembali ke kebiasaan lama ketika Anda membuat perubahan drastis dalam hidup Anda. Jika itu terjadi pada Anda, . Yang perlu Anda lakukan adalah mengakuinya, coba lagi, dan upayakan untuk menghindari pemicu yang menyebabkan tersandung di tempat pertama.

Tentu saja, ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Plus, jauh lebih sulit untuk membuat perubahan pada hidup Anda adalah Anda melakukannya sendiri, yang membawa kita ke titik berikutnya.

3. Bergaul dengan Orang Lain yang Fokus pada Kesuksesan

Kadang-kadang sulit untuk menemukan dukungan ketika Anda mencoba melakukan perubahan pada kehidupan pribadi Anda. Misalnya, jika Anda mencoba menurunkan berat badan, Anda mungkin khawatir orang-orang mengejek Anda untuk itu, atau menerima komentar negatif. Tentu saja, Anda tidak perlu memikirkan orang-orang semacam itu, tetapi itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Akan sangat sulit untuk tetap menggunakan kebiasaan baru  . Jika Anda melakukannya, mereka akan dapat mendorong Anda, memberikan bantuan, dan bahkan membuat Anda bertanggung jawab jika diperlukan. Untuk hasil terbaik, kami sarankan Anda mencoba dan bergaul dengan orang lain yang berfokus pada perubahan gaya hidup yang sama dengan Anda.

Berkat internet, itu bukan ide yang terlalu mengada-ada. Berikut beberapa ide tentang cara menemukan orang yang berpikiran sama:

  • Carilah pertemuan di area Anda yang berhubungan dengan aspek kehidupan Anda yang ingin Anda ubah, seperti kelompok latihan lokal.
  • Temukan komunitas online yang berkaitan dengan tujuan Anda. Di sini Anda dapat mendiskusikan masalah apa pun yang Anda hadapi dengan perubahan yang Anda coba lakukan atau meminta dukungan dan saran.

Untuk hasil terbaik, kami sarankan untuk  . Itu adalah seseorang yang dapat membantu Anda tetap pada jalur dengan kebiasaan baru Anda dan yang dapat mendengarkan Anda melampiaskan ketika Anda membutuhkannya. Dalam banyak kasus, ini adalah hubungan dua arah, jadi Anda juga harus meminta pertanggungjawaban mitra Anda dan memberikan dukungan secara bergiliran.

Idenya adalah, Anda akan saling membantu untuk berubah menjadi lebih baik. Sepanjang jalan, Anda mungkin membuat beberapa teman baru, jadi ini adalah situasi win-win.

4. Tetapkan Tujuan-tujuan Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Jika Anda ingin mengubah diri menjadi lebih baik,  cara-cara yang ingin Anda tingkatkan. Misalnya, hanya mengatakan Anda ingin menjadi orang yang lebih baik terlalu tidak jelas. Sebaliknya, Anda mungkin mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda ingin meningkatkan kesabaran Anda, atau menjadi lebih nyaman ketika berbicara di depan umum.

Ketika datang untuk memperbaiki diri sendiri, tidak ada tujuan yang terlalu kecil. Bahkan, menemukan cara-cara kecil yang dapat Anda tingkatkan adalah cara yang baik untuk , jika Anda ingin menjadi pembicara publik yang lebih baik, berikut adalah beberapa sasaran yang mungkin Anda kerjakan:

  • Usahakan untuk berbicara selama rapat kantor Anda berikutnya ketika Anda memiliki sesuatu yang penting untuk dikatakan.
  • Bagikan anekdot dengan tabel saat Anda keluar dalam pengaturan grup.

Itu adalah gol yang cukup sederhana, yang tidak membuat mereka kurang mengesankan ketika tercapai. Anda bahkan mungkin menganggapnya sebagai tonggak, yang dapat Anda gunakan  . Anda kemudian dapat melacaknya ke arah tujuan jangka panjang, yang bisa menjadi sesuatu yang lebih baik, seperti melakukan rutin stand-up atau menyampaikan pidato kepada khalayak yang besar.

Kami menyarankan Anda membuat daftar perubahan yang ingin Anda buat dalam hidup Anda. Anda kemudian dapat memecahnya menjadi sasaran kecil dan signifikan, melacak mana yang telah Anda capai dan kapan. Pikirkan ini sebagai daftar yang harus dilakukan saat Anda memeriksa tugas saat Anda menyelesaikannya.

5. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Sangat mudah menjadi terintimidasi ketika Anda melihat betapa suksesnya orang-orang di sekitar kita. Anda mungkin bekerja dengan orang yang berprestasi, kenal seseorang yang sangat lucu, atau memiliki beberapa teman yang sukses. Dalam kasus-kasus ini, mudah untuk , tetapi daripada membantu Anda fokus pada peningkatan diri Anda, hal ini dapat menyebabkan Anda menjadi frustrasi dengan ‘kekurangan’ Anda yang dirasakan.

Ingatlah bahwa ketika harus memperbaiki diri, setiap kemenangan kecil berarti. Sebagai contoh, jika tujuan utama Anda adalah menjalankan jarak tertentu tanpa henti, setiap tonggak dalam perjalanan menjadi penting. Yang tidak penting adalah jika pria lain di gym bisa berlari maraton tanpa berkeringat. Mungkin butuh waktu bertahun-tahun untuk sampai ke sana, dan ada lusinan faktor yang tidak terlihat oleh Anda. Mungkin dia atlet profesional, atau mungkin berlari dengan mudah menjadi lebih mudah baginya.

Advertisements
Please Login to comment
Advertisements